CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Ini Lho Donat Jawa yang Bikin Kenyang, Agan Pernah Coba?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f05170bfacb955609432d4f/ini-lho-donat-jawa-yang-bikin-kenyang-agan-pernah-coba

Ini Lho Donat Jawa yang Bikin Kenyang, Agan Pernah Coba?

jolobio si donat Jawa

Ini Lho Donat Jawa yang Bikin Kenyang, Agan Pernah Coba?


Berbicara masalah donat, nggak tua nggak muda sepertinya suka deh dengan cemilan yang satu ini.

Hallo apa kabar pecinta kuliner Indonesia, terutama kuliner tradisional Jawa. Semoga hari ini senantiasa sehat bahagia selamanya.

Ini Lho Donat Jawa yang Bikin Kenyang, Agan Pernah Coba?


Kalau donat biasanya terbuat dari gandum, kentang, singkong, yang dihias dengan toping aneka warna, ada meses, selai, coklat, kacang, keju. Itu udah ada pada umumnya. Tapi kalau donat yang terbuat dari ketan, parutan kelapa rasanya gurih, Gan Sist pernah nyobain belum?

Namanya Donat Jawa
Atau Jolobio makanan khas dari Jawa Tengah ini, dibuat mirip sekali dengan donat, Jolobio bolong tengahe, itulah makanan yang menjadi tradisi turun temurun, makanan ini banyak dijumpai ketika hajatan.

Kali ini Ane ingin mengajak Agan Sista untuk mengenal lebih dekat kuliber Jawa yang rasanya gurih dan juga mengenyangkan, penasaran mau tahu bagaimana cara membuat ya? Langsung aja Yuk Cap cus, intip-intip cara bikinnya.

Ini Lho Donat Jawa yang Bikin Kenyang, Agan Pernah Coba?



Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Donat Jawa adalah sebagai berikut:

250 gr tepung ketan putih

3 sdm tepung kanji/tapioka

100 gr kelapa parut kasar

130 ml santan hagat

1/2 sdt garam halus

secukupnya minyak sayur untuk menggoreng

Ini Lho Donat Jawa yang Bikin Kenyang, Agan Pernah Coba?


Ini Lho Donat Jawa yang Bikin Kenyang, Agan Pernah Coba?


Cara membuat donat Jawa adalah sebagai berikut:

* Pertama-tama campur tepung ketan, tepung tapioka, garam, kelapa parut aduk rata tuangi santan. dan uleni sampe rata, pilih kelapa yang tidak terlalu tua, kelapa sedang.

* Kedua bentuk cincin /seperti donat.. goreng dalam minyak panas, gunakan api sedang & usahakan hingga adonan terendam, goreng sampe kecoklatan angkat tiriskan.

Donat Jawa ini bisa juga dibuat manis, tinggal gulingkan dalam karamel. Caranya disihkan gula pasir secukupnya, sesuai jumlah donat, aduk-aduk biar tidak menggumpal dan menjadi karamel, terakhir masukan jolobio, bolak-balik angkat, ini untuk jolobio dengan rasa manis.

Bagaimana mudah bukan cara membuatnya, rasanya gurih, mengenyangkan pula. Ane suka sekali makan jolobio ini apalagi saat kumpul-kumpul bareng keluarga, dan pada saat hajatan juga sering dijumpai.

Okey deh itulah yang namanya donat Jawa, udah pernah nyobain belum, enak lho nggak bohong suerr. E tapi ada nggak ya di tempat Agan Sista semuanya.
Sampai jumpa di kuliner tradisional selanjutnya.
Jangan lupa rate komen dan cendolnya ya. Salam hangat untuk keluarga tercinta. Bye ... bye ...


Ini Lho Donat Jawa yang Bikin Kenyang, Agan Pernah Coba?


Sumber opini pribadi
Sumber gambar doc.pri






profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 15 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Donat Jawa siapa pernah nyobain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
enak gurih mantap mengenyangkan
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan embunsuci memberi reputasi
kalo di sunda namanya jalabria😅 lebih mantul dari donat yang pake fermipan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Belum pernah nyoba nih. Tapi udah kebayang rasanya gurih dah renyah ya. Tepung tapioka bisa diganti tepung sagu ga bun.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 5 balasan
ah jadi pengen.

kapan2 coba buat ah
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
enak iki pake tepung ketan , kek jajan tradisional opo kae yo jenengeemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 10 balasan
blom ,,,
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ada donat versi Jawa juga
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bikin laper ngomongin donat
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan trifatoyah memberi reputasi
Diubah oleh adescreamo
Lihat 3 balasan
Jaco:empuk
Jalabiaemoticon-Kaskus Radioipy creme kearifan lokal
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wah ada resep baru, catet dulu biar inget bahan-bahannyaemoticon-nulisah itu susunya dihangatin dulu atau apa, Mbak?

Kalok donut kesukaanku yang dilumuri sama gula halus kek gini, Mbak
Spoiler for Donat Andalan:
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Itu getas bukan sih gan? Di malang klo yg dr ketan itu getas soalnya namanya tp bntuknya bukan kek donat, cuman bahannya samaan pake tepung ketan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itsmoll12 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ditaburin gula bubuk bikin nagih
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Uenak nih, Kak. Makan santai di kala hujan pula. Emm
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wawww enak nihh dilihatt dari bahannya sih pasti rasanya gurihh nih nikmatt buat camilan disore hari emoticon-Matabelo ane yang dari jawa tengah kok malah tau kalau ada camilan begini ya emoticon-Cape d...
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kayaknya beda di bahan ya, Sist? Kalo donat yang sering kita temukan, bahannya tepung terigu, kan?
profile-picture
profile-picture
aktivisdumay dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Donat jawa rasanya gurih nih
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane demen kl pake gula putih doang sii enak paraa
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Kok ane asing ya dengan donat jawa atau jolobio sist.. padahal ane asli jawa tengah.. apa mungkin itu makanan khas kabupaten mana gitu yang ada di jawa tengah
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ini kayaknya ane pernah coba. yaaa enak lah rasanya, gak kalah ama donat2 lain
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di