CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengamat Sebut Isu Komunisme Tak Lagi Menarik Buat Masyarakat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f02bf9528c99135ed39750a/pengamat-sebut-isu-komunisme-tak-lagi-menarik-buat-masyarakat

Pengamat Sebut Isu Komunisme Tak Lagi Menarik Buat Masyarakat

Pengamat Sebut Isu Komunisme Tak Lagi Menarik Buat Masyarakat

Jakarta, CNN Indonesia -- 
Sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam seperti FPI, PA 212, hingga Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) mengikuti aksi bertajuk 'Apel Siaga Ganyang Komunis Jabodetabek' pada Minggu (5/7) kemarin. Aksi ini buntut pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang menuai polemik di DPR.

Beberapa waktu sebelumnya, sejumlah ormas tersebut juga menggelar unjuk rasa di depan gedung DPR untuk menolak pembahasan RUU HIP dan berujung pada pembakaran bendera PDIP.

Pengamat politik UGM Arie Sudjito menilai, isu soal komunisme yang diangkat dianggap tak lagi menarik bagi masyarakat. Selain komunisme sudah tak berkembang di Indonesia, fokus persoalan masyarakat saat ini lebih ke upaya mengatasi krisis di tengah pandemi covid-19.

"Kalau mau dikomodifikasi tidak akan memiliki daya tarik mengangkat kembali isu-isu itu, karena kecemasan kita bukan soal itu tapi soal kebangkrutan yang sekarang dialami masyarakat. Ya PHK, kemiskinan, krisis ekonomi," ujar Arie saat dihubungi, Senin (6/7).

Arie tak menampik ada pihak-pihak yang berupaya mengangkat kembali isu soal komunisme demi kepentingan politik. Terlebih saat ini tengah bergulir polemik pembahasan RUU HIP dan wacana pembubaran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Sejak dulu isu-isu seperti ini selalu dilontarkan. Nah sekarang kan lagi ada debat, wacana RUU HIP dan BPIP. Ini jadi celah," katanya.

Namun Arie menegaskan bahwa isu tersebut saat ini sudah tak relevan. Ia meminta masyarakat lebih hati-hati agar tak terjebak pada isu-isu lama semacam itu.

"Tidak boleh justru menciptakan isu-isu lama. Orang sekarang lebih banyak bicara soal ekonomi, bagaimana tetap survive, itu yang harus dipikirkan," tutur Arie.

Dalam aksi tersebut, sejumlah ormas sempat menyampaikan ikrar dalam sikapnya menolak komunisme. Ikrar itu di antaranya menyatakan kesiapan menjaga para ulama dari serangan kaum komunis dan menyiapkan diri menghadapi gerombolan trisila dan ekasila yang akan mengganti Pancasila.

Pembahasan soal trisila dan ekasila ini sempat disinggung dalam RUU HIP. Dalam Pasal 7 draf RUU HIP menyebut ciri pokok Pancasila berupa trisila yaitu sosio-nasionalisme, sosio-demorkasi, dan KeTuhanan yang berkebudayaan.

Di sisi lain, pemerintah diketahui telah menolak pembahasan RUU HIP. Salah satu alasannya karena terdapat poin Pancasila yang diperas menjadi trisila dan ekasila.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...uat-masyarakat

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 25 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Semua juga udah tau isu PKI itu buatan gerombolan kadrun bin dongok

Ditanya PKI dimana? Cuma bisa planga plongo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamarnr dan 32 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Isu agama bakal terus laku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
geng sorban sekarang gilanya sepanjang tahun, main hantu pki mulu.
padahal dulu september doang.
mungkin gak rela kalo kegilaan mereka makin ngga laku. emoticon-Ngakak
push terus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Isu kadal gurun yg lagi panas...

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Sekarang jamannya kapitalis gan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
fokus ke RUU HIP nya saja
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan serapionleo memberi reputasi
Menarik cuma untuk kalangan kadrun dan neo orbaemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan 9 lainnya memberi reputasi
kalau mau laku sih gampang itu si fpi dan 212 tinggal bikin acara bagi2 rejeki dan duit.....eh tapi masalahnya mereka ga punya rezeki sama duit banyak yah..jadinya yah pki deh emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tetep menarik...

tapi kl sampe demo2 kyknya tar aja de...biar kaum itu aj duluan..

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan serapionleo memberi reputasi
gak mungkin negara kapitalis kyk amerika aja ada organisasi antifa dan blm yg beridiologi komunis apalagi indonesia, di indonesia ada 3 sebenarnya kategori komunis, yaitu komunis yg bilang anti komunis tapi sebenarnya secara tidak sadar menginginkan ideologi yg mirip komunis Aka syariah yaitu para bahlul fpi dan ormas agama anarkis lainya, satu lagi komunis murni datang dari anak muda biasanya dari mahasiswa ini juga gak terang terang2ngan tapi sebenarnya kena utopia komunisme, yg ketiga agak mirip antifa yaitu organisasi2 kyk anarko dan ormas2 non agama, di indo komunis gak terang terangan tapi bisa aja meledak kyk di amrik...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
menarik sekali bagi kadruners
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan serapionleo memberi reputasi
Lagian isu taunan dipake tiap bulan...ya basi lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
MEMANG LUCU! MANA MAU MASYARAKAT YANG HEDONIS HIDUP NYAMAN DENGAN KAPITALISME HARUS MAU DISAMARATAKAN SEMUA DENGAN KOMUNISME.
emoticon-Wakaka
KOMUNISME TIDAK LAKU DI MASYARAKAT MODERN KECUALI MASYARAKAT KOLOT DAN GOLONGAN KOLOT YANG INGIN SEMUANYA SAMA DAN SERAGAM!
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 17 lainnya memberi reputasi
kan ada harus ada alasan supaya para pendemo eksis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
ya gak laku lah , cuma akal2an doang buat ngumpulin masa , itu pun yang ikutan massa yang bayaran dan ga peduli isu apa yang di angkat yang penting dapet duit. diluar itu kaya nya ga ada yang percaya narasi2 PKI.

di suruh tunjukin dimana atau siapa PKI nya juga pasti jawab nya nganu2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nabsungtod palu sama arit itu buat kerja bukan buat demo emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
masyarakat indonesia sekarang mulai mengerti apa yang di maksud dengan..

"jangan mau di tipu pake..."
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
halah dari 100% orang Indonesia juga paling 1 atau 2 % yg masih percaya, 2020 masih ngurusin PKI hadeh, mending main game online
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di