CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Lidah Bergoyang! Agan Pernah Nyobain?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f016e33af7e931318206e58/kupat-glabed-kuliner-khas-tegal-yang-bikin-lidah-bergoyang-agan-pernah-nyobain

Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Lidah Bergoyang! Agan Pernah Nyobain?

Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Lidah Bergoyang! Agan Pernah Nyobain?

Siapa di antara GanSis yang tidak suka wisata kuliner? Ane rasa, hampir semua orang menyukai icip-icip makanan khas daerah, ya. Selain memang 'doyan' makan, bisa juga awalnya karena penasaran akan rasa dari kuliner tersebut. Misalnya saja ketika sering mendengar dari cerita orang, atau melihat tayangan wisata kuliner di televisi.

Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah negara dengan kekayaan kuliner luar biasa. Hampir di setiap daerah, pasti memiliki makanan khas. Poin itulah yang membuat negara ini dikenal luas hingga luar negeri. Bahkan, banyak masakan khas Indonesia banyak dijual di berbagai negara belahan dunia.

Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Lidah Bergoyang! Agan Pernah Nyobain?
sumber


Berbicara mengenai makanan khas, ada banyak daerah yang memiliki kuliner istimewa. Jika kemarin ane telah mengupas nasi ponggol setan, sekarang ane mau membahas makanan yang tidak kalah lezat dari ponggol setan. GanSis penasaran? Yuk simak terus!

Agan dan Sista pasti masih ingat makanan ponggol setan yang beberapa waktu lalu ane bahas? Nah, kali ini, ane akan kupas lagi, nih kuliner khas dari kota ngapak tersebut. Ada yang tidak tahu kota Tegal?

Tegal adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Tengah. Kota ini, berbatasan dengan Kabupaten Brebes di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara, serta Kabupaten Tegal di sebelah selatan dan timur. Selain karena logat ngapak yang begitu kentara dan berbeda dari daerah ngapak lain, kota ini juga terkenal akan kuliner-kulinernya dengan kekhasan tersendiri dan sangat melegenda, loh, GanSis.

Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Lidah Bergoyang! Agan Pernah Nyobain?
sumber


Jika di daerah lain ada lontong sayur, lontong opor, dan masih banyak lagi yang sejenis dengan itu, maka di Tegal pun ada kuliner dengan bahan dasar kupat atau nasi yang dimasak seperti lontong, yaitu kupat glabed. Untuk kupat atau lontongnya memang berbahan dasar sama, yaitu beras. Ciri yang membedakan kupat glabed dengan makanan serupa, terletak pada kuahnya. Kuah pada kuliner khas ini sangatlah kental dan gurih, GanSis. Inilah sebabnya dinamakan glabed. Glabed yang artinya kental.

Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Lidah Bergoyang! Agan Pernah Nyobain?
sumber


Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Lidah Bergoyang! Agan Pernah Nyobain?
sumber

Kuah pada kuliner ini, 'ngglabed' seperti kentalnya bumbu rendang. Bisa dibayangkan, kan, bagaimana rasanya? Yang pasti, akan membuat lidah GanSis bergoyang menikmati tiap suap yang masuk ke mulut.

Satu porsi kupat glabed terdiri dari, kupat, potongan tempe kecil, sayur kuning, sambel merah, dan kerupuk mie kuning. Tidak hanya itu, GanSis. Kuliner ini juga bisa ditambah dengan lauk lain sebagai pelengkap, seperti sate ayam, sate kerang, atau sate kikil. Dijamin tambah makin 'ngeunah' kalau orang Sunda bilang.

Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Lidah Bergoyang! Agan Pernah Nyobain?
sumber

Untuk menikmati satu piring kupat glabed, GanSis pun tidak perlu merogoh gocek terlalu dalam. Sebab, harga kuliner berkuah kuning ini cukup terjangkau, loh. Cukup dengan 9-10K, Agan Sista bisa menikmati betapa 'ngglabednya' makanan khas kota Tegal ini.

Penasaran dengan kupat glabed khas Tegal? Silakan berkunjung ke Kota Bahari tersebut, GanSis.

Sekian ulasan ane mengenai kuliner istimewa dari kota Tegal kali ini. Terima kasih buat GanSis yang sudah membaca tulisan ini sampai selesai. Selamat berwisata kuliner!


Penulis : @anna1812
Referensi : klik aja



Bagi Agan Dan Sista Yang Berkenan Join B-Log Kami, Silakan Klik Banner Di Bawah Ini.

Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Lidah Bergoyang! Agan Pernah Nyobain?



emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesia


profile-picture
profile-picture
profile-picture
farinamany dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Enisutri dan 2 lainnya memberi reputasi
Udaah pernah nyobain belom, Gan,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Enisutri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
enak nih. ke tegal kagak pernah beli beginian, orang cuma numpang lewat wkwk
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan anna1812 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Waduh, ane gak bisa makan ini berarti 😆
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mantab gaannn
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jadi pengen
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wenak tenan
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
huuwaaaaaaaaa😭😭😭
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
itu namanya tempe all right alias tempe oreg biasanya juga pake sayur tempe ato glotak tempe
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kupat Sayur ini sih
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kupat Glabed, Kuliner Khas Tegal yang Bikin Lidah Bergoyang! Agan Pernah Nyobain?
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pasti mantap, makan kupat, pakai kuah, dicampur kerupuk. emoticon-Smilie
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jadi laper ni, Akak emoticon-Matabelo emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Paling enak dimakan pake sate blengong
Behh maknyuss emoticon-Recommended Seller
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Sama dong. Sama-sama dimakan. emoticon-Leh Uga
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
Susilowatijihan memberi reputasi
referensi makanan di indonesia emg gaabis abis yaaa, sering lewatin tegal tp gatau ada makanan ginian... leh laaah dicoba nih kalo lg kesanaa!
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
mmm beda di kuahnya aja ya bund?
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
enak nih emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yang belom nyoba silahkeun di next pageemoticon-Ngacir
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di