CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f00381b0577a94718308d12/honda-civic-genio-mobil-sedan-yang-merenggut-nyawa-nike-ardilla-pada-tahun-1995

Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995

Nike Ardilla, salah satu artis sekaligus penyanyi yang fenomenal diera 90-an. Bagi mereka yang tumbuh remaja diera 90-an pasti sudah tidak asing mendengar namanya, mojang Bandung ini memiliki suara merdu dan paras yang ayu, membuat ia langsung meraih kesuksesan diusia yang tergolong muda. Namun takdir Tuhan berkata lain, ia harus meninggal saat berada dipuncak popularitasnya, mendiang Nike meninggal dalam kecelakaan tunggal saat mengendarai mobil Honda Civic Genio miliknya di Kota Bandung, diusia 19 tahun. Kali ini TS akan mereview mobil alamarhumah Nike Ardila, mari kita simak pembahasannya.


Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995

Nike Ardilla dan mobilnya.

Ilustrasi foto: google image





Honda Civic Series


Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995

Honda Civic Genio 1993.

Sumber



Tahun 1992 Honda memproduksi mobil dikelas sedan dan hatchback, untuk sedan 4 pintu diberi nama Honda Civic Genio, untuk mobil dua pintunya diberi nama Honda Civic Estilo. Di Indonesia sendiri, dua mobil ini dipasarakan tahun 1992-1995. Varian sedannya lebih laris dari varian hatchbacknya, salah satu alasan populernya Honda Civic Genio karena dipakai oleh Nike Ardila saat itu. Membuat permintaan atas mobil ini dikalangan anak muda menjadi meningkat drastis. Tipe chasisnya sendiri diberi nama EG, tapi di Indonesia untuk Civic Genio kode chasisnya SR4 untuk Civic Estilo kode chasisnya SR3.


Untuk mobil yang dipakai Nike Ardila saat itu adalah Honda Civic Genio tahun 1993, memiliki mesin dengan kode D16Z9 kapasitas 1.600 cc dengan 4 silinder segaris. Dengan mesin DOHC mobil ini mampu memproduksi tenaga maksimal mencapai 130 HP pada 6.600 rpm, dengan dibekali transmisi manual 5 kecepatan.


Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995

Ini mesinnya.

Sumber



Mobil ini terkenal irit dan bandel mesinnya pada waktu itu, dimana untuk dalam kota konsumsi bbmnya 8-11 km per liter, untuk luar kota mencapai 10-12 km per litermya. Untuk mobil keluaran 90-an mobil ini memiliki body yang cukup bagus dan sporty. Terutama bagian depan yang tidak memiliki grill (kisi-kisi udara diatas bumper depan mobil), karena kebanyakan mobil saat itu memiliki grill depan.


Mobil ini juga dilengkapi suspensi double wishbone sehingga nyaman dikendarai, mobil ini juga menjadi favorit anak muda untuk dimodifikasi. Mobil ini bersaing ketat dengan sedan Jepang yang lain yakni Toyota Great Corolla dan Mitsubishi Lancer CB5 (Evo 3). Dibanding dua pesaingnya, Civic Genio masih lebih unggul. Dimana kabinnya lebih luas, dan cenderung ramah untuk mereka yang berbadan tinggi seperti TS. Tapi untuk kursi penumpangnya agak sempit, tapi itu tidak terlalu menjadi masalah menurut TS.


Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995

Versi hatchback 2 pintu

Sumber





Kekurangan


Minus dari versi awal seperti yang dipakai Nike Ardila ini terdapat pada sistem radiatornya, dimana generasi pertama (1992-1994) masih menggunakan radiator 1 aply. Membuat mesinnya cepat panas, kemudian versi kedua hadir tahun 1995 menggunakan radiator tipe 2 aply yang besar dan cenderung lebih dingin dan tidak mudah panas.


Selain itu bagian interior tidak ada console box atau kotak penyimpanan barang pribadi seperti mobil sedan kebanyakan, bodynya yang cenderung ceper sebenarnya agak riskan jika melewati jalan berbatu apalagi polisi tidur yang super besar dan lebar. Kemungkinan besar akan gasruk.


Gak tahu kenapa produk Civic ini setelah masuk Indonesia banyak downgradenya, padahal versi aslinya ada console box dan lampu kabut. Dimana dua hal itu tidak ada pada versi Civic disini. Kaki-kaki dari Civic tergolong ringkih, sehingga rawan untuk rusak, tapi balik lagi ke pemilik. Kalau nyopirnya gak ugal-ugalan, kemungkinan kaki-kakinya gak cepat rusak, pengalaman teman TS. CMIIW.


Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995

Mesin baru milik Genio 1995, radiaotor lebih besar.

Sumber




Kelebihan


Salah satu kelebihan Civic Genio ini adalah kabin yang luas seperti yang ane tulis diatas, jadi yang badannya tinggi gak akan bermasalah jika naik Genio, kepalanya gak akan mentok nyundul atap mobil ini. Selain itu spare partnya sendiri mudah didapat, ditambah sistem pengereman juga sudah double discbrake (cakram). Untuk ukuran mobil 90-an, sudah dilengkapi discbrake itu keren banget menurut ane.


Untuk purnajualnya sendiri harga Honda Civic Genio masih tergolong tinggi, paling murah diangka Rp 40-45 juta. Untuk mobil yang sangat terawat bahkan bisa djual dengan harga mencapai Rp 80 juta. Untuk mobil dua pintunya, yaitu Honda Civic Estilo harganya bisa mencapai Rp 100 juta, karena memang keberadaannya sangat langka di Indonesia. Civic Estilo ini bisa dibilang disetel sebagai mobil balap dari keluarga Civic.


Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995

Ilustrasi interiornya.

Sumber





Kronologi Kecelakaan Honda Civic Genio Milik Nike Ardilla


TS akan membahas sedikit kronologi kenapa mobil ini bisa mengalamai kecelakaaan waktu itu, dikutip dari berbagai sumber gan sist. Awal cerita dimulai ketika mobil memasuki gedung parkir BRI Tower Bandung, mobil Nike Ardilla mengalami kempes ban kemudian langsung diganti dengan serepnya. Dari diskotek Polo di gedung itu, Nike dan teman-teman mengarah ke rumah makan Kintamani. Sebuah cafe dan restaurant 24 jam yang terletak di Jl. R.E. Martadinata, Bandung.


Mereka singgah sebentar disana, kemudian melanjutkan perjalanan menelusuri jalanan Kota Bandung. Saat melintas di jalan yang dulu bernama Jl. Riau, posisis dari arah barat ke timur, mobil bernomor polisi D 27 AK mulai kehilangan kendali. Mobil tersebut diduga dipacu dalam kecepatan tinggi, hingga berbalik arah hingga nyaris 360 derajat dari posisi semula. Tepat di depan kantor PT Nata Usaha Abadi, Civic Genio milik Nike Ardilla menabrak bak sampah dan pagar kantor. Naas, kejadian tanggal 19 Maret 1995 kala itu pun merenggut nyawa Nike Ardilla. Sementara teman-temannya hanya mengalami luka ringan saja.


Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995

Setelah kecelakaan kala itu.

Sumber



Hal mengejutkan didapat polisi yang melakukan investigasi kala itu. Dilansir dari tabloid OTOMOTIF edisi No. 46/IV tanggal 27 Maret 1995, pihak kepolisian memberi keterangan bahwa ada kesalahan teknis. Dimana ukuran ban kiri belakang berbeda dengan yang lain, kemungkinan itu jadi penyebabnya. Hal ini disampaiakan oleh Lettu (Pol) Sudarta, yang membopong tubuh Nike sesaat setelah kecelakaan.

 
Ban standar Honda Civic Genio menggunakan ukuran 185/60 R14. Sementara ban cadangannya menggunakan model space saver tire, berukuran 125/70 R14. Dalam kasus Nike, Genio miliknya telah diganti pelek dan bannya dengan ukuran 205/50 R16. Akibat pergantian ini, ban kiri belakang kehilangan daya cengkram, hingga kendaraan jadi melintir ke kanan. Apalagi TKP kecelakaan, kontur jalan agak melengkung ke kanan, saat momen ban selip ke arah kanan itu, menyebabkan mobil berputar nyaris 360 derajat.


Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995

Sumber


Tak terasa sudah 25 tahun berlalu sejak hari itu. Banyak spekulasi tentang kematian almarhumah Nike, salah satunya sabotase. Menurut kabar angin, mobil Nike disabotase hingga akhirnya mengalami kecelakaan. Menurut kabar pelakunya adalah keluarga orang paling berkuasa di Indonesia saat itu, cucu dari sang penguasa tidak suka dengan popularitas Nike Ardilla saat itu. Namun hal ini masih jadi misteri, karena kabar sabotase itu tak pernah terungkap. Bagaimana mungkin Nike memilih ban yang tidak sesuai standar pabrikan untuk mobilnya ? Atau bagaiamana bisa ban mobilnya tiba-tiba kempes ? Itu yang masih menjadi misteri sampai sekarang.


