CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f06ef87af7e9367086d9464/pengelolaan-sampah-di-indonesia-vs-negara-maju-miris

Pengelolaan Sampah di Indonesia Vs Negara Maju, Miris!

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
njir di Jerman ampe 6 biji emoticon-Wakaka

1. Hitam untuk sampah umum (macem bungkus makanan/minuman/jajanan, kayu, taplak, makanan sisa)
2. Biru untuk kertas
3. Kuning untuk plastik
4. Putih untuk kaca bening (macem gelas kaca tanpa warna/bening)
5. Hijau untuk kaca berwarna (macem botol minuman mabok yang biasanya warna ijo)
6. Coklat untuk kompos (kompos alami, ga usah tanya macemnya emoticon-Ngakak (S))
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
trit yang wajib di rate maksimal emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sampah emang jadi masalah sih nih...
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
setuju kenapa plastik dilarang ya bukannya diolah lebih baik Kl beli kue basah atau beras? merasa bingung
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Tempat sampah di atas disiapkan hanya untuk manusia tempat sampah hanya akan menjadi hiasan tanpa ada kepedulian menciptakan lingkungan bersih
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Demikianlah gan, karena memang berbeda dalam hal kebiasaan dan budaya. Di negeri ini ya seperti itu sampai ada gunungan sampah. Padahal sejatinya bisa dimanfaatkan dengan baik, ada pakar yang ahli di sana, prof tamim.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Indo ga mau bangun pabrik daur ulang sampah apa?
bangun yg gedean gitu biar berkurang banget sampahnya?
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ga salah baca kan gue? 7000 ton sampah? Jkt doang? Gilaaaaa
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yang penting itu adalah dipaksa hingga terbiasa untuk buang sampah pada tempatnya
Orang Indonesia masih banyak yang bermindset "buang sembarangan, nanti kan juga dibersihin petugas dinas kebersihan "
Ayo mulai dari diri sendiri
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di Indonesia, mau disuruh buang sampah pada tempatnya aja susah, apalagi disuru milah2...
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kalo sampah elektronik dibuang kemana gan?
di surabaya udah ada pembangkit listrik tenaga sampah
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane lihat bukit sampah di bantargebang tinggi sekali.
Tapi apa cuma di Indonesia yg di TPS nya ada petugas pemilahan sampah...kertas di kumpulkan dg kertas, besi dg besi, plastik dg plastik
Quote:


Se7 eh sepakat, memang kesadaran kita yang mayoritas ... Kebersihan sebagian dari iman, cuma hafal dimulut, tetapi prakteknya ...? Brrti imannya harus dipertanyakankah?(pertanyaan lohemoticon-Ngaciremoticon-Blue Guy Peace)intropeksi diri juga sih

Tapi, bagaimana mau buang sesuai jenisnya, pernah lihat sendiri, mau diviralin takut dosa, mobil patroli malah buang sampah sembarangan, mobil mewah buka kaca cuma mau buang sampah, sampai tukang2an saat itu sampai mengumpatemoticon-Hammer

Quote:


Mantap jiwa ganemoticon-2 Jempol
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Indonesia bakal susah menerapkan ginian. Soalnya masih banyak WNI di sini yang pemikiran nya udik dan duit.
Udik: bahaya sampah plastik disepelekan,
Duit: sayang ngeluarin duit lebih buat bikin instalasi persampahan

Ini berlaku ke pejabat dan rakyat jelata kayak ane. Untuk pemilahan rumah sini udah ngelakuin tapi ya itu ketika masuk ke TPS ama juga boong karena g semua ngerti. Ampe petugas sampah RT tu dianggap menampung semua sampah keluarga. Padahal dengan pemilahan jadi uang tambahan buat tu petugas
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Setuju Gan ama Postnya
Ane pernah pengalaman tinggal di LN, buat plastik sampah ada plastiknya sendiri dan ada kode warnanya tergantung jenis sampahnya. Jadi dulu ane sampai punya beberapa tempat sampah buat beda-bedain sesuai jenis sampah.

Pas awal-awal hidup gitu sih merasa ribet ya soalnya kebiasaan di Indo semua sampah dicampur, tapi lama-lama terbiasa. Selain itu, ane juga rajin motong-motongin sampah biar kecil-kecil dan nggak makan tempat, maklum harga plastik khusus sampahnya mahal emoticon-Nohope
Nah sekarang balik hidup di Indonesia, ane jadi balik lagi nyampurin sampah jadi satu emoticon-Ngakak Ya gimana orang sama tukang sampahnya aja sampah digabung jadi satu padahal uda dipisah

Harusnya dari pemerintahnya bikin aturan gitu sih buat misah-misahin sampah, jadi akan mempermudah pas proses pengolahan di TPA. Misal sampah plastik bisa dilebur lagi jadi bijih plastik, atau sampah organik bisa diolah dengan digester biar jadi biogas atau dijadiin pupuk emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
goal481 dan agungdar2494 memberi reputasi
Diubah oleh mantelbulu
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kita masih buang sampah sembarangan, gimana mo ngolahnya?
Di sini TPAnya g memadai,masih jauuuh
nitip topi dulu bentar bray
Ngomongin sampah disini tempatnya,, sampah model apa aja lengkap,,
Halaman 2 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di