CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Utang kagak bayar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0451d265b24d5cdd29d173/utang-kagak-bayar

Utang kagak bayar

Barusan gw baca thread soal pinjaman online, banyak yg ngeluh ngejelekin si pinjol.

nah yg gw baca 80% itu karena kesalahan mereka sendiri, kecuali untuk yg soal bunga gede + teror sms/telp.

sisanya ampas, ngutang, tapi kagak mau bayar, mana pakai acara ngeles lagi.

malah ada beberapa yg bilang "mending ngutang temen/sodara, bisa ngeles waktu ditagih". bikin KZL bgt, secara gw merasa related sebagai si pemberi utang.

gw beberapa x ngutangin temen/sodara, tapi yang bisa balik gak sampe 60%.
gw cuma mau kasih utang kalo alesannya peting dan mendadak, selain itu gw tolak.

eh, utang belum lunas/bayar udah beli barang mahal + pansos sana sini.

kalo masih kesulitan sih gw maklumin, tapi kalo kelakuan kek tahi gini ya bikin emosi.

kalo itungan ratusan ribu mah, masih soft. kalu utang udah jutaan - puluhan mah bikin kesel.

tau gitu mendingan gw dicap pelit, karena hutang itu bakal merusak hubungan, gw pengen baik2, tapi jadi awkward, secara batin kita juga udah ga enak duluan.

gw rela hemat biar bisa nabung, eh dipinjam orang buat foya2, mana kagak dibalikin lagi.

gw mau beli ini itu, rela gw tahan. duitnya malah dimakan orang lain.

bayar utang kalian kalo dah punya duit.

udah ditolong malah nyusahin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
barif94 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh max.well
Oh ya ... Mirip gw, bahkan gw sampai lupa berapa duit yang udah gw utangin ke saudara gw.

Asli nyusahin sih, ngutangin juga bisa merusak hubungan gak ngutangin juga ngerusak hubungan ... Mundur kena maju kena tapi mending pilih yang sedikit merugikan kita.
Gw sendiri sekarang lebih individualis gw juga persetan di jauhi mereka karena pada dasarnya mereka toxic dan cenderung nyepelein.

Maka dari itu gw gak suka terlalu berpakaian yang mencolok, pamer ini itu, kalau beli makanan jujur gw sembunyi-sembunyi ... Bwahahahaha ini demi kebaikan gw sendiri sebab mikirnya pasti gini

Beli makanan luar = duit banyak
Yg ngutang lebih galak dari kita klo ditagih. Gak sampe 50% orang-orang yang aku utangin balikin duitnya. Udah kenyang begini mah...

Pernah dengar ceramah bilang, klo ngutangin anggap aja udah dikasih. Dibalikin syukur, gak dibalikin ya kita nggak sakit hati.

Rusak hubungan saudara atau pertemanan gara² hutang, bukan hal baru. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
falin182 dan mang.tap memberi reputasi
Diubah oleh Jangan.maling
nyebelin sih., tapi asal dipake sesuai tujuannya ya ane kasih, tapi kalo udah pamer2 ya dengan tegas gak pake nyindir langsung ane tagih aja., emoticon-Big Grin
Gusti mboten sare.
link

Yang lebih seru ini donk. Uda ngutang gak mau lunasin, alasannya tobat riba. Mantap.
Diubah oleh ortillo.reborn
Lihat 6 balasan
Sebisa mungkin lihat orangnya. Kalau orangnya tipe yang gampang banget berutang dan ga tanggung jawab, mau alasan apa pun, jangan dikasih.

Pernah pengalaman buruk dengan 3 orang yang utang ga bayar. Dua di antaranya jadi bohong terus-terusan, satu malah ga inget pernah punya utang. Satu di antaranya udah meninggal sekarang.

Jadi kalau orang udah berani ngutang dan banyak tingkah, itu bisa diprediksi ga bener orangnya. Kalau orang yang bener, jarang yang berani minjem uang ke orang lain, atau kalaupun sampai ngutang itu karena terpaksa, dan nyicil bayar atau buru-buru bayar begitu punya uang.
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan falin182 memberi reputasi
Diubah oleh archaengela
gue dulu kayak dept collector tiap hari datang ke kamarnya, kalo ada makanan selalu minta jatah selama utang belum dibayar
gue udah ngalamin kek gini. Temen gue minjem duit karna waktu itu katanya lg susah, dia janji bakal balikin. Karna gue kebetulan ada uang yaudah gw bantu.

eh pas gue lg butuh duit karna bayar urusan kampus, gue tagih lagi dong uang gue ke dia. Dia malah marah ke gue, gue tau sih di marahnya itu becandaan gitu. Dia bilang kalo bakal balikin pas gajian.

