CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengapa Saat Menguap Keluar Air Mata? Simak Beberapa Fakta Menguap Berikut Ini!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f094b79facb957306670c4f/mengapa-saat-menguap-keluar-air-mata-simak-beberapa-fakta-menguap-berikut-ini

Mengapa Saat Menguap Keluar Air Mata? Simak Beberapa Fakta Menguap Berikut Ini!

Mengapa Saat Menguap Keluar Air Mata? Simak Beberapa Fakta Menguap Berikut Ini!


Hai, hai, GanSis!
emoticon-Hai



Pernahkah gansis bertanya-tanya kenapa gansis menguap?

Dan kenapa saat kita menguap terkadang mengeluarkan air mata?

Benarkah menguap itu menular?



Semua manusia yang hidup di bumi ini pasti pernah menguap setidaknya satu kali dalam sehari. Entah saat bangun tidur, membaca buku atau bahkan saat mendengarkan pidato sebuah acara. Pada dasarnya menguap adalah hal yang wajar pada manusia. Dan bukan hanya manusia saja yang menguap, tetapi juga hewan-hewan di sekitar, tentunya dengan cara yang berbeda-beda. Coba perhatikan, cara menguap ayam pasti berbeda dengan kucing!


Mengapa Saat Menguap Keluar Air Mata? Simak Beberapa Fakta Menguap Berikut Ini!



Terkadang kita tak sadar kenapa setiap saat kita menguap. Beberapa sumber menyebutkan bahwa menguap bisa terjadi karena kita mengantuk lelah, atau sedang bosan. Dikutip dari halodoc, ketika kamu merasa bosan atau lelah, sistem yang terjadi pada tubuh melambatkan kerjanya untuk menghemat energi.


Pernapasan mengalami perlambatan dan kamu menghirup oksigen lebih lambat. Supaya asupannya untuk tubuh tetap terpenuhi, tubuh memberikan sinyal untuk menguap, sehingga oksigen masuk lebih banyak dan fungsi tubuh tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya.



Menguap membuat kita tetap terjaga ketika rasa kantuk meningkat. Hal ini disebabkan karena saat menguap, otot-otot di sekitar wajah mengalami peregangan. Mengaktifkan gerak tubuh membuat kita tetap awas dengan keadaan sekitar, apalagi jika disertai dengan menggeliat. Tubuh yang awalnya diam dan sistem melambat akan mulai bekerja normal dan membuat tubuh segar kembali.


Terkadang saat kita menguap, mata kita kerap mengeluarkan air di sudut-sudutnya. Kenapa terjadi demikian? 


Saat menguap, otot-otot di sekitar wajah menguat dan tertarik. Otot ini kemudian menekan kelenjar air mata yang bertugas memproduksi air mata kita, sehingga mata kita akan keluar air. Semakin sering kita menguap, semakin banyak air yang keluar dari mata dan membuat kita seolah seperti menangis.

Mengapa Saat Menguap Keluar Air Mata? Simak Beberapa Fakta Menguap Berikut Ini!


Namun, ada beberapa orang yang memiliki mata kering dan tidak mengeluarkan air mata saat menguap. Ini disebabkan karena mereka memiliki kelenjar air mata yang besar, yang dapat menampung lebih banyak air. Bisa juga karena mereka tinggal di tempat yang cukup berangin, seperti pantai misalnya.


Kemudian, satu pertanyaan lagi. Benarkah menguap itu bisa menular? 

Menurut beberapa sumber, menguap menular karena berkaitan dengan empati seseorang. Jadi jika kita ketularan menguap dari orang lain, bisa jadi kita memiliki rasa empati yang tinggi pada mereka. Seorang penderita autis atau kecenderungan psikopat yang mana tak acuh pada sekitar, jarang tertular menguap dari orang lain.


emoticon-nulisahemoticon-nulisahemoticon-nulisahemoticon-nulisah



Demikian ulasan kali ini. Silahkan tambahkan pengetahuan gansis tentang perihal menguap, di kolom komentar, sebagai bahan perbandingan dan referensi bersama.


Penulis : @YenieSue0101
Referensi dan Ilustrasi : 1, 2, 3, 4, dan 5

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh YenieSue0101
Halaman 1 dari 2
Untuk update emoticon-nulisah
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Seorang autis itu orangnya emosian y bre

Jadi nguap sambil Melotot matanya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
betul tuh... menguap bisa menular
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
menguap itu menular
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Quote:


sering... apalagi pas lagi ngantuk.. emoticon-Big Grin
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nguap sambil mlotot
Lihat 1 balasan
Quote:


mungkin juga sih.. emoticon-Thinking
tapi kalau gak lagi ngantuk, ada yg menguap saya juga ketularan..
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sip. nambah info lagi
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah pengetahuan baru ini wkwkwk kirain gara gara apa ekwkwk
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tapi entah bener enggak nguap emang suka nular gasi? ane sering bgt begitu soalnya
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
pas bangett buat para cowok yg mo minta maaf m cwek,,nguap diem2 biar di kira nangis bneran
wkkk
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 10 balasan
ane nih kalo nguap keluar air mata buaya eh... emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Abis nguap suka dikira nangis
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Mengapa Saat Menguap Keluar Air Mata? Simak Beberapa Fakta Menguap Berikut Ini!
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ane sepakat menguap itu menular. Pernah vidcall ama temen, dia lagi menguap ane juga ikut2an emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
pasti ya keluar air matanya
apalagi kalo udah ngantuk berat
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
terkadang memang begitu.
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ngantuk berat tuh.
Mejeng pejwan ah!
Mumpung list komen masih kosong.
emoticon-Cool
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Nice, Sis
Quote:


Itu baby n empusnya lucu amat, txs atas infonya, sy baru tw nular karena empati, sy pernah tahu dari dorce, tp lupa, apa karena waras ya, lupa lupa lupaemoticon-Kaskus Radio


Auto nyanyi

Quote:


Aish saya belum pernah perhatiin mereka menguap, pernah ketemu dengan mereka, tetapi rata2 ingatan mereka kuat, dan ada kelebihan kalau bisa digali
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di