CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Diminta Coret Baduy dari Destinasi Wisata Nasional
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f03dfd028c99160f32b55d4/jokowi-diminta-coret-baduy-dari-destinasi-wisata-nasional

Jokowi Diminta Coret Baduy dari Destinasi Wisata Nasional

Jokowi Diminta Coret Baduy dari Destinasi Wisata Nasional


JAKARTA, HALUAN.CO - Masyarakat adat Baduy mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo yang berisi permintaan agar Baduy dicoret sebagai salah satu destinasi wisata nasional.

Mengapa ini penting: Modernisasi negatif dan kunjungan turis ke wilayah adat yang populer menuntut etika alam dengan ketat. Tetua adat khawatir akan runtuhnya tatanan nilai adat pada generasi berikutnya di Baduy.

Konteks: Dalam surat tertanggal 6 Juli 2020 disebutkan, perkembangan modernisasi yang semakin meningkat dan beragam menjadi semakin lama bagi para tokoh adat dalam kerangka menanamkan pemahaman tentang konsistensi yang meningkatkan proses kehidupan sosial-kultural bagi generasi saat ini.

Isi surat:

• “Meningkatnya kunjungan wisatawan ke wilayah Baduy menimbulkan dampak negatif, melibatkan lolos-melawan tatanan adat yang dilakukan oleh wisatawan dan jaringannya. Diantaranya tersebarnya foto-foto wilayah adat Baduy, khusus Baduy Dalam, (Kampung Cikeusik, Cikertawarna, dan Cibeo),” ungkap surat yang ditandatangani dengan cap jempol oleh Jaro Saidi, Jaro Aja, dan Jaro Madali, dikutip dari Merdeka, Selasa (7/7/2020).

• “Baduy sudah selesai damai dan tentram. Apa yang diminta melalui pencitraan dan promosi sudah sangat berbeda dengan tantangan di lapangan,” tulis dalam surat tersebut.

Alasan minta dicoret:

• Pada tatanan adat masyarakat Baduy yang masih berlaku, tidak diizinkan untuk mengambil gambar, diterbitkan di wilayah adat Baduy, khusus wilayah Baduy Dalam, namun kini sudah mulai tersebar foto-foto wilayah tersebut.

• Akibat derasnya arus wisatawan ke wilayah Cagar Budaya Baduy, banyak sampah plastik yang mencemari lingkungan sekitar. Bagi warga Kampung Baduy Dalam, lingkungan tersebut setiap hari dipakai untuk beraktivitas seperti mandi, mencuci, dan mengambil air minum. Sampah plastik itu juga banyak ditemukan berserakan di jalur, di wilayah Baduy Luar.

• Kedatangan wisatawan berimbas pada kunjungan pedagang untuk berjualan, padahal sesuai kesepakatan, Baduy sebetulnya tidak ingin ada aktivitas berjualan.

Tanggapan presiden:

• Kecemasan akan mengubah modernisasi menjadi salah satu alasan tetua adat menolak turis untuk masuk ke Baduy.

• Salut dengan ketatnya etika hidup masyarakat adat Baduy.

“Kami sama-sama saling menerima pilihan masing-masing. Contoh aja, kalo saya suruh mengikuti cara hidup yang patuh dengan tatanan adat di sana, wah saya terus terang enggak akan sanggup,” kata Heru Nugroho, salah satu pihak yang mendapat surat amanat dari Presiden Jokowi, Senin (6/7/2020).

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariebetadine dan 39 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
jg diusik baduy, biarkan mereka menjadi kultur yg mengisolasi diri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abigorgrind dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kafiradikal
kontak asimilasi budaya cepat atau lambat pasti terjadi,kalo mau pure relokasi ke pulau Terisolir bener bener..seperti isla de cunha yang pulau terdekatnya 2900 kilo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sijablai dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
kadrun
yg doyan kafirin org, grebeg, gruduk, anti aseng, asing
isolir aja lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m0buh41 dan 44 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Hormati budaya setempat, bukan malah dengan dalih asimilasi atau wisata malah disuruh relokasi. tamu datang itu bukannya nyuruh yg punya rumah pindah tapi coba hargai aturan, hukum dan adat yang ada.

Sudah banyak suku yg direlokasi malah akhirnya hilang dan punah.

Mereka saja menyuruh keluarga sendiri yang ingin hidup modern utk pindah tidak dipaksakan hidup bersama mereka sesuai adat dan itu dilakukan.

