CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
[Pengalaman Pribadi] Sterilisasi Kucing, Menurut Agan Perlu Nggak Sih ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0a9b8aaf7e936c802fa7ff/pengalaman-pribadi-sterilisasi-kucing-menurut-agan-perlu-nggak-sih

[Pengalaman Pribadi] Sterilisasi Kucing, Menurut Agan Perlu Nggak Sih ?

Hai... agan agan semuanya, selamat datang dithread ane emoticon-Haiemoticon-Hai

Pada kesempatan kali ini ane akan memberikan sedikit pengalaman ane terkait dunia perkucingan. 
Quote:

Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling disukai masyarakat Indonesia. Tingkahnya yang lucu serta wajahnya yang imut, menjadi alasan banyak orang memeliharanya. Bagi ane sendiri kucing sudah menjadi hiburan tersendiri dikala lelah dan sedih, kucing menjadi obat untuk menghilangkan penat. Kucing dapat menjadi pelipur lara dikala hati  sedang sedih dan dapat mengembalikan mood yang sudah terkuras. Memelihara kucing juga dapat menanamkan sifat baik seperti disiplin, bertanggungjawab dan rasa kasih sayang antar makhluk hidup.emoticon-heart

Ane sendiri juga memelihara beberapa kucing lucu dirumah. Dulu waktu awal-awal pelihara kucing, pada suatu hari tanpa sengaja ane ketemu kucing hamil gede sedang berdiam diri disudut pekarangan rumah ane, awal-awal sih ane cuma kasih makan sama minum doang, eh tapi tiap hari-hari berikutnya tuh kucing tetep tinggal di pekarangan ane, kadang juga ngikutin ane pas main ke luar rumah. Karena tuh kucing lagi hamil gede dan kayaknya pintar juga nurut, lama kelamaan hati ane luluh gan.. emoticon-Frown Akhirnya ane putusin buat ngadosi itu kucing. Ane buat kandang sederhana dipojok pekarangan rumah ane untuk tempat kucing itu melahirkan nantinya.emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Selang satu minggu kemudian kucing itu akhirnya melahirkan. Tentu saja ane seneng banget, terlebih lagi ketiga anak kucing yang lahir lucu-lucu dan menggemaskan, tambah semangat dah buat ane ngerawat tuh kucing. Dan ya.. yang paling penting tempat tinggal ane tentu saja bertambah anggota keluarga baru. Tapi kemudian teman ane menyarankan untuk melakukan sterilisasi pada kucing kesayangan ane saat sudah besar. Karena doi sendiri juga melakukan sterilisasi pada kucing-kucingnya. Awalnya sih ane nggak ngeh dengan saran doi, tapi lama kelamaan mulai terpikir apa sih untungnya jika ane melakukan sterilisasi kucing ane. Apa itu nggak terkesan 'menyakiti' kucing tersebut. Tapi temen ane meyakinkan ane kalau steriliasasi itu justru berdampak baik bagi si kucing. Karena kucing akan lebih sehat, lebih lincah, lebih aktif dan lebih gemuk. Kucing juga akan terhindar dari berbagai penyakit kelamin.

Tapi sebelum membahas tentang itu, bagi agan yang belum tahu apa sih sterilisasi kucing itu. Sterilisasi kucing adalah proses operasi pengangkatan organ reproduksi hewan dengan tujuan untuk mencegah mereka agar dapat berkembang biak. Bisa dibilang dalam istilah manusianya dikebiri lah. Sterilisasi dapat dilakukan terhadap kucing jantan maupun kucing betina. Sterilisasi pada kucing jantan juga dikenal dengan istilah kastrasi atau orchiectomy, sedangkan pada kucing betina istilah sterilisasi juga disebut sebagai ovariohysterectomi (OH). Jika dilihat dari beberapa aspek, sterilisasi kucing memiliki keuntungan dan kerugian. Oleh karena itu perlu kita mengetahui terlebih dahulu apasih untungnya sterilisasi kucing ? emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S)

emoticon-Jempolemoticon-Jempol


Keuntungan Sterilisasi Kucing

1. Kucing menjadi lebih sehat

Sterilisasi kucing dapat meningkatkan kesehatan kucing itu sendiri. Hal ini karena dengan melakukan sterilisasi kucing maka dapat menghindarkan kucing dari berbagai penyakit oragan kelamin. Selain itu apabila kucing disterilisasi maka hormon reproduksi akan lebih berkurang dan akan meningkatkan hormon tumbuh kembang kucing. Sehingga kucing akan lebih aktif dan lincah serta lebih bahagia. Selain tiu umur kucing sterilisasi juga rata-rata memiliki harapan hidup lebih lama.

