CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Media Telekomunikasi Yang Hilang Ditelan Zaman, No. 2 Jadi Yang Paling Tua
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f01c94168cc95651f3e5f21/5-media-telekomunikasi-yang-hilang-ditelan-zaman-no-2-jadi-yang-paling-tua

5 Media Telekomunikasi Yang Hilang Ditelan Zaman, No. 2 Jadi Yang Paling Tua

Di zaman digital sekarang ini, telekomunikasi atau komunikasi jarak jauh memang mudah untuk dilakukan. Mulai berkirim pesan teks hingga panggilan video sekarang begitu mudah untuk dilakukan seiring semakin pesatnya teknologi. Perkembangan telekomunikasi tidak langsung canggih seperti sekarang karena setiap penemuan selalu ada perkembangannya. Teknologi telekomunikasi zaman dulu yang hingga sekarang masih digunakan adalah radio dan televisi yang masih terus eksis. Akan tetapi ada juga beberapa alat telekomunikasi yang sudah hilang ditelan zaman dan digantikan oleh yang lebih canggih. Nah, berikut ini adalah media telekomunikasi yang punah digerus oleh perkembangan teknologi.

1. Telegram (Surat Kawat)5 Media Telekomunikasi Yang Hilang Ditelan Zaman, No. 2 Jadi Yang Paling Tua
Ini bukan Telegram aplikasi pesan instan yang jadi saingan Whatsapp melainkan Telegram yang muncul pada abad ke 19 dan populer di awal abad ke 20. Telegraf merupakan perangkat yang memungkinkan transmisi informasi berupa kode morse yang dialirkan ke sebuah kawat dari pengirim ke penerima. Sehingga media komunikasi ini bisa mengirim pesan lebih cepat daripada harus mengirim surat biasa. Telegram berkembang hingga muncul telegram listrik dan sempat populer dan digunakan di berbagai negara di dunia. Namun telegram mulai ditinggalkan ketika Faksimil muncul.

2. Merpati Pos5 Media Telekomunikasi Yang Hilang Ditelan Zaman, No. 2 Jadi Yang Paling Tua
Merupakan salah satu alat telekomunikasi tertua yang pernah digunakan oleh umat manusia. Manusia zaman dahulu mengirimkan pesan jarak jauh lewat merpati pos yang sudah telatih. Merpati pos punya kemampuan navigasi, dan memiliki naluri alamiah yang dapat kembali ke sarang meskipun sudah pergi dengan jarak yang jauh dan waktu yang lama, sehingga surat yang disampaikan pasti sampai di tujuan atau sangat kecil kemungkinan surat tersebut nyasar. Di zaman sekarang jelas sangat jarang orang berkirim pesan lewat merpati. Bahkan nyaris tidak ada.

3. Faxsimile5 Media Telekomunikasi Yang Hilang Ditelan Zaman, No. 2 Jadi Yang Paling Tua
Mesin Faxsimile dulu cukup populer terutama di era 90an dan hampir selalu ada di kantor-kantor perusahaan. Alat ini berfungsi untuk mengirim salinan dokumen. Pengirim akan memasukan dokumen di feeder dan memasukan nomor fax tujuan. Ketika sudah terkoneksi maka mesin fax penerima akan mencetak salinan dokumen tersebut di kertas yang sudah disediakan. Alat ini termasuk canggih di zamannya dan tidak semua orang punya. Tapi dengan adanya email yang muncul beberapa tahun kemudian, faksimile menjadi ditinggalkan.

4. Pager5 Media Telekomunikasi Yang Hilang Ditelan Zaman, No. 2 Jadi Yang Paling Tua
Kalau yang satu ini pernah dibahas di salah satu thread ane yang membahas tentang sejarah pager. Gadget ini berfungsi untuk menerima pesan teks yang dikirim oleh pengirim di mana si pengirim harus menelepon operator pagernterlebih dahulu untuk menyampaikan pesan. Kelangsungan pager terbilang singkat karena digantikan oleh SMS yang lebih canggih dan lebih praktis.

