CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Akan Diselidiki WHO, China SALAHKAN Spanyol atas Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f013c6d82d4957ff265bb1c/akan-diselidiki-who-china-salahkan-spanyol-atas-virus-corona

Akan Diselidiki WHO, China SALAHKAN Spanyol atas Virus Corona

Akan Diselidiki WHO, China SALAHKAN Spanyol atas Virus Corona

China mengklaim Virus Corona bukan berasal dari Wuhan melainkan dari Eropa.

Pihak China juga menyalahkan Spanyol yang sempat menjadi tempat asal wabah Flu Spanyol dan mengatakan bahwa Virus Corona bisa saja juga berasal dari negara tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh pihak berwenang China setelah mengetahui bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan melakukan penyelidikan asal-usul Virus Corona di Wuhan.

Dilansir The Sun, Sabtu (4/7/2020), penasihat kesehatan senior pemerintah, Wang Guangfa mereferensikan penelitian di Barcelona yang mendeteksi adanya kandungan Covid-19 dalam sampel air limbah yang diambil pada Maret 2019.

Penemuan tersebut mendasari China untuk menyarankan agar penyelidikan apa pun tentang asal-usul virus tersebut harus menilik ke Spanyol.

Usulan itu dikemukakan menjelang misi WHO ke China minggu depan yang bertujuan untuk melacak kemunculan wabah yang kini telah menewaskan lebih dari 500.000 jiwa secara global tersebut.

Namun, para ahli independen telah mengecam penelitian itu sebagai sebuah kecacatan dan bertentangan dengan bukti kuat yang menunjukkan virus dimulai di Cina pada akhir 2019.

Direktur Institut Genetika UCL di London, Profesor Francois Balloux mengatakan bahwa sampel air limbah tersebut mungkin saja sudah terkontaminasi.

"Penjelasan yang paling masuk akal adalah pencampuran/ kontaminasi sampel," ujar Balloux.

Tetapi para pejabat dari rezim komunis, yang telah berulang kali mencoba untuk mengelak dari tuduhan, bersikeras penyelidikan tentang bagaimana dan di mana pandemi dimulai seharusnya tidak terbatas pada satu negara saja.

Kepala ahli epidemiologi untuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok mengatakan bahwa untuk mengidentifikasi sumber Virus Corona harus didasarkan pada negosiasi dan melibatkan banyak negara.

"Tidak masalah dari negara mana pekerjaan identifikasi ilmiah dimulai, asalkan melibatkan semua negara terkait dan dilakukan secara adil," ujarnya.

Di sisi lain, Direktur jenderal Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dari WHO memberikan keterangan dalam sebuah konferensi.

"Mengetahui sumber virus sangat, sangat penting. Kita dapat memerangi virus dengan lebih baik ketika kita mengetahui segala sesuatu tentang virus, termasuk bagaimana virus itu dimulai," ujar Tedros.

Tim WHO akan menemui seorang ahli kesehatan hewan dan seorang ahli epidemiologi melakukan perjalanan ke China untuk melakukan misi internasional demi mengeksplorasi asal-usul Covid-19.

Presiden EcoHealth Alliance, Dr Peter Daszak mengatakan kepada The Telegraph bahwa penyelidikan tersebut akan sangat sulit dilakukan, namun juga penting.

“Melakukan ilmu ini sulit, mahal, butuh waktu lama. Tapi itu layak dilakukan karena dengan begitu anda benar-benar dapat membuat keputusan cerdas yang akan menyelamatkan hidup di masa depan dan mencegah pandemi lainnya," tutur Daszak.

Dia menambahkan bahwa melacak virus akan sulit karena China semakin menunjukkan penentangan dan tahan terhadap kritik global.

Pencarian bagaimana pandemi dimulai telah berpusat di sekitar Pasar Grosir Makanan Laut Huanan Wuhan, yang memiliki kaitan dengan banyak kasus yang dilaporkan pertama.

Tetapi Dr. Daszak menduga virus itu, yang kemungkinan besar berasal dari kelelawar, menyebar untuk beberapa waktu sebelum mencapai Wuhan melalui perdagangan satwa liar yang luas yang menghubungkan daerah pedesaan dengan gua kelelawar ke kota-kota besar.

China telah banyak dikritik karena penanganannya terhadap Virus Corona dan negara adidaya tersebut telah melakukan upaya berulang kali untuk mangkir dari kesalahan sejak virus tersebut menyebar.

