CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Dibilang Mirip Cireng, Yuk Kita Ulik Geblek, Makanan Khas Purworejo Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f028bd1a72768401917ad19/dibilang-mirip-cireng-yuk-kita-ulik-geblek-makanan-khas-purworejo-ini

Dibilang Mirip Cireng, Yuk Kita Ulik Geblek, Makanan Khas Purworejo Ini

Assalamu'alaikum, Gan en Sis πŸ€—. Ketemu lagi dengan ane di Forum The Lounge. Kali ini, ane akan membahas salah satu kudapan khas Purworejo, kampung halaman orang tua ane.

Dibilang Mirip Cireng, Yuk Kita Ulik Geblek, Makanan Khas Purworejo Ini
Sumber gambar : diahdidi.com

Namanya geblek. Iya, bener, geblek. Pengucapan e yang pertama dan kedua sama seperti kalau kita mengucap kata melek dan jelek. Kudapan khas ini terbuat dari singkong (tepung tapioka) dan bawang kemudian digoreng. Setelah matang, paling enak dimakan saat panas dicocol dengan bumbu kacang atau bumbu pecel.

Umumnya, bentuk geblek menyerupai angka delapan. Namun belakangan, ane menemukan yang bentuknya bulat seperti cincin.

Jajanan khas ini merupakan warisan turun temurun warga Purworejo. Kabarnya, camilan ini sudah diekspor ke luar negeri seperti Malaysia, Jepang, dan beberapa negara di timur tengah.

Berikut bahan dan cara membuat geblek Purworejo.

Bahan :

1/4 kelapa atau 2 ons kelapa

1/2 sendok makan ketumbar.

Penyedap rasa secukupnya sesuai selera

5-8 siung bawang putih

Garam secukupnya sesuai selera

0,5 kilo gram tepung kanji

Air secukupnya untuk adonan diatas

2 liter Air digunakan untuk merebus adonan

Minyak goreng

Cara Membuat :

Giling atau tumbuk semua bumbu yang sudah dipersiapkan tadi (bawang putih, ketumbar, garam, penyedap rasa)

Kemudian Rebus 2 liter air sampai mendidih.

Aduk atau campurkan antara tepung kanji dan parutan air kelapa.

Tambahkan air yang sudah matangΒ  sedikit jangan sampai terlalu lembek .

Masukkan bumbu yang sudah ditumbuk tadi kedalam adonan tepung kanji dan parutan air kelapa.

Bagi adonan tersebut menjadi tiga bagian agar lebih mudah saat dimasukkan ke dalam air mendidih.

Bentuklah salah satu adonan yang sudah dibagi menjadi tiga tadi menjadi bulat. lalu masukkan adonan ke dalam air mendidih selagi masih direbus tadi.

Rebuslah adonan tadi selama 3 menit lalu angkat.

Letakkan adonan pada nampan atau tampah yang sudah direbus, tunggu sampai adonan mendingin

Setelah dingin, potong-potong mengunakan pisau hingga terurai semua dan setelah terpotong-potong tunggu sebentar hingga panas sedikit berkurang.

Kemudian uleni atau plintir adonan yang sudah terpotong tadi hingga bagian yang masak dan bagian tengah menjadi tercampurr rata.

Kemudian bentuk adonan menjadi seperti lontong dengan selinder memanjang berdiameter 10 cm.

Potong adonan menjadi kecil-kecil dengan panjang sekitar 2-3 cm.

Pelintir atau uleni lagi (buat selinder kecil) bagian kecil hingga seukuran ibu jari.

Lalu bentuk menjadi angka 8.

(Sumber puncatraining.id)

Cara menggoreng camilan ini gampang-gampang susah, loh, GanSis. Bagi yang belum paham benar, disarankan untuk berhati-hati karena jika tidak, kalian bisa terkena cipratan minyak panasnya.

Cara menggorengnya adalah sebagai berikut; masukkan geblek mentah ke dalam minyak yang belum terlalu panas. Usahakan agar minyaknya tidak terlalu berlebihan. Maksudnya, sesuaikan banyaknya geblek dengan minyaknya. Agar lebih aman, ada tutuplah wajan di saat menggoreng. Apinya pun jangan terlalu besar supaya tidak gosong. Tidak lupa harus rajin dibolak-balik agar matangnya merata, ya, Sis.

Dibilang Mirip Cireng, Yuk Kita Ulik Geblek, Makanan Khas Purworejo Ini
Sumber gambar : bawel07.blogspot.com

Banyak yang bilang, teksturnya mirip dengan cireng. Kalau menurutku, ada sedikit perbedaan. Permukaan cireng cenderung lembek, sedangkan geblek penampakannya terlihat keras, tetapi sebenarnya tidak. Pas digigit, terasa empuk dan kenyal asalkan dimakan saat masih panas atau hangat.

