CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kementan: Jika Gagal Obati Corona, Anggap Minyak Kayu Putih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0301e57414f54b95242080/kementan-jika-gagal-obati-corona-anggap-minyak-kayu-putih

Kementan: Jika Gagal Obati Corona, Anggap Minyak Kayu Putih

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan masyarakat bisa menganggap membeli produk-produk berbasis kayu putih (eucalyptus) yang dikembangkan Kementan di tengah pandemi virus corona Covid-19, sama seperti sedang membeli produk minyak kayu putih pada umumnya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Fadjry Djufry mengatakan apabila tak berkhasiat untuk menangkal Covid-19, khasiat yang ditawarkan produk eucalyptus Kementan sama dengan produk minyak kayu putih.

Khasiat tersebut diantaranya untuk gangguan saluran pernafasan karena punya kemampuan sebagai pelega saluran pernafasan, pengencer dahak, pereda nyeri, pencegah mual, anti inflamasi dan efek menenangkan.

"Kalau pun tidak punya khasiat untuk membunuh virus corona (SARS-CoV-2), anggap saja ini kita menggunakan minyak kayu putih," ujar Fadjry saat konferensi virtual, Senin (6/7).

Di sisi lain, Fadjry menjelaskan banyaknya publikasi serta fakta empiris terkait minyak eucalyptus sudah digunakan secara turun temurun sebagai pengobatan alternatif untuk flu dan gangguan pernafasan.

Hal ini membuat Balitbangtan juga ingin ikut serta dalam penemuan obat Covid-19 yang telah menjadi pandemi di seluruh dunia.

Lebih lanjut, Fadjry menyatakan tidak ada klaim anti virus Covid-19 di berbagai produk eucalyptus, termasuk kalung anti virus, roll on, hingga inhaler.

Fadjry mengatakan uji klinis membutuhkan waktu yang cukup lama. Sementara saat ini, Fadjry mengatakan pihaknya baru menguji eucalyptus selama 2 hingga 3 bulan.

"Kenapa uji klinis, harus waktu lama, kami yang baru menguji 2-3 bulan ini tidak mungkin. Uji klinis setidaknya butuh 1,5 tahun," tutur Fadjry.

Fadjry mengatakan seluruh produk eucalyptus yang dibuat oleh Kementan berstatus sebagai jamu, bukan sebagai anti virus Covid-19 di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Mayoritas beberapa produk berbasis minyak eucalyptus yang masuk tanaman atsiri tersebut diakui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada kategori jamu dan belum sampai produk fitofarmaka.

Perlu dilakukan upaya riset dan inovasi untuk mendapatkan produk Obat Hebal Terstandar (OHT) dan Fitofarmaka. Fitomarfaka adalah obat dari bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik.

Saat ini pengembangan penelitian prototipe produk berbasis eucalyptus terus berjalan. Izin edar produk ini dilakukan pada kategori jamu agar dapat diproduksi massal dan masyarakat mudah mendapatkannya.

Fadjry mengatakan inhaler dan roll on akan siap digunakan pada akhir Juli, sedangkan kalung pada Agustus.

"Untuk inhaler dan roll on, produk akan siap akhir bulan Juli, sementara kalung pada bulan Agustus," tutur Fadjry.

Fadjry menjelaskan produk telah diuji coba kepada 16 pasien positif Covid-19. Namun, Kementan hanya mencatat testimoni, bukan tidak melakukan pengujian terhadap kondisi kesehatan.

Respons positif yang didapatkan di antaranya pengguna merasakan khasiat yang dapat melegakan saluran pernapasan, merasa lebih segar dan merasakan ketenangan.

Manfaat umum yang dirasakan pengguna dapat meringankan gejala seperti sesak napas dan hidung tersumbat, mencegah infeksi dan menjaga kesehatan.

Pengguna merasa produk tersebut dapat mencegah infeksi, menjaga kesehatan meningkatkan sugesti dan kepercayaan diri untuk sembuh. Khasiat spesifik setelah menggunakan produk diantaranya melegakan pernapasan, menghilangkan pusing, mual dan nyeri lainnya, perasaan lebih nyaman dan tenang.

