CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Penjelasan Kementan soal Kalung 'Antivirus' Corona yang Kini Disorot
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f017586c8393a4db95db0d2/penjelasan-kementan-soal-kalung-antivirus-corona-yang-kini-disorot

Penjelasan Kementan soal Kalung 'Antivirus' Corona yang Kini Disorot

Penjelasan Kementan soal Kalung 'Antivirus' Corona yang Kini Disorot

Kementerian Pertanian (Kementan) buka suara soal kalung 'antivirus' Corona. 'Antivirus' tersebut saat ini menjadi sorotan dan tak jarang menuai kritik.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Fadjry Djufry menegaskan produk antivirus Corona berbasis tanaman atsiri (eucalyptus) akan diproduksi masal melalui pihak swasta. Menurutnya, Kementan hanya melakukan penelitian serta uji laboratorium saja.
"Kita sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan swasta dan mereka sepakat untuk memproduksi produk tersebut secara masal," ujar Fadjry dalam keterangan tertulis Kementan, Minggu (5/7/2020).

Penjelasan Kementan soal Kalung 'Antivirus' Corona yang Kini Disorot

Dalam proses produksinya, Balitbangtan telah menggandeng PT Eagle Indo Pharma untuk membantu memasarkannya ke masyarakat. Tak hanya dalam negeri saja, Balitbangtan tengah melakukan pendekatan kerjasama dengan mitra asing seperti perusahaan pharmaceuticals dari Jepang Kobayashi dan Aptar Pharma dari Rusia.

Kedua perusahaan tersebut sudah memiliki cakupan pemasaran di berbagai negara mulai dari Asia Tenggara, China, Jepang, Amerika Serikat, Rusia hingga Eropa.
"Saya harap kerja sama yang kami coba lakukan ini bisa mempercepat produksi massal produk antivirus itu demi memenuhi permintaan masyarakat luas. Sehingga paling tidak kita bisa berkontribusi juga terhadap penekanan penyebaran COVID-19," paparnya.

Produk antivirus tersebut tersedia dalam berbagai bentuk seperti inhaler, roll on, salep, balsem, dan diffuser.
Sementara itu, Kepala Balai Besar penelitian Veteriner, Indi Dharmayanti menjelaskan bahwa produk ini efektif digunakan setiap hari. Sebab hanya dengan 5-15 menit diinhalasi akan efektif bekerja sampai ke alveolus. Artinya dengan konsentrasi 1 persen saja sudah cukup membunuh virus 80-100 persen.

"Produk ini dapat melegakan saluran pernapasan, kemudian menghilangkan lendir, pengusir serangga, disinfektan luka, penghilang nyeri, mengurangi mual, dan mencegah penyakit mulut," kata Indi.



Indi menjelaskan, bahan aktif utamanya terdapat pada cineol-1,8 yang memiliki manfaat sebagai antimikroba dan antivirus melalui mekanisme M pro. M pro adalah main protease (3CLPro) dari virus corona yang menjadi target potensial dalam penghambatan replikasi virus corona. Penelitian menunjukkan Eucalyptol ini berpotensi mengikat protein Mpro sehingga menghambat replikasi virus.
"Manfaat tersebut dapat terjadi karena 1,8 cineol dari eucalyptus disebut eucalyptol dapat berinteraksi dengan transient receptor potential ion chanel yang terletak di saluran pernapasan," katanya.

Sebagai informasi, salah satu yang mengkritik antivirus ini ialah Komisi IV DPR. Komisi IV meminta Kementan untuk fokus bagaimana produksi pertanian tetap melimpah saat pandemi.
"Dari Komisi IV sendiri meminta Kementan tetap fokus bagaimana produksi pertanian. Kalau pun itu dari litbang hubungannya dengan eucalyptus saya kira nggak ada masalah, tapi sebaiknya di internal dulu gitu loh. Kalau mau diproduksi besar-besaran kan itu tentu menimbulkan pertanyaan dari semua pihak, dari semua sisi bisa dipertanyakan itu," kata anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS Andi Akmal Pasluddin.

