CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0703f4f0bdb24609789bc6/main-kata-kata-pakai-istilah-perluasan-daratan-anies-dianggap-salahi-kbbi

Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI

Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI


Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) geram dengan penggunaan istilah perluasan daratan dalam proyek reklamasi kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Anies dinilai hanya bermain kata-kata demi menghindari penggunaan kata reklamasi.

Sekjen KIARA Susan Herawati mengatakan, Anies menggunakan istilah perluasan daratan karena khawatir akan disamakan dengan pendahulunya, mantan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Selain itu menolak reklamasi juga merupakan janji kampanyenya saat Pilkada yang menjadi salah satu faktor dirinya berhasil menumbangkan Ahok.

Padahal, kata Susan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sudah jelas reklamasi adalah pembangunan daratan di atas permukaan air. Istilah perluasan daratan juga sama saja dengan reklamasi jika menimbun tanah di atas laut.

"Jika konteksnya membuat daratan itu adalah reklamasi. Jadi mau muter segimanapun di KBBI itu sudah tercantum bahwa perluasan daratan di atas air itu adalah reklamasi," ujar Susan saat dikonfirmasi, Kamis (9/7/2020).

Suara.com lantas mencoba menelusuri KBBI online mengenai arti reklamasi. Ternyata hasilnya memang kurang lebih sama dengan yang dikatakan Susan, yakni usaha memperluas tanah seperti sawah dengan memanfaatkan lahan tak berguna.

Susan menilai Anies khawatir dengan penggunaan Istilah reklamasi karena jika dipakai akan menimbulkan anggapan ingkar janji kampanye. Jika itu terjadi, maka pendukungnya saat Pilkada bisa beralih menentangnya.

"Bahwa dia menggunakan kata reklamasi maka ini menuai kontra yang cukup besar maka dia memakai kata perluasan lahan. tetapi sebenarnya ini reklamasi. Ini cuma permian kata -kata aja, kita sudah tau wataknya dia. Ini sebenarnya reklamasi," jelasnya.

Ia menyatakan kaum nelayan dan pesisir tidak perlu pemainan istilah ini. Ia hanya menuntut kejujuran Anies untuk melihat dampak dari proyek ini bagi warga sekitar.

"Kita butuh kejujuran dlm melihat konteks reklamasi," ujarnya menambahkan.


SUMUR:
https://www.suara.com/news/2020/07/0...ap-salahi-kbbi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pt.tsm.import dan 41 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
Dipikirnya semua orang tolol apa?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marsonos dan 41 lainnya memberi reputasi
Lihat 19 balasan
Akankah balada pulkam dan mudik terulang?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
notagoodman dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
abud mah punya kamus tersendiri die mah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
marsonos dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
kiara dan kbbi bangke nya jgn di sholatin! emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rip.cobain dan 20 lainnya memberi reputasi
anis si totong buta hurup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan 4 lainnya memberi reputasi
Kbbi nya yg salah!!!!

Wan aibon nya yg bener !!!

Ga percaya???

Last.... Car...

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI

lah kan sudah dari dulu..... emoticon-2 Jempol

maestro kata2.


Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBI

terbukti 1000%.emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oxcyte dan 66 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Makanya jangan tolol.. emoticon-Malu (S)

kan udah d ingetin jauh2 hari.. "jangan mau d bohongi pakai.." emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
14crownroyal dan 35 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
kata yg paling tepat adalah revitalisasi karena itu bukan semata2 reklamasi, tujuan utamanya adalah pembangunan normalisasi masyarkat sepanjang pesisir pantai yg semakin termarjinalisasi oleh pengikisan daratan pantai dan erupsi dataran kali ciliwung gan emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
nasbung sih manggut2 aza
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makooo15 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Alhamdulillah pada akhirnya semua berjalan baik emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 7 lainnya memberi reputasi
besok KBBI kudu direvisi. Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sumarnisaja
Lihat 1 balasan
hahaha...jurus aibon..
selalu membodohi publik dengan permainan kata.
emoticon-fuck

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jadi sudah paham bukan betapa pentingnya wording?.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 5 lainnya memberi reputasi
Main Kata-kata Pakai Istilah Perluasan Daratan, Anies Dianggap Salahi KBBIemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
kelakuan si abud lebih rendah dari sekedar ingkar janji kampanye, jelas niatnya ngakal2in rakyat Jkt dng permainan kata yg jadi satu2nya keahlian dia

Dng coba ngakalin pake cara rendahan gitu jelas dia merendahkan kapasitas otak rakyat Jkt dng menganggap mereka bisa dikadalin dng cara murahan begini

Kayak gini mau jd RI1 ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Di bahlul2 in antum semua emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 4 lainnya memberi reputasi
Anies memang pandai bermain kata-kata, ngak heran dia dijuluki ahli tata kata sehingga malah menjadi daya tarik media dan perhatian masyarakat.

Anies mencoba mengatur kota dan memandang setiap permasalahan dengan kekuatan kata, mencoba mengalihkan dari persoalan yang sebenarnya ( Seperti program Ok Oce Rumah DP nol persen, Janji Reklamasi, persoalan banjir, yang terbaru polemik PPDB ). Akan tetapi setiap perkataan Anies tidak memberikan solusi dari berbagai persoalan yang dihadapi Jakarta. 

Media dan masyarakat Jakarta khususnya harus lebih cerdas dalam membaca pernyataan dan penjelasan Gubernur Anies. Yang perlu dicermati adalah substansi persoalan yang ingin disampaikan dan jangan terjebak dengan permainan kata atau istilah² lain yang seringkali membingungkan dan tidak fokus pada pokok persoalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
karena emg pendukungnya tolol2, makanya bisa dipermainkan sama kata2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
46awang dan 13 lainnya memberi reputasi
kuntul emang anies ini demi modal nyapres gadaikan aset dki ke cukong properti ancol yg sahamnya 60 %
persen swasta ternyata. saham dki cuma 40%
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di