WHO Ungkap Peringatan Awal Virus Corona Bukan dari Pemerintah China

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa kasus-kasus awal Covid-19 diketahui dari informasi yang diberikan oleh pihaknya sendiri.

Dalam rilis kronologi yang diungkapkan baru-baru ini, WHO mengungkapkan info terkait kasus awal pneumonia tersebut dilaporkan oleh kantornya di China dan bukan dari laporan pemerintah China.

Hal ini meruntuhkan tuduhan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menyebut mereka gagal mendeteksi awal mula virus karena bersekongkol dengan pihak China.

Dilansir channelnewsasia.com, Jumat (4/7/2020), pada 9 April, WHO menerbitkan garis waktu awal komunikasinya sebagai tanggapan terhadap kritik atas respons awal terhadap wabah yang kini telah merenggut lebih dari 521.000 jiwa di seluruh dunia.

Dalam kronologi itu, WHO hanya mengatakan bahwa komisi kesehatan kota Wuhan di provinsi Hubei mendapat laporan adanya sejumlah kasus pneumonia.

Namun badan kesehatan PBB tersebut tidak menyebutkan secara spesifik siapa yang telah memberitahukannya.

Sebelumnya, Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, sempat mengatakan dalam konferensi pers pada 20 April bahwa laporan pertama datang dari China.

Pada saat itu ia tidak menyebutkan apakah laporan tersebut telah dikirim oleh otoritas China atau sumber lain.

Tetapi kronologi baru, yang diterbitkan minggu ini oleh lembaga yang berbasis di Jenewa tersebut, menawarkan versi yang lebih rinci dari urutan awal laporan pandemi Covid-19.

Ditunjukkan bahwa kantor WHO di China yang pada 31 Desember memberitahukan tentang adanya kasus virus pneumonia setelah menemukan pernyataan publik di situs web komisi kesehatan Wuhan mengenai masalah tersebut.

Pada hari yang sama, layanan informasi epidemi WHO mengambil laporan berita lain yang dikirimkan oleh jaringan pengawasan epidemiologi internasional ProMed yang berbasis di AS, tentang kelompok kasus pneumonia yang sama dari penyebab yang tidak diketahui di Wuhan.

Setelah itu, WHO meminta pihak berwenang China pada dua kesempatan, pada 1 Januari dan 2 Januari, untuk mengkonfirmasi tentang kasus-kasus ini, yang kemudian diberikan pada 3 Januari.

Direktur kedaruratan WHO Michael Ryan mengatakan pada konferensi pers pada hari Jumat (3/7/2020) bahwa China saat itu memiliki waktu 24 hingga 48 jam untuk secara resmi memverifikasi dan memberikan informasi tambahan tentang sifat atau penyebab peristiwa tersebut.

Ryan menambahkan bahwa otoritas China telah menghubungi WHO dengan segera setelah agensi meminta untuk memverifikasi laporan itu.


Sumber : Link






Coba check itu Fort Detrick, menurut buzzerPKC di kaskus, asal mula virus wuhan dari sana emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pisgedong dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Akong.Cinconk
Besok apalagi nih yg bakal disalahkan hah? emoticon-Blue Guy Bata (L)

Akui saja sudah barang ini..emoticon-No Hope

Tidak usah malu2 emoticon-Malu

Boker di ruang publik saja bisa, emoticon-No Hope masa mengakui hal ini tidak bisa emoticon-Blue Guy Bata (L)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
neptunium dan 3 lainnya memberi reputasi
dari dulu
memang chinese selalu dijadikan kambing hitam oleh bule keturunan eropa


profile-picture
profile-picture
Akong.Cinconk dan ex.pasienRSJ memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
nggak tahu malu nih china, sudah ngerepotin seluruh dunia karena covid, malah nyalahin negara lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reita96 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kampret.strez
Perasaan kemaran China menyalahkan telenan salmon, tiba2 sekarang eropa emoticon-No Hope

Yang konsisten donk klo boonk emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Akong.Cinconk dan suryahendro memberi reputasi
Akan Diselidiki WHO, China SALAHKAN Spanyol atas Virus Corona
profile-picture
Akong.Cinconk memberi reputasi
virus made in cinak sumber malapetaka dunia emoticon-Najis (S) emoticon-Najis (S) emoticon-Betty (S)
profile-picture
profile-picture
suryahendro dan Akong.Cinconk memberi reputasi
Akan Diselidiki WHO, China SALAHKAN Spanyol atas Virus Corona
profile-picture
profile-picture
Akong.Cinconk dan batigols memberi reputasi
akong chinkconkemoticon-Ngakak

wuasyuuwemoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Akong.Cinconk memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Masuk akal ..., karena kita ketahui sendiri mengenai lintas manusia-barang pada jaman sekarang, belum lagi kalau kita bicara mengenai faktor alam seperti angin, burung, atau kelelawar juga .. yang bisa membawa si virus itu kemana saja mereka melancong.

