CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
MERANTAU (Bukan judul film)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f052ea8337f93528f10c94a/merantau-bukan-judul-film

MERANTAU (Bukan judul film)


Dua minggu setelah pengumuman kelulusan CPNS Kemenkumham dan saya dinyatakan lulus, Panitia CPNS Kemenkumham mengumumkan lokasi penempatan CPNS. Saya pun membuka pengumuman yang sudah dibagikan kepada peserta CPNS Kemenkumham, rasa gugup dan was-was menjala disekujur tubuh dan jreng jreng... saya mendapatkan penempatan di sebuah kota di Sulawesi.

Kegalauan mulai menghinggapi saya, apakah akan saya ambil atau saya lepas. Setelah saya merenung semalaman lalu saya putuskan untuk mengambil pilihan yang sudah saya buat. Singkat cerita hari keberangkatanpun tiba. Saya berangkat ke sulawesi dengan menaiki sebuah  pesawat, ini adalah pertama kalinya saya naik pesawat. Pergi ke sulawesi merupakan pengalaman baru saya, seumur-umur saya belum pernah merantau. Saya pikir ini akan menjadi pengalaman terhebat saya. 


MERANTAU (Bukan judul film)

sumber gambar


Saya pun akhirnya sampai di sulawesi, setelah sampai lalu saya segera mencari penginapan/ kos-kosan. Kehidupan baru pun dimulai. Tempat baru, iklim baru dan budaya baru mau ga mau saya harus cepat beradaptasi.


Quote:


Banyak hal yang saya lihat dan saya pelajari di perantauan yang tidak mungkin saya dapatkan bila saya tetap berdiam diri di kota kelahiran. Merantau mengajarkan kita tentang kehidupan, jauh dari keluarga, hidup di tengah-tengah budaya yang berbeda membuat kita semakin dewasa. Manusia yang merantau akan lebih bisa menghargai perbedaan dan pluralisme. 



Terkadang saya rindu menggunakan bahasa daerah sendiri, untungnya di perantauan tidaklah sulit menemukan perantauan yang berasal dari satu bahasa daerah. Rata-rata dari mereka berprofesi sebagai pedagang makanan jadi saat rindu bicara bahasa daerah, saya tinggal pergi kewarung makan.

Rindu, kangen  hal yang wajar karena kita sebagai manusia memiliki cipta dan rasa. Namun itulah yang membuat seorang perantau menikmati kesyahduan ketika perantau pulang kampung. Seperti halnya saya ketika pulang kampung kerumah pasti akan disambut dan dibikinkan masakan yang spesial. Hal ini tidak akan saya dapatkan bila saya tetap berada dirumah hehehe...

Sejauh apapun merantau, sesukses apapun di perantauan, janganlah melupakan tanah kelahiran. Secara pribadi dan secara lahiriah manusia suatu saat seorang perantau tetap ingin kembali dan menghabiskan hidup di tanah kelahiran.

Merantaulah mumpung masih muda, carilah pengalaman sebanyak mungkin untuk menjadi bekal kehidupan.

Penulis: 0wlcelepukkk



Quote:


Quote:
profile-picture
yuki26 memberi reputasi
Diubah oleh 0wlcelepukkk
Kisah merantau adalah kelanjutan dari kisah perjalananku lolos cpns
Berikut link nya:

Part 1 https://kask.us/iGqFP
Part 2 https://kask.us/iGsGZ
Part 3 https://kask.us/iGtSJ
profile-picture
anggra.evi memberi reputasi
Quote:


Mantulll.. ane selalu mengikuti kisah agan. Inspiratifemoticon-Traveller
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di