Kalung Kayu Putih

Kementan baru saja meluncurkan produk kalung berbasis kayu putih merupakan produk aksesori aroma terapi. Produk di desain serupa seperti name tag yang dikenakan sebagai kalung sehingga mudah dibawa ke mana saja tanpa khawatir tertinggal atau tercecer.

Produk kalung aromaterapi Balitbangtan diformulasikan berbasis minyak Eucalyptus sp. dan didesain dengan teknologi nano dalam bentuk serbuk dan dikemas dalam kantong berpori.

Dengan teknologi nano, ukuran partikel bahan aktif menjadi sangat kecil dan luas permukaannya menjadi sangat besar. Dengan demikian, luas bidang kontaknya menjadi sangat besar dan dapat menekan penggunaan bahan aktif.

Produk ini mengeluarkan aroma secara lepas lambat (slow release) sehingga berfungsi sebagai aroma terapi selama jangka waktu tertentu.

(jnp/DAL)

Sumur:
https://m.cnnindonesia.com/teknologi...yak-kayu-putih


super sekali penjabat negara kita
emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 40 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Resuffle sudah
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
erofoma dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
KERJA DULU, MIKIR BELAKANGAN...Slogan Rezim Cebong emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ezdeguns dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Lihat 2 balasan
ntap mentri pilihan sang tjahaya asia
sangat inovatip and inspiratip
coba di buat buku nya

pasti best selleremoticon-2 Jempol


bntr lgi rang indon bakal ke planet jupiter keknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diki174 dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
itu duit hasil hutang ke world bank yg lu hamburin2 buat bikin minyak kayu putih njinggg emoticon-Blue Guy Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rayyan1988 dan 16 lainnya memberi reputasi
Bisa aj ngelesnya jikalau kalung kgk mujarab. emoticon-Ngakak (S)
Mending minyak kayu putih caplang diiket dileher emoticon-Amazed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ingat lis luks g Akan pernah bisa Makan daging emoticon-army

emoticon-Ngakak (S) @androidiot
profile-picture
profile-picture
entop dan decodeca memberi reputasi
Hasil penelitian dari pihak Kementan se'enggaknya harus dihargai.

Kementan: Jika Gagal Obati Corona, Anggap Minyak Kayu Putih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diki174 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 34 balasan
ironis, klo mau buat jamu/ balsem ga usah pake embel2 anti virus lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panduwinandito dan 7 lainnya memberi reputasi
kalo proyek buang buang duit gini bisa dihukum ga si? sampah bgt buang buang duit pajak rakyat aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 7 lainnya memberi reputasi
setelah baca berita ini, kalau masih ada jokowi diehard.. benar benar luar biasa emoticon-Tai emoticon-Tai

emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 12 lainnya memberi reputasi
enteng kali bicaranya

besok aku mau jual tisu anti corona, cukup dilap ke wajah, coronanya hilang. Kalau masih kena corona, anggap saja tisuemoticon-Traveller

sekelas gini kok jadi pejabat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kementan: Jika Gagal Obati Corona, Anggap Minyak Kayu Putih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
kesalahan yg sama lagi dilakukan. lempar statement yg belum matang, akhrinya revisi kembali

suka bener para menteri gini. nganggep ini negara mainan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snailconnection dan 9 lainnya memberi reputasi
Kementan: Jika Gagal Obati Corona, Anggap Minyak Kayu Putih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Heh anjal miskins, seumur hidup luks hanya bisa memimpikan yakiniku dan shabu2 emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
entop memberi reputasi
Kan pernyataan konthol sekali....
Ngapain bikin kalung kalo endingnya suruh samain kek minyak kayu putih klo g efektif bunih virus
Buang2 duit anjeng, mending riset vaksin cok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
Beli obat mahal yg diiklankan bisa gini gitu. Eh, ternyata nggak manjur, "anggap aja sedekah" emoticon-Leh Uga

Bisa dilaporin YLKI & pidana nggak nih, mengiklankan dengan informasi sesat emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fadhilpermana5 dan 4 lainnya memberi reputasi
Wajar pernyataan ini keluar, karena produk ini sendiri diragukan kemampuannya, berarti kementan sendiri tdak yakin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
sesuai intruksi prankciden
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Waduh, mending sekalian beli minyak kayu putih daripada merasa kena tipu emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di