Lagian wisatawan itu mau lihat kesederhanaan, kemandirian dan adat suku baduy, bukan nontonin tiang listrik atau suku baduy main smartphone atau suku baduy main drone.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
night.fury95 dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lupis.manis.
Lihat 1 balasan
knp hrs panjang2 menulis suratnya, sebenarnya cukup bilang:

Kami Suku Baduy menolak listrik gratis dr PLN!

singkat & padat gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rarebali dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
harus dihormati sih kalau baduy ingin isolasi.
paling penting sih harus dilindungi dari pengaruh islamisasi kadrun.
tapi harus dicek dulu, benarkah itu keinginan segenap suku, bisa aja kan ada kadal yang menyusup sengaja tutup kandang karena khawatir kelakuan mereka yang sedang giat memualovkan baduy dan memberantas wiwitan terexpos secara nasional.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kitak akan coret Baduy, lalu kitak ganti dengan wisata laut. Kitak bikin kapal pesiar dan landasan untuk hepi2 tengah laud. emoticon-Bingung pegimane ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
generasimecin dan 3 lainnya memberi reputasi
Yg jualan juga org baduy luar

Kalo baduy dalam buat ziarah

Banyak yutub yg videoin, sebagai destinasi wisata ga bagus. Ga ada nyaman2nya jalan sana

Harga madu nembak 200rb, kalo yang asli disini. Diluar palsu katanya. Padahal sama aja yang dibawa org baduy luar jualan lebih murah, ditokped saja 80rb apa 120rb

Kalo keliling ada tour guide dadakan, jalan juga ga jauh dah distop sblm jembatan. Kalo mau masuk lagi bayar 150rb. Tapi minta dp 50rb emoticon-Hammer

Pulang ada yang ikutin juga. Bilang yg minta bayaran mah bukan org sana. Bsk2 dianter kalo mau kedalem seikhlasnya gpp

Pas balik lagi tiba2 bawa temen dia nya buat anter ke baduy dalam. Tarif seikhlasnya dikasih 150rb dia komplen juga alasan ada berdua hehehe

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yp9nn dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Kita hormati dan hargai keinginan warga baduy..emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
semua ada sisi positif dan negatifnya, ibarat test pack buat wanita telat 3 bulan

Jangan dikata pemerintah menganak tirikan jikalau pendapatan lokal menurun dll

Berubah perlu jikalau tak ingin terkikis jaman
profile-picture
profile-picture
entop dan gabener.edan memberi reputasi
jangan sampai kaum yg merasa memiliki kunci surga datang dan berdakwah di sanaJokowi Diminta Coret Baduy dari Destinasi Wisata Nasional

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
lantas dibiarkan lah mereka dengan budayanya, sementara diluaran negara negara terus bertumbuh dan berkembang dengan segala macam teknologi ..
membiarkan mereka dalam pembatasan yg sudah sangat timpang dengan peradaban masa kini apa ini sesuai dengan jiwa pancasila ?

Bukannya skrg ini harusnya pendidikan dan pengenalan terhadap peradaban lebih harus dikedepankan untuk mereka ya ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Orang Baduy itu ga menghamba materialistis macem orang-orang di Kota, mereka sudah hidup dengan apa yang mereka lakukan sejak dahulu, dan mereka juga nyaman melakukan hal tersebut dan ga ada masalah.

Tau sendiri lah, di Indonesia rata-rata obyek wisata alam yang dikunjungi oleh turis, kebanyakan meninggalkan jejak sampah, mulai dari gunung, sungai, danau, pantai, bukit, dll, untungnya tempat tersebut ga ada manusia yang tinggal (karena hewan ga bisa ngomong), nah kalo di Baduy ini gimana? tiba-tiba banyak sampah karena turis datang, ya jelas sangat membuat mereka tersinggung, apalagi mereka hidup sangat berdampingan dengan alam, mulai dari cuci, mandi, dll di sungai.

Intinya sih, kesadaran aja ya, kalo memang itu pilihan orang Baduy ya mestinya dikabulkan, Pemerintah mestinya sadar dan peka lah terhadap hal seperti ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diekri dan 12 lainnya memberi reputasi
wilayah baduy kan masup kedaulatan NKRI..
emang bisa ya, mengeklusifkan diri, tanpa memberikan sumbangsih utk negara, ga ada pajak dll. pdhl dengan dibukanya keran pariwisata itu udah termasuk kontribusi. trus klo isolasi diri kudunya ngasih upeti juga dong?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yurikaede dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Ketika injil berbahasa minang itu tidak boleh karena bukan termasuk adat mereka dibilang kadrun


Segala yang berhubungan dengan adat istiadat islam sebut kadrun aja ya... Sesuai SOP

Adat istiadat yang tidak menganut islam jangan di cemari, adat istiadat yang menganut islam diusik

Jokowi Diminta Coret Baduy dari Destinasi Wisata Nasional
profile-picture
profile-picture
profile-picture
p1p1 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
baduy cewek nya cantik cantik gan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ninjes dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan

Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung

Cheers
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
jangan ganggu tanah adat
profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 2 balasan
kenapa awal mulanya dulu Baduy bisa jadi tempat wisata, atau boleh dikunjungi orang-orang ya?
profile-picture
entop memberi reputasi
kenapa langsung ke presiden ya? apa ga ada respon dari pemerintah daerahnya?
profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di