CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Kota Yamato, Jepang Larang Gunakan Smartphone Sambil Jalan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f04612188b3cb18bc1e39b1/kota-yamato-jepang-larang-gunakan-smartphone-sambil-jalan

Kota Yamato, Jepang, Larang Gunakan Smartphone Sambil Jalan

Smartphone sekarang menjadi alat vital bagi banyak orang. Beragam aktivitas bisa dilakukan dengan memanfaatkan ponsel pintar ini. Saking pentingnya peran smartphone, pengguna sering kali gak memperhatikan tempat untuk mengguna ponsel. Sambil jalan pun banyak orang yang masih memainkan ponsel mereka. Padahal perilaku seperti ini sangat berbahaya.

Kota Yamato, Jepang Larang Gunakan Smartphone Sambil Jalan

Karena menggunakan smartphone saat jalan berbahaya, sebuah kota di Jepang melarang warganya untuk tidak menggunakan ponsel ketika berjalan. Kota tersebut adalah Yamato. Kota ini melarang pejalan kaki menggunakan ponsel saat berkeliling di jalanan, taman, atau lapangan umum. Pengumuman ini disampaikan lewat spanduk dan pengeras suara di tempat – tempat umum, seperti stasiun kereta. Pengunjung kota atau warga diperbolehkan memainkan ponsel mereka setelah berhenti berjalan.

Aturan ini dibuat untuk mengingatkan warga kota Yamato untuk tidak memainkan ponsel sambil jalan, karena berbahaya. Dan, bagi yang melanggar gak ada hukuman atau denda untuk mereka. Jadi, bisa dibilang ini bentuk dari kesadaran warga sendiri untuk selalu berhati – hati.

Dengan adanya aturan ini, pejalan kaki yang ingin menggunakan ponsel saat di jalan umum diminta untuk berhenti di area di mana mereak tidak mengganggu lalu lintas. Menariknya GanSis, meskipun gak ada hukuman atau denda bagi yang melanggar, warga sekitar menyambut baik adanya aturan ini.

FYI, kota Yamato menjadi kota pertama yang menerapkan aturan seperti ini di Jepang. Sementara di dunia, kota Ilsan, Korea Selatan udah lebih dulu menerapkan aturan ini. Nah, mengingat banyaknya pengguna ponsel di Indonesia, menurut Agan dan Sista aturan seperti ini cocok gak sih diterapkan di negeri kita ini?


profile-picture
over.power memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Indonesia harusnya menerapkan ini juga. Apalagi di Indonesia jalan sempit, jalan gak rata, padat lagi. Pake hp sambil jalan sangat beresiko.
profile-picture
Rinka17 memberi reputasi
Saya bertanya2, apa sih urgensi orang harus menggunakan smartphone saat jalan, menyetir mobil dan motor?


saya nih cenderung tidak perduli kalo ada panggilan masuk, chat saat menyetir !

karna saya sadar dari awal bukan orang jenius yang bisa melakukan 2 atau lebih pekerjaan dalam 1 waktu.

kalo urgen cuss sein kiri/kanan dan parkir (di tempat yg dirasa aman yah). Kemudian telpon atau chatting. Kelar lanjutin perjalanan...


Menggunakan smartphone saat mobilitas tinggi, katakan saat jalan/menyetir, merugikan orang pengguna dan orang lain. Kalo penggunanya aja yg rugi yah rasain sendiri, kalo merugikan orang baru rame !

ini pendapat, pengalaman dan kebiasaan saya dalam ber smartphone.

Contoh lucu :
1. Tubrukan orang di mall karna asik main smartphone.
2. Masuk ke selokan karna asik chatting

Contoh tragis
1. Tabrakan kepala bocor, tangan patah kaki amputasi, karna chatting saat berkendara.
2. Nyawa melayang
disana gak boleh main Pokemon Go
Lihat 1 balasan
wah bagus dong ada aturan kayak gitu. emoticon-Matabelo

di indo kayaknya ada tapi versi pas naik kendaraan. emoticon-Ngacir
Gimana dengan Indonesia yaa ?? Bisa engga nerapin beginiii...
emoticon-I Love Indonesia (S)
konveksi tas
Yamato.. Jadi inget film tenggelamnya kapal Induk Yamato

Klo peraturan sperti itu diterapkan di Indo.. Ane yakin banyak yang melanggar.. Palagi anak2 Abg
kotaa jogjaaa kerenn abisss gak kalah sama jepang
Apakah peraturan ini akan membuat kota Yamato menjadi surga para pelari?
Jepang mah gk perlu diragukan lagi, tertib itu merupakan budaya mereka, begitu pula kebersihan
nah! kayaknya harus diterapin di dunia ya gan, entah buat jalan atau buat berkendara walau udsh dilarang tp banyak yg masih melalukan
kalo menurut aku, bagus sih ini. jadi kalo lagi jalan gavterpaku terus sama hp.
pernah ada cerita temen aku, lagi main hp sambil jalan, eeh hpnya dijambret


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di