Dikarenakan rasanya yang memang enak, keluarga baru ane yang ada di Solo sekarang ketagihan akan camilan ini. Tak heran bila ane mudik ke Purworejo, mereka akan minta dibelikan geblek berbesek-besek (karena kemasannya memang menggunakan besek).

Jika kalian kebetulan berkunjung ke daerah ini, geblek juga banyak dijumpai di lapak-lapak pinggir jalan atau kios. Mereka tidak hanya menjual yang mentah, tetapi juga yang matang dan langsung dimakan.

Oke, Gaes, sekian dulu ulasan tentang geblek dari saya. Semoga thread ane ini bermanfaat bagi kalian.

Akhir kata, thanks for reading. Jangan lupa berikan cendol dan komentarnya, ya.

Belajar Bersama Bisa dan terima kasih 😊

Wassalamu'alaikum ...

Dibilang Mirip Cireng, Yuk Kita Ulik Geblek, Makanan Khas Purworejo Ini

Sumber: opini pribadi
Referensi: Purworejo.co
nyaribisnis.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suciasdhan dan 25 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
bedanya ini pakai kelapa ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
namanyaa geblek?? bacanyaa geblek?? Atau geblek???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh blackvelvet23
Lihat 7 balasan
gaes, mampir ke sini, yuuk πŸ˜‰

bahas makanan biar ga ngantuk 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
kalo disono biasanya jualnya ada yang bareng sama gorengan atau pecel. kadang kalo ada event hajatan atau wayangan ada yang jual mandiri juga. pas lagi jamannya heboh keraton agung sejagat ada tukang geblek juga mangkal bareng sama warung2 dadakan. geblek yang bagus itu gak keras walaupun sudah dingin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Galfok sama namanya β€œGeblek” ane kira lagi ngomelin saha πŸ˜‚

Btw bentuknya mirip kelanting yah, huruf 8 gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mohon maaf, ane balesnya agak siangan atau malam, ya, Gaes 😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
lubangnya ada 2,beda sama donat lubangnya cuma 1
ane komeng apaan yak emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hampir sama kek gembus ya? biasanya kalau ada wayangan pasti ada yg jualan.

kalau geblek pake kelapa πŸ‘πŸ‘
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Beda nya apa sama klanting ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jd inget,
ad pngalaman am mkanan in, dulu d kmpung mbah ane d daerah kutoarjo (msih se'kab. purworejo),,,
wktu it pas bln puasa, ane am sodara2/keluarg bsar lg kmpulan d kutoarjo,,,,
singkat crita, sore2 kita keliling alun2 kota kutoarjo nyari takjil,,,,
eh nemuin angkringan yg dagang gorengan, teh poci, kopi, dll,,,,
ane+sodara2 kira it cireng kbetulan kita doyan cireng (wah unik nih ad cireng jawa cobain dh),,, akhirny beli banyak dh
pas buka puasa, kita coba in dh tu cireng jawa,,,
entah knapa, wih tu mkanan rsanya aseeemm bgt, blom prnah kte mkan mknan se asemm it,,,,,
tau dri singkong ap terigunya
ampe cm kuat se gigitan doang sisanya ga ad yg kuat mkan,,,,
ampe skrang sepakat lah kita namain tu namany kue ketek,,,,
emoticon-Ngakak
nb:
pas nanya mbah ane, d sono namany it binggel
ad lg tahu brontak,
pas d liat trnyata tahu isi cma isianya ampe tumpeh2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bukanya kek gini cemilan keras ya gan.emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ini bukannya lanting ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Bukan klanting kan, em
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
ini mah makanan sering yg dipake buat hajatan yg rasanya manis...ane malah baru tahu ada yg makannya dicelupin segalaemoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
purworejo punya selera
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kirain itu khas sebelah nya purworejo, khas Wates kulon progo DIY.. .. emoticon-Traveller

Itu sebenernya cimol klo di kota, hanya nama dan bentuk aja yg beda.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh littlevan
Lihat 1 balasan
geblek di Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. pun ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane sering makan tapi baru tau kalo namanya geblek, soalnya ane selama ini tau kalo namanya klanting hehehe emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wah enak ya... ini di Magelang mirip lanting kalau keras, kalau lembek mirip geblek πŸ˜‹
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane suka nih geblek, kirain hanya ada di kulonprogo ajah. ternyata juga khas purworejo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di