2. Menjaga populasi kucing

Satu tujuan penting sterilisasi kucing adalah menjaga populasi kucing agar tidak membludak. Sesuai poin penjelasan yang sudah ane bahas sebelumnya, sterilisasi kucing memang bertujuan untuk membuat si kucing itu tidak bisa bereproduksi. Menjaga populasi kucing ini sebenarnya baik dilakukan apabila lingkungan tidak memungkinkan. Jika populasi kucing membludak sementara kita tidak bisa merawatnya yang ada kucing-kucing tersebut akan tidak terawat dan terlantar. Tentu saja kasihan banget si kucing. emoticon-Frownemoticon-Frown

3. Kucing lebih jinak dan tidak gampang berantem

Agan pasti pernah kan lihat dua kucing jantan yang saling berantem atau ngintimidasi satu sama lainnya. Kucing jantan melakukan perkelahian tersebut guna mempertahankan wilayahnya atau saat sedang musim kimpoi tiba untuk memperebutkan pasangannya. Nah dengan melakukan sterilisasi kucing ini, maka sifat galak kucing bisa dikurangi dan kucing lebih kalem. Dan tentu saja kucing tidak akan mudah stres karena hormon 'kimpoi' mereka dialihkan.

4. Menjaga Kucing betah di rumah

Jika agan menginginkan kucing rumahan yang lebih merasa betah dirumah dan nggak suka keluyuran. Melakukan sterrillisasi kucing adalah salah satu solusinya. Karena pada saat musim kimpoi, maka kucing cenderung akan sering keluar rumah untuk mencari pasangan. Hal ini karena dorongan hormon reproduksi kucing itu sendiri. Dan jika kucing tersebut tidak segera menemukan pasangannya, maka tentunya akan mudah stres dan tambah agresif.

5. Tidak lagi pipis sembarangan

Bagi sebagian kucing khususnya kucing jantan, pasti sering memiliki kebiasaan buruk kencing di sembarang tempat. Kucing jantan melakukan ini bertujuan untuk menandai teritori atau wilayah kekuasaannya karena pada dasarnya insting hewan liar mereka masih ada. Saat musim kimpoi tiba, kucing jantan akan lebih sering 'menandai' kekuasaannya, hal ini juga dilakukan untuk mencari para betina tentunya. Nah, dengan melakukan sterilisasi maka kebiasaan buruk kucing tersebut akan hilang.


Kerugian Sterilisasi Kucing

1. Kucing tidak bisa beranak pinak

Mungkin bagi agan yang benar-benar sebagai pecinta sejati binatang, kucing yang tidak bisa berkembang biak dan berkeluarga akan menganggap sterilisasi seperti merampas hak hewan tersebut. Memang sih itu terkesan kita merampas hak hewan tersebut untuk berkembang biak dan memiliki pasangan, tapi bagi agan yang tidak punya waktu lebih dalam merawat kucing pasti tidak ingin membuat kucing-kucingnya terlantar kan.. emoticon-Frownemoticon-Frown

2. Obesitas

Untuk poin nomor dua ini, sebenarnya lebih ke bagaimana cara kita merawat kucing tersebut pasca dilakukan operasi sterilisasi. Karena temen ane yang melakukan sterilisasi kucingnya, rata-rata kucingnya hampir semua gemuk dan besar. Streilisasi akan menghilangkan hormon reproduksi kucing dan berlaih ke hormon tumbuh kembang. Perawatan pasca operasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kucing tetap sehat dan mencegah kuicng agar tidak obesitas. Pemberian pakan kucing yang bergizi dan tetap sesuai dengan kebutuhan harian kucing adalah salah satu bentuk perawatan yang sesuai.

3. Dapat menimbulkan beberapa implikasi

Implikasi ini bisa terjadi saat operasi pembedahan dan pengangkatan organ reproduksi. Beberapa impilkasi yang mungkin terjadi antara lain: Ovariant Renant Syndrome (Menyebabkan kucing tetap estrus setelah ovariohysterectomy), Fistule pada saluran reproduksi (Semacam saluran yang dapat menghubungkan  dua organ tubuh yang terpisah), Urinary uncontinence (Ketidak mampuan mengatur spincter vesica urinary (katup pada kandung kemih)). Tapi implikasi seperti in resikonya tergolong kecil apabila penanganan saat dan pasca operasinya tepat.