Terkait mengapa kok itu bisa terlebih dahulu muncul di Wuhan, karena posisi Wuhan yang secara strategis ada di (kurang lebih) bagian tengah China, yang menjadikan kota itu cocok untuk menjadi "hub" distribusi barang (level/skala dalam negeri China). Namun belum tentu barang-barang yang bersangkutan, datangnya/diproduksi dalam negeri China sendiri. Dimana itu menyebabkan banyak corporate luar negeri yang memasarkan produknya di China, juga akan sering melakukan kunjungan atau bahkan memiliki kantor/gudang disana.

Belajar dari kasus "Black Death" beberapa abad yang lampau..
Apa perlunya sih kita saling menuding (dengan tujuan untuk mencari ganti rugi) ?
Yang penting/perlu dilakukan saat ini, tujuannya adalah untuk mencari varian asal dari virus itu. Dari situ kita bisa menelusuri terjadinya mutasi yang menyebabkan wabah ini terjadi, hingga kita bisa mencegah hal yang serupa terjadi lagi di kemudian hari.

Satu hal yang mungkin patut menjadi bahan perhatian/pemikiran, terkait kemampuan virus (bukan virus corona saja) untuk keluyuran, antar negara .. Dimungkinkan sekali suatu virus yang tidak berbahaya di suatu negara, bisa berpindah dan bermutasi pada negara lain yang memiliki corak alam lingkungan yang berbeda dan menjadi varian yang berbahaya.

...
===> Jangan meremehkan "burung" ... emoticon-Big Grin
Pada masa-masa perang jaman dulu, rawan juga terjadi penyebaran penyakit kelamin.

Diubah oleh bingsunyata
CHINA PANIC BUTTON :
Asal virus dari Pasar WUHAN , Eh Asal virus dari Kelelawar, Eh.... Asal Viruz dari Amerika....Eh Asal Viruz dari Spanyol.....
.

BuzzerPKC bingung nyebokin PANTAT PKC CHINA yg Plintat Plintut...
Ayo BuzzerPKC serang SPANYOL....bikin PROPAGANDA virus berasal dari Spanyol !!!!!
Buahahhahahhahaha....
emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka





Sebelumnya, Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, sempat mengatakan dalam konferensi pers pada 20 April bahwa laporan pertama datang dari China.

BARBUK Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus DisINFORMASI.
Gak salah kalo Dibilang menutupi CHINA.
DItambah Tweetnya yg berbarengan dgn CHINA : No evidence human to human.
profile-picture
profile-picture
Akong.Cinconk dan dabbrains memberi reputasi
Diubah oleh suryahendro
buzzerInlander harap nyantai nunggu hasil investigasi W.H.O,,, nyang pastii udeh fix korona= the AmeriCUNT viruss,,..
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tuduhan itu hanya salah satu alasan untuk cari aman
Karna Cina sekarangkan banyak menerima tekanan dari luar
profile-picture
Akong.Cinconk memberi reputasi
di bpln memang paling banyak pemuja bool xi jink pig emoticon-Angkat Beer
teringat percakapan mantap dari sepuh bpln.leader dengan sepuh methadone.500mg
ok,copas quote postingan bpln.leader dan methadone.500mg

Akan Diselidiki WHO, China SALAHKAN Spanyol atas Virus Corona
Akan Diselidiki WHO, China SALAHKAN Spanyol atas Virus Corona
Akan Diselidiki WHO, China SALAHKAN Spanyol atas Virus Corona
Akan Diselidiki WHO, China SALAHKAN Spanyol atas Virus Corona
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
Akong.Cinconk memberi reputasi
ini maksudnya mau cucokmologi ke flu spanyol?

emoticon-Leh Uga


Akan Diselidiki WHO, China SALAHKAN Spanyol atas Virus Corona
profile-picture
profile-picture
bigbuncit dan Akong.Cinconk memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dari amerika,italy,sekarang spanyol?


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di