CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
3 Cara Asik dan Unik Ambil Undur Undur Versi Ane Kecil
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f06744af4d6954c1b4b9721/3-cara-asik-dan-unik-ambil-undur-undur-versi-ane-kecil

3 Cara Asik dan Unik Ambil Undur Undur Versi Ane Kecil

3 Cara Asik dan Unik Ambil Undur Undur Versi Ane Kecil

3 Cara Asik dan Unik Ambil Undur Undur Versi Ane Kecil

Selamat Pagi menuju siang agan dan sista yang dari sabang sampai merauke. Ceritanya semalem ane iseng-iseng lagi chatan sama teman masa kecil, tiba-tiba temen ane kirim gambar binatang kecil unik yang sering ane mainkan ketika kecil yaitu undur-undur. Jadi Ane bikin nostalia dah dalam sebuh thread tentang cara asik ane nyari undur-undur ketika kecil.

"Kenapa binatang kecil ini disebut undur undur? Mungkin karena mungkin jalannya mundur ketika akan masuk tanah"

Undur undur adalah binatang yang hidup didalam tanah kering. Mereka membuat semacem tanda sebagai simbol itu rumahnya, yaitu si tanah agak masuk kedalam bergelombang gitu. Itu menandakan bahwa ada dia di tanah tersebut. Waktu Ane masih SD sekitar tahun 95'an setiap pulang sekolah ane bersama teman-teman janjian untuk mencari dan mengumpulkan undur-undur. Kita biasanya membawa satu tempat yang sudah di isi dengan tanah kering untuk menyimpan undur-undur yang kita dapat.

3 Cara Asik dan Unik Ambil Undur Undur Versi Ane Kecil


Cara mengambil undur undur sangatlah mudah, ane biasa menggunakan 3 cara menarik untuk mendapatkan undur-undur

Menggunakan Sedotan
3 Cara Asik dan Unik Ambil Undur Undur Versi Ane Kecil

Untuk mendapatkan undur-undur ane terkadang menggunakan sedotan untuk meniup rumah undur-undur tersebut. Maka secara perlahan tanah kering bagian atasnya akan menyingkir kena angin tiupan dari sedotan, sehingga bisa terlihat si undur-undur dan tinggal kita ambil pindahkan ke tempat yang kita bawa.

Menggunakan Umpan Dengan Undur-Undur Juga
3 Cara Asik dan Unik Ambil Undur Undur Versi Ane Kecil

Cara asik mencari undur-undur selanjutnya adalah dengan cara menggunakan undur undur yang sudah ane dapat. Caranya, ikat pelan dengan benang halus di bagian kepalanya, kemudian taroh si umpan di rumah undur undur tersebut. Nanti si undur undur umpan tersebut akan masuk ke dalam rumah tanah tersebut, dan si undur-undur yang didalam tanah bakal nempel ke undur undur umpan. Tinggal tarik keatas secara perlahan. Maka undur undur akan dapat 2 2 nya.

Menggunakan Telunjuk Sambil bernyanyi
3 Cara Asik dan Unik Ambil Undur Undur Versi Ane Kecil

Cara ini sih lebih mengarah pada suatu keseruan, karena menggunakan telunjuk di gerak-gerak perlahan agar menyingkirkan tanah rumah undur-undurnya. Namun menurut ane cara ini sedikit susah dibanding dengan 2 cara diatas, namun menjadi hal yang paling unik dan asik.

Begini Nyanyian nya dalam versi bahasa sunda
Quote:

Diulang-ulang entah sampai berapa kali yang pasti sampai ketemu dan terlihat ada undur-undur ada di rumahnya tersebut.

Khasiat Undur Undur Untuk Kesehatan

Waktu ane kecil, ane gak tau tenyata undur-undur memiliki khasiat ampuh untuk  menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti:

• Menyembuhkan asma
 Menyembukan diabetes
 Menurunkan kolestrok
 Mengobati struk
 Mengobati asam urat
 Mengobati rematik
 Mencegah penyakit ganguan mata

Wieh ternyata binatang kecil yang sering ane mainkan waktu kecil ini banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Kalo tau dari kecil banyak manfaatnya mungkin ane ternak aja kali yah itu undur undurnya emoticon-Big Grin.

Tapi ya nama jaman ane hidup di kampung, ditahun 1995-an masih minim dengan pengetahuan, terlebih ane hidup di kampung terpencil bagian bandung selatan.

emoticon-Haiemoticon-cystg emoticon-Rate 5 Star emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Penulis: saptalan60
sumber gambar: google.co.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Salkrye dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh saptalan60
Halaman 1 dari 4
org banjaran ente bre? emoticon-EEK!
Lihat 7 balasan
Lah ane baru tau malahan undur undur bisa dikonsumsi ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MyWildSide9 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Ane juga jaman kecil sering niupin rumah undur undur. Seru bgt sama temen2 emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
MyWildSide9 dan saptalan60 memberi reputasi
Lihat 15 balasan
hmm.. emoticon-2 Jempol
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane keruk lansung dg tanahnya
profile-picture
profile-picture
iyusard dan saptalan60 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane sering pake nyanyi.
ngureknya gak keluar keluar. tanahnya ane ratain.
pindah tempat lain.
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
kalo ane pas kecil sih pake telunjuk, tapi kagak pake nyanyi nyanyi juga sih wkwk
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan saptalan60 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
jaman mbah kung masih hidup.... kalo lebaran aku ke kebon kacang tanah cari undur undur.... modal lidi doang itu mah
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Diubah oleh dellanuraisyah
Lihat 5 balasan
gak tau manfaat buat kesehatan...
dulu cuma buat mainan aja..emoticon-Hammer
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane inget nyanyiannya ni
"ndur undur bapakmu kecemplung sumur" sambil pake lidi diputer2 dirumahnyaemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diki174 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mdfck
Lihat 1 balasan
masa lalu banget
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pake sapu lidi gan wkwk
Terus dinyanyiin
emoticon-Ngakak
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sekarang hampir gak pernah lihat lagi dimana undur2 berada..emoticon-Turut Berduka
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
buat obatnya langsung dimakan gan ?
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sarangnya biasanya ngumpul, banyak cekungan..

kalo gak dapet, sekomplek sarangnya gw kencingin...
emoticon-Leh Uga


bused,.. jahat bnget gw dulu..emoticon-Hammer2
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ini...jaman gue dulu masih bocah,klo lebaran pembantu pulang desa gue ikutan nginep ampe beberapa hari,main gituan ama anak2 sekitar ramenya minta ampun,ada yg langsung dimakan malahan ntah rasanya gimana ngga ngerti,gue langsung lari.
paling ditunggu klo hari lebaran,main di desa seru2 malahan,main ceplokan,ban,ketapel,cari ular sawah,pokoknya seharian disono bisa main mulu,klo laper?ubi bakar dibakar pake daun,malemnya cari penampakan setan
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diki174 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo gw dulu pake umpan semut atau serangga kecil gan...
karna pada prinsipnya undur2 membuat sarang untuk menunggu mangsa masuk dalam jebakannya (kayak laba2)... emoticon-Cool
sebenernya yg bikin seru itu karna lomba sama temen2 siapa yg dapet paling banyak... emoticon-Ngakak
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah masih ada ya
Seru gan
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah ane masa kecilnya berasa kurang bahagia yak, belum pernah cari undur-undur nih 😭
profile-picture
saptalan60 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di