CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sejarawan LIPI: Isu Komunisme Dibangkitkan untuk Pilpres 2024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0445624601cf66a95906ed/sejarawan-lipi-isu-komunisme-dibangkitkan-untuk-pilpres-2024

Sejarawan LIPI: Isu Komunisme Dibangkitkan untuk Pilpres 2024

Sejarawan LIPI: Isu Komunisme Dibangkitkan untuk Pilpres 2024

TEMPO.CO, Jakarta - Sejarawan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Asvi Warman Adam, menilai munculnya isu komunisme berkaitan dengan kepentingan politik menuju pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

“Fenomena belakangan ini saya kira berkaitan dengan menghadapi tahun 2024, ketika akan ada Pilpres, maka ada pihak-pihak berkepentingan menghidupkan isu komunisme ini,” kata Asvi lewat keterangan tertulis, Selasa, 7 Juli 2020.

Dia menengarai pihak yang memunculkan isu ini ingin menegakkan kembali kekuasaannya. Persis, kata dia, sama dengan cara yang dulu dilakukan Soeharto, yakni menjadikan komunisme sebagai musuh bersama. 

"Mereka dengan sengaja ingin menggoyang masyarakat dengan berkata soal kebangkitan PKI,” ujar Asvi.

Padahal, faktanya, kata Asvi, komunisme sudah punah dengan adanya TAP MPRS Nomor 25/MPRS/1966 tentang Pembubaran PKI. "Mudah-mudahan rakyat memahami dan tak termakan hantu komunisme,” ujarnya.

https://nasional.tempo.co/read/13623...4/full?view=ok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Padahal masih jauh ya 2024... mau abisin berapa puluh bendera pki coba dibakarin sendiri
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kerjaan keluarga cemara & kroni2 nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 4 lainnya memberi reputasi
Efek warga masyarakat yg suka berita konspirasi dan hoax ya gini, tungguin aja bakal jadi apa gerombolan monyet putih putih beraksi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 5 lainnya memberi reputasi
jauh2 hari udah mulai investasi fitnah...pas model pilkada dki....emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
makanan kadal nih
profile-picture
profile-picture
qavir dan extreme78 memberi reputasi
Sapa yg jadi komunis ini? PDIP? emoticon-Big Grin
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
2024 masih jauh. tapi penggiringan mulai dari sekarang. pas hari H, tinggal menuai hasil.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Kalau caranya sama seperti jaman m bah Harto... Orangnya berarti orang Mbah Harto juga?
profile-picture
profile-picture
qavir dan extreme78 memberi reputasi
masih lama
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
blangsak emang
keterlaluan dalangnya
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
ga lah....
masi jauh....buang2duid ateuh kl start nya skrg...

ayo lebi kreatif lg nangkis nya..

emoticon-Ngakak
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
emang musuhnya siapa? kalo yang nggoreng sih palingan trah mantan penguasa, tapi kalo yang naek ntar prabowo lagi gimana
emoticon-Cool
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Ude jangan pada mewek, Partai Banteng bukanya mainin issue khilafah,isis,radikalis dan Terorris juga untuk nggebuk dan mereduksi partai partai islam sehingga bisa menang pemilu

Klo akhirnya Partai Banteng terpeleset menunjukkan jati diri bahwa bukan pancasila 18 Agustus 45 yang ia bela tetapi pancasila 1 juni 1945 dan terangkum dalam RUU HIP dengan Salam pancasila, ada trisila, ekasila dan ketuhanan yang berkebudayaan ya wajar aja klo itu dianggap momentum untuk ngancurin Image Partai Banteng

So, gausah mewek lah kalo dicap PKI

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh 121131
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
udah jelas, komunisme-SARA akan menggelora mendekati 2024. semoga situasi aman terkendali dan pemerintah mau bertindak tegas melawan ormas2 atau orang2 seperti ini kareng dengan kegaduhan seperti ini ekonomi Indonesia akan makin merosot, kepercayaan publik dan luar negeri berkurang terus.
Siapapun capres nya nanti kemungkinan besar banyak yg golput apabila hal2 ini trs digaungkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
kerjaan palkonsapi


emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
reid2 dan qavir memberi reputasi
Kartu komunisme dikeluarkan jelas untuk mendegradasi PDI-P

Tinggal kartu SARA yang akan dikeluarkan sesuai dengan calon kandidat lawan politiknya

Taktik basi yang masih mumpuni
profile-picture
qavir memberi reputasi
bisa jadi,
tapi kalau untuk pemilu 2024 rasanya masih terlalu jauh
mungkin dipersiapkan untuk yang dekat dulu seperti:
1. pilkada 2020 (atau 2021)
2. pilgub 2022
Diubah oleh cacarakan
coba di cek toa nya buatan siapa emoticon-Ngakak
profile-picture
snoopze memberi reputasi
Cendana demen tuh isu begituan...

profile-picture
profile-picture
qavir dan farhan.faf memberi reputasi
Dinamika politik pasca Orba sangat dinamis terlebih di dalam kontestasi Pemilu, banyak juga yang memanfaatkan isu anti PKI isu anti komunisme. Muncul kemudian bisa diredam, kemudian muncul lagi, kemudian reda lagi.

Isu kebangkitan PKI, Komunisme setiap peringatan G-30-S/PKI juga muncul dari elit² politik, baik itu yang berlatar belakang sipil maupun itu militer. Bahkan di tahun-tahun awal reformasi, usaha-usaha itu juga mulai kelihatan.

Tujuan mereka, para elite politik, ngak lain cuman memanfaatkan isu kebangkitan PKI, Komunisme untuk mendongkrak popularitas dirinya, dan "mungkin" Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, juga termasuk, lagi² mungkin loh...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di