CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tak Sadar Jadi Figur Otoritas, Influencer Suka Ngawur Kalau Bikin Konten!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0656a909b5ca768e619f44/tak-sadar-jadi-figur-otoritas-influencer-suka-ngawur-kalau-bikin-konten

Tak Sadar Jadi Figur Otoritas, Influencer Suka Ngawur Kalau Bikin Konten!



Munculnya media sosial yang bisa diakses oleh siapa saja, termasuk mengunggah konten sesuka hati pemiliknya membuat seseorang yang semula hanya orang biasa menjadi sosok yang dikenal masyarakat luas. Tak jarang ada yang punya fans tersendiri, jika orang tersebut dianggap keren sehingga pengikutnya mencapai jutaan orang. Wadah dimana dia punya banyak followers inilah yang kemudian menjadi label untuknya, misalkan dia terkenal di instagram maka dia disebut selebgram (selebriti instagram), kalau di Youtube sebutannya youtuber. Bila terkenal di banyak sosmed dia disebut influencer.

Influencer sendiri berasal dari bahasa Inggris "Influence" yang berarti mempengaruhi, imbuhan -er di belakangnya merujuk kepada orangnya. Sehingga Influencer memiliki makna sebagai orang yang mempengaruhi / berpengaruh.

Dengan begitu seorang influencer merupakan figur otoritas bagi masyarakat. Figur otoritas adalah sosok yang kata - katanya selalu didengarkan, perilaku dan tindakannya ditiru khususnya oleh fansnya. Tak heran jika sekarang banyak selebgram dan youtubers yang sampai dipanggil Komisi Perlindungan Anak Indonesia karena menyuguhkan konten yang tidak semestinya, bahkan ada yang dibui karena mengunggah video tidak pantas.



Kesadaran bahwa mereka merupakan figur otoritas untuk penggemarnya rupanya masih belum terlalu dianggap serius. Masih saja beberapa influencer yang telah diperingatkan KPAI mengunggah konten serupa lagi. Miris sekali gan! Pasalnya tontonan yang disajikan secara tidak sadar juga merupakan "pendidikan yang menyenangkan" oleh penontonnya karena saat menonton tidak terasa sedang disuruh belajar. Jika fans para influencer ini adalah remaja ABG yang sedang mencari jati dirinya dan menganggap si figur otoritasnya tadi benar, keren dan gaul, maka mereka pasti berusaha meniru idolanya.


Tanggung jawab seorang Influencer/public figure amat besar. Mau melakukan apapun selalu disorot dan diperhatikan banyak orang. Salah sedikit saja akan banyak pihak yang menghujatnya. Jika mental tidak kuat, bisa stress dan depresi.

Bisa dibayangkan gaes akan menjadi seperti apa generasi masa depan jika yang dijadikan panutan adalah orang - orang yang tindakannya kurang bisa diteladani? emoticon-Cape d...

Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat! Jangan lupa follow adnanami di kaskus, instagram dan facebook. Untuk thread berfaedah lainnya, kalian bisa klik gambar banner di bawah ini ya! See you next, time!

Tak Sadar Jadi Figur Otoritas, Influencer Suka Ngawur Kalau Bikin Konten!

Sumber : opini pribadi
Sumber gambar : tertera di bagian bawah masing- masing gambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liramarlinda dan 55 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adnanami
Halaman 1 dari 6
emoticon-Pertamax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 5 lainnya memberi reputasi
emoticon-Pertamax lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 5 lainnya memberi reputasi
kalo cari tontonan yg bener gaes!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Dgn seiring zaman, gadget sdh menjadi kbutuhan pokok...anak2 dr yg belum bisa jalan sdh dikenalkan gadget..yg awalnya ortu memberikan gadgt tsb buat mereka tenang....akhirnya, seiring bertambahnya usia..jadilah mereka "Addicted" ..
Gadget yg niat awalnya buat komunikasi jarak jauh...sdh kluar dr konteksnya.. miris

#Bata Saiyah Yg Dah Buang Kuota Dithread ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kytm dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
siapa mereka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apenktomorrow dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
apa coba disensor emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anafisj18 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jangan mau mengikuti pengaruh buruk mereka
ikuti pengaruh baik saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anafisj18 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Hayo yg salah yg nonton apa yg bikin konten? Atau orang tua yg gak mengawasi anak2nya? Ini lingkaran setan sih menurut ane. Selagi gak ada pembatasan buat anak kecil ya bakal muncul terus influencer yg gak baik begitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anafisj18 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
itu cara mereka mengait penonton bre
Lihat 1 balasan
Oke thanks langsung cus yutub search kimi hime.sori ga baca artikelnya.
Diubah oleh scorps1999
Lihat 1 balasan
Lihat 3 balasan
Mampus si AG ditegur KPAI

Sory ya, cantik aja engga. Haduh. Menyedihkan
profile-picture
DeepSubmerge memberi reputasi
Lihat 3 balasan
inilah peran pendidikan anak sejak dari orang tua sangat dibutuhkan
profile-picture
nlc.168 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Siapa sih yang ngasih gelar influencer kepada mereka?
Apa mereka juga menginginkannya gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
mereka mah enak bisa bikin se enak jidat tapi apa.prnah mikir mudhorot nya???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anafisj18 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nice share gan


emoticon-Jempol


Janga lupa visite my trit July 2020:
Spoiler for Trit okbrur -2:
emoticon-Keep Posting Gan



Janga lupa visite my trit June 2020:
Spoiler for Trit okbrur -1:
emoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
yurikaede memberi reputasi
tanggung jawab moral influencer gede banget... walaupun pasti ada aja yang gak peduli ama peran edukasi, yang penting dapet cuan gede aja emoticon-Sorry

tapi pembelaannya mendidik itu bukan peran atau kewajiban semua influencer.. bener sih, emang penonton lah yang menentukan.. tapi anak muda kan mikirnya belum mateng, cari yang seru-seru aja emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
terranova345 dan adnanami memberi reputasi
Diubah oleh sedotninja
Lihat 2 balasan
tar mereka mereka ini berlindung dibalik kebebasan berekspresi, alasannya "suka suka gua mau ngapain, yg salah yg ngeliatin gua"

mereka ga sadar ada tanggung jawab dibalik kelakuan mereka sendiri yang mau ga mau harus mereka terima. makannya ada istilah "kalo goblok ya sendiri aja, jgn dipamerin"
profile-picture
adnanami memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Tak Sadar Jadi Figur Otoritas, Influencer Suka Ngawur Kalau Bikin Konten!

ini nicholas saputra yg di aadc ya?
profile-picture
profile-picture
paexada dan caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Ikutan promosi jan lupa follow my IG emoticon-Ngakak

Eh, nggak jadi aku tulis di sini Nami nanti orang2 tahu namaku emoticon-Hammer2
profile-picture
anakjahanam722 memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di