Setelah kejadian itu, gw chat dia ga dibales2, gw bales story dia di ig jg ga dibales2. Bukannya gimana ya setelah minjem duit gw, story di ig dia jalan2 mewah mulu, lah gw disini lagi susah malah ngemis uang gue sendiri.

Bukan masalah duitnya sih, tapi masalah janji dan komitmen dia mau balikin duit itu. Jadinya kan dia udah lepas fanggung jawab dan buat gw gapercaya lagi.

Untuk urusan duit mending kita tolak aja deh kalo ada yang minjem, karna utang piutang itu merusak pertemanan. Niat baik malah dipermainkan begini. Sekian
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Udah, kagak usah deh yang namanya minjem2in duid sama siapapun, walaupun itu temen baik atau sodara sendiri. Malah makan ati ujung2nya.

Ane sih kalo ada rejeki lebih dan Nominalnya kecil ya ane kasihin aja.
biasanya nyang punya utang begini hidupnya malah lebih mewah ketimbang orang yang ngutangin emoticon-Cape d... yang ngutangin hidup hemat eh yang dihutangin hidup foya foya beli ini itu bangun ini itu yanh suka bikin nyesek dan kapok ngutangin lagi
Hahaha, benar tuh. Yg utang biasanya hidupnya lebih mewah dari yang ngutangin. emoticon-Cape d...
Diubah oleh Jangan.maling
Ya gitu gan, klo lagi mo minjem sih sujud2 minta di kasihani
Tapi klo dah dapet gak pernah nongol,
Di cari susah ke nguber Maling..Eh emoticon-Shutup
bener banget gan hindari memberi utang ke sodara
bro gua pinjem uang jga dong buat beli Iphone edisi terbaru
Gw mah sukur sih ga pernah ada temen ngutang smpe bikin gendok.

Soalnya setiap ngasih pinjem gw selalu pikirin cara dia bayarnya, misalkan pernah temen gw mau pinjem duit puluhan juta ke gw, buat bayar utang ratusan juta dia. Tp dia kondisi rumah di gadai, duit bulanan udh dipotong bank juga, uang perbulan nyampe tangan dia cuma ratusan ribu. Mau bayar pake apa coba...

Teknik gw sih kasih duit yg besarannya kira2 bakal lo ikhlasin. Makanya pas temen gw minjem duit puluhan juta, gw tawarin dia sejutaan buat kasih belanja lauk buat seminggu lebih. Seengaknya temen gw ngerti mksd gw ga akan ikuti permainan dia, tp kalo perut keluarga lo laper gw bakal bantu....
profile-picture
vicdensus88 memberi reputasi
Siapin spare tabungan buat org nyusahin gini, jd ga ganggu2 budget kita. Tabelnya di sebelah kolom zakat, namain "buang sial" emoticon-Big Grin
Ane lg nunggu yg mw bayar utang hhe.....
emoticon-Ngacir2
liat orangnya sih gan.. sama tujuan utangnya untuk apa.. ane ngutangin org 1jt buat cashflow bisnis dia , begitu invoice dia cair langsung dilunasin ke ane. selain itu dia jg sering ngutang buat beli minum di indomaret, karna nominalnya ga sampe 10rb ya ane iklasin, walaupun seminggu kadang 3x ke indomaret.. iklasin aja gapapa hitung2 amal, lagian ane punya bisnis , supaya lancar harus banyak bersedekah, orangnya jg lagi kesusahan, rumah mobil digadai, kasihan gan
Diubah oleh wakakasyp
Lihat 1 balasan
Wkwkwk, Pria Ini Ditagih Hutangnya Usai Pamer Harta Di Medsos

https://m.kaskus.co.id/thread/5f104b210577a944eb736ca8/wkwkwk-pria-ini-ditagih-hutangnya-usai-pamer-harta-di-medsos/?ref=threadlist-10&med=top_thread
bener gan, tapi sebagai motivasi kita, harus selalu ingat 1x2 meter dimana kita sebagai oemberi hutang insyaAllah gak akan rugi sama sekali gan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di