CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Tradisi Nikah Tangkap Di Sumba Harus Dihapuskan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f04271deaab25113928dd01/tradisi-nikah-tangkap-di-sumba-harus-dihapuskan

Tradisi Nikah Tangkap Di Sumba Harus Dihapuskan



Tradisi Nikah Tangkap Di Sumba Harus Dihapuskan

Tradisi Nikah Tangkap Di Sumba Harus Dihapuskan

Tradisi Nikah Tangkap Di Sumba Harus DihapuskanTradisi Nikah Tangkap Di Sumba Harus Dihapuskan

Budaya, adat istiadat yang sudah turun temurun dari leluhur seakan sulit untuk dihilangkan. Tapi kalau tradisi atau adat itu menyalahi norma dimasa sekarang yaitu norma-norma hak asasi manusia dan juga norma sebagai negara yang menjauhi kekerasan dan pemaksaan atas nama hukum.

Maka adat istiadat, dan juga tradisi yang sudah turun temurun itu harus di hilangkan, dihapus atau disuntik mati.

Seperti tradisi nikah tangkap yang terjadi di daerah Sumba, ketika sebuah video viral dengan aksi penangkapan wanita untuk dinikahi. Tradisi penangkapan seperti itu memang dianggap lazim di masyarakat Sumba, khususnya di daerah pedalaman. Tapi peradaban manusia berubah, hal-hal yang merendahkan hak wanita kini semakin di junjung tinggi.




Nah menurut peneliti tradisi sumba, kalau dahulu wanita yang ditangkap tadi akan dinikahkan oleh laki-laki dari keluarga kaya. Karena mahar yang harus dibayarkan kepada wanita yang ditangkap sangatlah besar. Disebut sebagai Tradisi Yappa Maradda.

Dan si wanita juga sudah didandani dengan hiasan pengantin yang lengkap, dan menunggangi kuda terbaik setelah itu baru pihak keluarga pria memberitahukan kepada keluarga perempuan telah terjadi nikah tangkap.

Tapi sekarang kok jadi lucu dan konyol ketika nikah tangkap menjadi menakutkan, seperti penculikan dijalan. Para wanita sumba enggan kekuar rumah karena takut terjadi nikah tangkap, apalagi kalau yang ditangkap bini orang bisa makin panjang urusannya, tapi Yappa terjadi hanya untuk para gadis untuk yang sudah menikah jangan takut lagipula yang dinikahkan masih antar kerabat. Tapi walau begitu tetap saja cinta tak dapat dipaksa, abad 21 ini bung.

Tradisi Nikah Tangkap Di Sumba Harus Dihapuskan

Untuk itu disini harus hadir peran negara, serta badan hukum yang berlaku karena tidak sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Kecuali Sumba bukan bagian dari Indonesia.

Perlunya penataran moral terhadap ketua adat setempat, untuk memutus mata rantai hal-hal yang seperti ini terjadi terus menerus. Praktik Nikah tangkap harus dilarang dengan hukuman yang berlaku di wilayah NKRI, kalau negara tidak hadir bagaimana masyarakat akan paham hukum.

Kalau negara membiarkan, maka akan terus terjadi hal-hal yang seperti ini. Kecuali tidak ada pemaksaan, penculikan dan wanitanya suka ditangkap sih ya sah-sah saja ya. Mungkin perawan tua dan satu-satunya rezeki menikah dengan ditangkap, itu juga harus dilihat konteksnya dengan jelas.

Tradisi Nikah Tangkap Di Sumba Harus Dihapuskan

Kalau ada tindakan pemaksaan, apalagi terhadap gadis muda masih sekolah dan rasa penolakannya besar bisa masuk jerat hukum. Dan pelakunya harus ditangkap dinikahkan dengan jeruji besi.

Sebuah kutipan untuk mengetahui mengapa Yappa terjadi,

Quote:


Apa tanggapanmu melihat fenomena ini, miris, menolak, mendukung atau abstain. Saya, c4punk see u next thread.