5. Bis Surat5 Media Telekomunikasi Yang Hilang Ditelan Zaman, No. 2 Jadi Yang Paling Tua
Di Indonesia sebelum era ponsel dan smartphone dan ketika telepon rumah masih mahal banyak orang berkomunikasi jarak jauh dengan surat menyurat dan dulu mengoleksi perangko juga menjadi hobi yang cukup populer. Pada saat itu, mengirimkan surat juga tak selalu harus ke kantor pos langsung melainkan bisa memasukannya ke bis surat atau biasa disebut kotak pos. Pengirim harus menyertakan perangko yang cukup pada surat tersebut. Nantinya petugas pos akan mengumpulkan surat-surat yang masuk dan dikirimkan ke alamat masing-masing. Saat ini bis surat cukup sulit untuk ditemukan. Orang-orang ke kantor pos kebanyakan untuk mengirim paket barang, bukan untuk surat menyurat.

Nah, itu dia gan pembahasan dari ane. Bagi agan yang dulu pernah merasakan menerima surat dari pak pos entah itu pengirimnya dari kerabat jauh, keluarga, sahabat pena, dll. Boleh share nostalgianya di sini ya. emoticon-Ngakak

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 32 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
telegraf dan telex dah punah emoticon-Berduka (S)
telepon umum dan wartel juga...
profile-picture
profile-picture
emineminna dan fias17 memberi reputasi
telepati ga ada boss.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalau saya masih pake telegram hampir tiap hari emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
selain merpati...semua diatas udah ane pakai...termasuk wesel... nunggu kiriman dari rumah
emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
fias17 dan krisnafebriyant memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ane br tau kl jaman dl itu ada yg namanya telegram jg emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LonteCovid19 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Bentar lagi bisa aja hape juga punah nih. Nemu media lain yg lebih canggih. Manusianya juga harus lebih adaptif biar gak ketinggalan
profile-picture
fias17 memberi reputasi
kurang satu dan menjadi yang paling tua, telepati dan ilmu kudu ajian Semar Mendem. Ngirim nya pakai JIN
profile-picture
fias17 memberi reputasi
Quote:


Jaman babeh gw kuliah, blum ada wesel jd Kakek gw ngirim duit itu pake amplop dimasukkin karung beras emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jurumudi75 dan makanjajanjalan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
cellato memberi reputasi
emoticon-Sundul
pdkt sama cewek gimana itu dulu ?
apa lagi yang LDR, sesak kali
profile-picture
aurora.. memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Sudah berlalu dan memang itulah sebuah hal yang sudah jaman dulu. Sekarang ini sudah hampir terjadi perubahan besar dalam tata kehidupan di muka bumi, jadi bersiaplah.
Wartel gak ada nih, (males scroll)
bis surat apakah sudah punah? pager iya punah dulu tante gw zaman gadis kerja jadi operator pager terkemuka gile gajinya bisa jalan2 singapore dulu lembur mulu dia abis itu untung berenti ceritanya jadi abis berenti hape mulai bermunculan (noki 3310)
bia surat,faximil,teplon umum pernah pakai 😊😊
anjay telegram kek jaman baba gua bayi ini mah

Dulu jaman gua sd, ga dikit temen gua yg telpon rumahnya nyambung ama mesin fax gitu. Keren euy. Gua mah telpon rumah dah reges gegara kebanting mulu wkwkwk

Btw kalo yg pake kotak surat itu, gua masih make pas jaman kuliah tahun 2014, tapi make yg di kantor pos, soalnya takut ga dikirimin kalo yg jauh. Biasanya gua kirim2an kartu pos sama temen2 lokal/internasional.

Quote:


Kangen euy pengen kirim2an, apalagi setelah liat post yg kata orang2 tua di pantu jompo nyari pen pals emoticon-Frown

Ini beritanya emoticon-Frown
Para lansia cari pen pals
profile-picture
profile-picture
thomasshelby dan steven.thereds memberi reputasi
Diubah oleh makanjajanjalan
merpati pos emoticon-Big Grin wah kalau jaman-jaman perang mungkin bisa jadi alternatif emoticon-Matabelo
dulu ane malah pake asap gan
wuuu uwuuu uwuuuu
tergerus oleh perkembangan teknologi.. sayang sih ane blm sempet ngalamin pake media seperti itu.. waktu bocah udah ada hp dimana mana
Di kantor ane masih kepake tuh fax buat konfirmasi emoticon-Wakaka
Diubah oleh iamrocker
ga ada yg kejamanan semua,, hohoho
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di