emoticon-Jempolemoticon-Jempol

Setelah kita tahu seluk beluk kelebihan dan kekurangan sterilisasi kucing, sekarang kita akan kembali kepermasalah utama tentang penting nggak sih melakukan 'kebiri' pada kucing peliharaan. Menurut ane sendiri, sebenarnya penting atau tidaknya itu ya tergantung dengan keadaan dan kebutuhan kita. Ada beberapa alasan orang yang pernah ane temui mau melakukan sterilisasi hewan peliharaan: 

Misalnya jika agan ingin memelihara kucing rumahan yang mudah betah dirumah dan nggak suka kelayapan, sterilisasi kucing bisa agan lakukan. Atau agan ingin memelihara kucing rumahan tapi tidak ingin 'mereka berkembangbiak' karena agan tidak sanggup merawat banyak kucing, nggak sanggup memberi pakan dan terlalu sibuk untuk membersihkan kandang, mungkin bisa melakukan sterilisasi, karena buat apa juga punya banyak kucing tapi tidak terawat dan tak terurus kasihan juga kan emoticon-Frownemoticon-FrownDan lagi jika agan menginginkan kucing yang sehat dan aktif kalau diajak bermain mungkin sterilisasi bisa agan coba, karena kebanyakan kucing yang sudah dewasa lebih suka bermalas-malasan dan mudah cepat stress kalau tidak segera mendapat pasangan.emoticon-Genitemoticon-Genit

Tetapi ada juga beberapa orang yang enggan melakukan steriliasi kucing karena suatu alasan, beberapa pecinta kucing yang pernah ane temui memiliki pendapat tersendiri seperti:

Mereka masih mampu dan sanggup mengurus dan membesarkan anak-anak kucing apabila kucing itu berkembangbiak. Ada juga mereka yang enggan melakukan sterilisasi karena kurang paham tentang apa itu strilisasi kucing. Mereka beranggapan sterilisasi kucing itu akan 'menyiksa' si kucing, tapi mindset seperti itu salah kaprah, padahal kucing akan lebih sehat, lebih gemuk dan terhindar dari berbagai penyakit kelamin. Atau ada juga orang yang tidak melalukan sterilisasi, tetapi, saat kucing tersebut beranak pinak beberapa anaknya akan diberikan ke orang lain untuk diadopsi.emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

Tapi terlepas dari beberapa alasan orang mau atau tidak melakuakn sterilisasi kucing, ane sendiri saat inimemutuskan untuk tidak melakukan sterilisasi pada kucing ane. Alasannya adalah ane sendiri masih cukup mampu mengurus empat kucing (termasuk induknya), masih mampu ngasih kebutuhan hidup ke kucing-kucing ane. Selain itu pekarangan rumah ane yang cukup luas, juga menjadi alasan bagi ane belum mau melakukan sterilisasi kucing. Tapi mungkin untuk kedepannya ane nggak tau bakal bagaimana hehehe emoticon-Big Grin soalnya kalo ane udah aktif kuliah, tentu waktu ane buat ngrawat kucing sedikit berkurang. 

Jadi intinya, menurut ane melakukan sterilisasi kucing itu ya kembali lagi kediri kita masing-masing. Tapi yang pasti sterilisasi itu sehat dan aman, asalkan perawatan pasca operasi dilakukan dengan tepat. emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace Bagi agan sendiri sebagai pecinta kucing mungkin ada yang berminat melakukan sterilisasi pada hewan peliharaan, atau bahkan sudah melakukannya ?

Oh ya, btw ini ada beberapa potret kucing ane yang masih kecil

Quote:


Sekian thread singkat ane tentang dunia perkucingan. Terimakasih atas kunjungannya, semoga menambah pengetahuan dan wawasan agan-agan semuanya. 
Salam cendols...emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)

Sumber penulisan: 12 dan pendapat pribadi

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

profile-picture
profile-picture
profile-picture
chuin dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yogapranata0008
Halaman 1 dari 6
Reserved

sebelum keduluan
Ane sendiri lakuin sterilisasi ke kucing ane gan
Alhamdulillah kucing ane tambah gemuk dan sehat, tapi nggak sampai obesitas

emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah, ternyata banyak juga ya manfaat sterilisasi kucing. Nice inpoh gan....
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Diubah oleh rinoxcyber
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nice point of view gan! Emang keputusan sterilisasi itu balik lagi aja ke pemilik kucing sebenernya, kalo sanggup punya banyak dan ngurusnya bisa ya hajar aja
profile-picture
profile-picture
bam09 dan yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
tergantung kemampuan sang majikan. eh.. majikan apa babu yah... gw bingung mana majikan mana pembantu. tiap hari ngasih makan, bersihin ee, elus-elus emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Oke juga ya gan, manfaatnya. Btw sterilisasi kucing mahal ndak ya biayanya
emoticon-Bingung
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
gan, steril brp sih biaya nya? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Oke, jadi ane suka bgt sama kucing, ini point utama nya,