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Tradisi Nikah Tangkap Di Sumba Harus Dihapuskan
Tradisi Nikah Tangkap Di Sumba Harus Dihapuskan
Tradisi Nikah Tangkap Di Sumba Harus Dihapuskan

GIF

Kunjungi blog grup kompak di kaskus, klik banner dibawah ini.


Tradisi Nikah Tangkap Di Sumba Harus Dihapuskan




Tanggapan Kaskuser

Quote:


Quote:


Quote:




profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 40 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 8
Kasar banget ya, masak diangkat paksa bahkan sampai kenak jambak begitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
parah emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan c4punk1950... memberi reputasi
sepertinya emang harus diapus sihh ini tradisi krn kejam emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diki174 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Iya sampai ngeronta2 gitu

Quote:


Iya om... ganteng emoticon-Mewek

Quote:


Semoga saja bisa duduk bersama dengan tetua adat setempat.
profile-picture
kruingputih3 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ada yg begitu ya duh duh gan
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
jadi diambil terus "dibeli dari keluarganya"
gitu ?
profile-picture
profile-picture
iyusard dan kruingputih3 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
kalo keluarga gw di gituin gw rasa gw pnya semalaman buat ngasah parang, apalagi kalo anak gw di gituin, jiwa psyco gw bisa kluar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riel dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
hmm... tradisi ini uda ga cocok di zaman sekarang emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
giyanluca dan c4punk1950... memberi reputasi
Jaat.
emoticon-dor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iyusard dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Itu kenapa bisa ada tradisi seperti itu? Awal mulanya gimana?
profile-picture
profile-picture
giyanluca dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 35 balasan
adat yang aneh emoticon-Wkwkwk, dihapuskan saja gan, ganti dengan para cowok yang ditangkap
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan c4punk1950... memberi reputasi
Jadi inget sama video Vice Bridge Kidnapped dari Kyrgyzstan. Ampe tuh cewek bunuh diri karena gak suka sama tuh pasangannya emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan c4punk1950... memberi reputasi
Diubah oleh wolfzmus
Lihat 1 balasan
Wah kasihan banget ya....karena seharusnya pernikahan adalah sesuatu yang menyenangkan tetapi ini malah membuat menjadi sesuatu yang menakutkan.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Gua Abstain karena gua ndak berhak mencampuri budaya orang emoticon-shakehand
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Kalo main hapus2 aj, berapa banyak budaya yg akan hilang dr negeri kita ini, dan berganti dengan budaya negeri orang yg katanya lebih "beradab". Kan bisa dilaksanakan seremonialnya aj, masalah kimpoinya kan bisa disesuaikan dg hukum dan agama yg berlaku sekarang, banyak koq tradisi yg berhasil diimprovisasi. Bukan main hapus-hapus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imaychan0808 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


Quote:


Taruh post one ah.. 🙏🙏
profile-picture
smersh64 memberi reputasi
tradisi yang udah menyalahi norma memang harus dihapuskan ,karna ga relevan dan merugikan salah satu pihak
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Budaya itu kan yang ciptakan manusia itu sendiri. Ya biarkan aja mereka yang ngurusin budaya mereka sendiri
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Anjir serem amat, kek ketauan selingkuh wowkwokwo
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
omong kosong dengan kata-kata "budaya" "tradisi", ya kalau benar-benar merugikan, melanggar hak terutama perempuan ... ya hapus saja tuh tradisi atau minimal hilangkan bagian yg merugikan, ganti yang lebih baik.
tidak semua tradisi atau budaya peninggalan generasi pendahulu selalu positif/layak diteruskan ke generasi penerus.

jadi pemerintah harus bertindak, masyarakat sekitar juga harus buka mata ... kalau memang tradisinya disalahgunakan ya jangan diam saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fadhilpermana5 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di