Andi mengatakan penelitian kalung antivirus Corona milik Kementan itu belum teruji bisa menjadi penangkal virus Corona. Tak hanya itu, anggaran untuk rencana produksi massal kalung tersebut dinilainya juga akan dipertanyakan berbagai pihak.
"Publik perlu harus tahu dan Komisi IV tahu apakah sudah melalui kajian yang dalam apakah sudah dipraktikkan juga ke orang-orang yang kena Corona, dengan adanya kalung itu tidak kena. Itu kan harus ada penjelasan ya," katanya.
"Kemudian saya kira (diproduksi) terbatas dulu ya, karena anggaran kan tentu anggaran Kementan sendiri kan tidak fokus ke arah sana karena itu domain kesehatan. Kementan sendiri kan fokus bagaimana pada saat pandemi Covid ini produksi pertanian tetap melimpah, artinya tidak kurang. Juga rencana untuk pembukaan lahan baru, saya kira isu-isu yang penting seperti itu," sambungnya.


https://finance.detik.com/berita-eko...13.1541780864

ANE MENDUGA PT CAPL*NG  INI DAPET PROYEK BESAR emoticon-Ultah

MAKANYA NGOTOT MINTA DIPRODUKSI MASSAL emoticon-Leh Uga

PERUMPAMAANNYA GA JAUH BEDA AMA PICT INI emoticon-Hammer2

Penjelasan Kementan soal Kalung 'Antivirus' Corona yang Kini Disorot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 50 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 8
PROYEK BASAH
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:

Beberapa Perusahaan Swasta? Hebaaaaat... Swasta dan Kementan bisa bikin Anti-Virus Corona emoticon-Leh Uga
Bahkan LIPI, BPPT, Kemenristek dan Kemenkes saja tak bersuara tentang ini emoticon-Ultah emoticon-Selamat
BPK dan KPK silahken diusut, apa benar Outcome dari Produk ini telah sesuai?
Btw bener apa yang dikatakan Komisi IV DPR, lebih baik fokus ke Pertanian aja biar ngga impor-impor #Ehhh... emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Pake gegayaan gandeng perusahaan Jepang Rusia, cari tahu dlu ad gak proyek kalung²an di negara tersebut.
Masalah mereka mau mah namanya juga bisnis nyari untung palagi tau klo masyarakat kita msh bnyk bodoh², tinggal tambahin tulisan arab alamak bakal laku keras dipasaran.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukx dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wajar lah para pengusaha deketin mentan....
kyakny lbih "berani"....
kalo terawan jgn kan punya terobosan nyari duit kyak gitu....
ngabisin duit aj kgk mampu.....


emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noekoe19 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
heran sumpah kenapa pertanian jadi ada nyangkut ke kalung sama obat...anjing bang sat! emoticon-Cape d... emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
didit.d dan 4 lainnya memberi reputasi
mau cari uang dgn cara membohongi nanti kalo ga manjur siap dituntut ?

gak punya malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
holahaloo dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daroi
Ganti nih menteri pertanian kyknya kurang kerjaan malah cari sensasi kerjaanya kebanyakan nonton film wolfrine
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Terobosan yang sangat bagus dari kementerian Pertanian
Mungkin ini sebagai sindiran untuk kementerian kesehatan, perindustrian, BUMN
Kok gak mampu memanfaatkan pandemi ini untuk meningkatkan ekonomi bangsa?
Dan tentunya untuk melawan covid19s
Keren dah tuh menteri pertanian
emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alton_lv dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
mending mikirkin swasembada woy mentanemoticon-fuck
profile-picture
entop memberi reputasi
ga yakin kalo isinya bukan smadav emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilke89 dan 8 lainnya memberi reputasi
napa musti kalung , napa ngga masker Eucalyptol aja sekalian?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilke89 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pikirin aja buar harga pupuk terjangkau, dan harga hasil pertanian stabil..
berak sekebon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daroi dan 3 lainnya memberi reputasi
ini yg artis2 pada pake yak..??

bisa ae promo nya..

emoticon-Ngakak

tapi kl it work ya why not...

no smoking and welcome...
profile-picture
profile-picture
entop dan adamyvon memberi reputasi
Caplang itu murni swasta kan? Tumben kementrian ngerangkulnya swasta, bukan UMKM ato setingkat koperasi gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yfel dan 3 lainnya memberi reputasi
konyol lah...
profile-picture
entop memberi reputasi
mentri nya dongokwi ada yang bener?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
minyak angin diklaim anti virus corona, tanpa uji klinis...
mantab sekali proyekan-nya...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 4 lainnya memberi reputasi
mentan jadikan kalung(gantung)
Baru cocok tuhemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
entop dan adamyvon memberi reputasi
Diubah oleh kelazcorro
ngadi ngadi
profile-picture
entop memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di