Selanjutnya ane rasa kucing yg kita pelihara memang perlu untuk di sterilkan, kenapa? Untuk mengontrol populasi,

Tetangga ane adalah contoh kasusnya, dia membiarkan kucingnya berkembang biak tidak terkontrol dan dia jadi nggak mampu lagi merawat nya, hasilnya? Kucing nya di liarkan begitu aja, efek lain dari pembiaran dan meliarkan kucing ini adalah BAB nya, lingkungan perumahan ane jadi penuh BAB kucing dari tetangga ane itu,

Yuk, kita bertanggung jawab atas kucing kesayangan kita, emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
grgea dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mending di sterilisasi daripada rumah seperti jadi penangkaran kucing.
profile-picture
profile-picture
bam09 dan yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
[Pengalaman Pribadi] Sterilisasi Kucing, Menurut Agan Perlu Nggak Sih ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
ane termasuk yang pro sterilisasi kucing
profile-picture
profile-picture
bam09 dan yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kasian kalo itu...ndak bisa wik wik wik again.
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ms bisa wik2 gan.. jdnya klo kucing jantan, jd lbh adem ayem dirumah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abepinarno dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KuroukiKaze
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Setuju krn ada 2 alasan yg pertama untuk menekan populasi kucing liar dan yg kedua untuk membantu kehidupan kucing2 liar tsb krn ga di pungkiri kalo masyarakat indonesia kebanyakan gak suka dgn kucing bisa kita liat di jalanan atau pasar2 banyak kucing2 kecil yg di buang padahal kemungkinan untuk hidup sangat kecil mengingat musuhnya banyak termasuk manusia
Saya aja yg hobi ngasih makanan ke kucing liar kadang ya cuma ga bisa apa2 pas liat kucing2 kecil nangis dgn kondisi memprihatinkan krn mau tak bawa pulang juga terbentur kondisi ekonomi yg pas2an krn tiap hari saya biasa jatah makan ke kucing liar sktr 8 sampe 15 ekor itu aja udh kewalahan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Rainbow555 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mengambil hak ng3we makhluk hidup, bisa anda simpulkan sendiri kejam tidaknya emoticon-Cool
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mungkin dalam kondisi tertentu (Populasi sangat banyak, carier penyakit berbahaya dll) perlu gan

Kalau sekarang mah kagak perlu emoticon-Ngakak

[Pengalaman Pribadi] Sterilisasi Kucing, Menurut Agan Perlu Nggak Sih ?

Nice share gan


Janga lupa visite my trit July 2020:
Spoiler for Trit okbrur -2:
emoticon-Keep Posting Gan



Janga lupa visite my trit June 2020:
Spoiler for Trit okbrur -1:
emoticon-Keep Posting Gan


profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sterilisasi subsidi murah rata2 jantan lokal 150 betina lokal 250 dan klo ras beda lg harganya.
Saya langganan sterilisasi di PKJT cilodong depok, bisa di cek lewat instagram dan udh 2 kucing saya steril di PKJT(Peduli Kucing Jalanan Terlantar), tp tutup sementara semenjak corona.
Dan nemu lg yg msh aktif walau corona namanya Steril ajah daerah cilangkap Mabes TNI, bisa aborsi klo msh kecil kandungannya, bsa di cek lewat FB nama akunnya Steril ajah. di steril ajah saya steril+aborsi 1 kucing betina, saya pilih +aborsi krn kebobolan dan kucing di dalam rumah sudah 7 ekor udh repot ngurusnya gk mau nambah lg.
dan menurut saya sangat perlu sterilisasi untuk menekan laju populasi kucing apalagi kucing liar.
banyak sukarelawan yg mendaftarkan kucing liar depan rumah nya untuk di steril setelah itu di lepas lg.

untuk yg cari tempat steril dekat rumah, di follow aja akun 2 itu suka kasih info steril subsidi 1 indonesia.

dan harus di ingat klo steril subsidi murah kuping kucing wajib di Eartip, beda klo di dokter khusus harga normal gk wajib di Eartip.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
salam petlovers 😊
profile-picture
profile-picture
bam09 dan yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kucingnya lucu lucu banget gan
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di