CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Fashionista /
Kenali Batik Shibori, Teknik Membatik Ala Kekaisaran Jepang!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f06e92ec342bb0ca36d54f3/kenali-batik-shibori-teknik-membatik-ala-kekaisaran-jepang

Kenali Batik Shibori, Teknik Membatik Ala Kekaisaran Jepang!

Kenali Batik Shibori, Teknik Membatik Ala Kekaisaran Jepang!

Sista!

Kalian semua pasti sudah kenal banget kan sama yang namanya batik?

Tentu saja! Kain bergambar yang dibuat dengan teknik khusus ini memang banyak sekali tersebar di beberapa daerah Indonesia, bahkan di beberapa daerah di Indonesia punya kain batik dengan gaya khasnya masing-masing loh. Teknik yang digunakan untuk menghasilkan kain batik pun ada banyak ragamnya GanSis, ada batik tulis dibuat langsung langsung dengan tangan, batik cap yang dibuat dengan bantuan cap dengan pola tertentu, serta ada batik lukis yang dibuat dengan cara dilukiskan langsung di kain putih.

Yap! Secara teknik yang dilakukan para pembatik di Indonesia, teknik membatik memang terbagi atas batik tulis, batik cap, dan batik lukis, GanSis. Tapi kalian tau ga sih, kalau ternyata ada teknik pewarnaan lain yang hasilnya sangat mirip dengan motif batik? Teknik pewarnaan tersebut adalah Shibori, sebuah teknik pewarnaan pada masa kekaisaran Jepang yang dilakukan dengan cara diikat dan dicelupkan.

Oh iya, teknik pewarnaan shibori juga ada banyak macamnya loh. Teknik shibori terdiri dari enam jenis, yaitu...



Kanoko Shibori

Kenali Batik Shibori, Teknik Membatik Ala Kekaisaran Jepang!


Miura Shibori

Kenali Batik Shibori, Teknik Membatik Ala Kekaisaran Jepang!


Arashi Shibori

Kenali Batik Shibori, Teknik Membatik Ala Kekaisaran Jepang!


Itajime Shibori

Kenali Batik Shibori, Teknik Membatik Ala Kekaisaran Jepang!


Kumo Shibori

Kenali Batik Shibori, Teknik Membatik Ala Kekaisaran Jepang!


Nui Shibori

Kenali Batik Shibori, Teknik Membatik Ala Kekaisaran Jepang!



Itu dia beberapa teknik pewarnaan Shibori yang biasa dilakukan mulai dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. Untuk Agan dan Sista yang ingin mencoba membuat motif kain dengan teknik Shibori, kalian bisa memulainya dengan mencoba teknik yang paling mudah, yaitu Kanoko Shibori.

Oh iya, Agan dan Sista suka memerhatikan Batik Shibori yang dijual di pasaran ga sih? Pasti sebagian besar Batik Shibori yang kalian temui memiliki warna biru dan putih kan? Hmm, kira-kira kenapa ya? Agan dan Sista tau ga sih alasannya? Satu hal yang pasti, kain katun putih dipilih sebagai kain dasar dikarenakan sifatnya yang sangat mudah menyerap air, namun alasan lain kenapa warna yang digunakan mayoritas warna biru ane juga ga tau, GanSis.

Kenali Batik Shibori, Teknik Membatik Ala Kekaisaran Jepang!

Selain tersedia dalam bentuk kain, banyak juga kok yang menjualnya dalam bentuk busana yang sudah jadi dan siap pakai. Bahkan banyak banget loh busana yang dibuat dengan Batik Shibori, mulai dari pakaian formal seperti dress, blazer, kimono, bloues, celana, syal, hingga pakaian non formal seperti pakaian tidur.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
jangkrikgirl32 dan kudanil.la memberi reputasi
banyak jd motif2 baju tidur ni skrg2 ini wkwkwwk, cakep emanggg
profile-picture
ochiied memberi reputasi
Lihat 2 balasan
wuaah nomer 1 tuh motifnya kayak kain stagen ituuu yaaa. Apaa ada pengaruhnya ya???
Diubah oleh dndrnasya
Waktu masih SD pernah praktek bikin taplak meja dengan motif yang kanoko
Lihat 5 balasan
yap gan pernah denger ane nih mah... pernah masuk dalam net tv ato trans 7 gitu. motifnya cantik cantiik nih gaan
Lihat 1 balasan
keren batiknya
Kerenn yaa gan batiknyaa ala ala kekaisaran gini
Akankah ini menjadi kerjasama indonesia jepang (kijang) gelombang ke dua?emoticon-Shakehand2
kalo diliat liat, banyaknya warna biru biru gitu yaa
oooh batik kayak gini namanya shibori yaa
keren keren motifnya, sekarang kayaknya lagi ngetren motif kek gituu
Lihat 1 balasan
keren nih gan, di indonesia belum banyak disorot ya gan, ada yg mirip2 ga si tekniknya dgn yg di sini
cantik cantik bangey


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di