Saat ini mobil ex kecelakaan itu sudah dibeli oleh fans mendiang Nike Ardilla yang bernama Lian Natalia, mobil pun sudah direstorasi dan kembali dalam keadaan mulus, sayang mobil ini sudah tidak bisa berjalan lagi. Untuk pintu mobilnya yang asli sudah dilepas, dan dipajang di museum Nike Ardilla di Kota Bandung.


Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995

Pintu mobil Genio milik mendiang Nike Ardilla.

Sumber



Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995

D 27 AK

Sumber



Sekian dulu ulasan mengenai mobil milik mendiang Nike Ardilla, semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua, terutama fansnya almarhumah Teh Nike. Jika ada yang ingin menambahkan soal mobil ini silakan coret-coret dibawah nanti, TS tunggu kehadirannya dikolom komentar. Enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



25 Tahun Kepergian Nike Ardilla.


Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995

Sumber


Referensi: 1.2.3.4
Ilustrasi: blog otomotif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gogorancak dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 3
Updet emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:





mungkin agan2 mau menambahkan soal civic ini, @pannotia.server, @alketam, @jagotorpedo, @kuciank, @ojo.kondor, @capt.sabaru, @Gailham, @REVO32, @indrag057, @davecchio, @nowbitool, @galigulagalu, @yuswijaya, @jlamp, @ardian76 @gardu09, @kitkat949, @coens1982 @dom.dom, @gardu09 emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
aripmaulana dan qoni77 memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Mobil favorit ane nih gan. Modelnya timeless banget meski udah berumur. Estilo, hatchback civic terakhir ( ferio sampe FB nggak ada versi HB-nya) di indo sampe akhirnya muncul lagi civic FK.
Estilo mahal mungkin karena udah jadi mobil hobby ya gan emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan oktayosita memberi reputasi
Diubah oleh alketam
kalo di kampung-kampung, isunya gegara pesaing nike yang ga terima keberhasilannya kala itu.

baru tau ane nih mobil yang digunakan si alm.
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


salah satu model paling bagus diera civic 90an gan, katanya kaki2nya agak ringkih ya gan ?


estilo malah jarang lihat gan di kota ane, paling banyak civic



Quote:


denger2 ada campur tangan keluarga si pohon gan, entah benar atau tidak emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
red.bezos dan alketam memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Banyak orang bilang gitu soal kaki-kakinya gan. Estilo mahal sih jadi jarang seliweran dijalanan. Kalo nggak bener-bener hobi, orang pada milih LCGC dengan harga yang sama. Ditempat ane sama gan masih sering liat genio-nya daripada estilo di jalanan.

Sedih ya sekarang, Genio jadi nama motor. emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan oktayosita memberi reputasi
Diubah oleh alketam
Lihat 3 balasan
Ada yang pernah liat secara langsung genio yang kayak sebelah kiri?emoticon-Leh UgaHonda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hirak0 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
wah, menguak luka lama nih, waktu itu ane baru umur belasan tahun, dan ngefans banget sama tuh penyanyi. beritanya sampai heboh banget. semua orang pasti ngomongin soal Nike, Nike, dan Nike. sampe sekarang ane masih suka dengerin lagu2nya.
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Yach, mungkin mang dah takdirnya gan. Tapi ada sedikit cerita unik di kampung ane gan. Waktu itu satu2nya hiburan yang ada cuma radio. Dan hampir semua stasiun radio dari pagi sampai ketemu pagi lagi selalu muterin lagunya Nike, sampai berhari2 bgtu. Ada juga desas desus khas orang kampung, peristiwa itu dikait2kan dengan hal2 mistis gtu. Heboh banget deh pokoknya
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Oooh jadi agan TS miara genio juga.... sama dong sama ane... hahahaha..

#wew
emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh Bermano.Reiko
Lihat 2 balasan
Quote:


Seru kayaknya ke sana musiumnya gan. Ane jg mau tuhemoticon-Ngakak
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Jl. Riau dulu sepi bener kali ye? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
sekarang udah jadi pusat distro dan coffe shop, boro2 bisa ngebut walau pagi buta emoticon-Nohope

muka nya khas mojang priangan sih emoticon-Big Grin
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Lah kejadiannya di Jl. R. E. Marthadinata?
Jaman dulu bisa ngebut ya di situ? emoticon-Hammer (S)
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
itu kok patungnya sangat mirip sekali ya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Fikrullah dan si.matamalaikat memberi reputasi
nikeemoticon-Turut Berduka





Just do it! emoticon-Hammer2
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Berarti era 90an klo ada kematian janggal langsung mengarah ke keluarga cen**** emoticon-cystg

Kira kira siapa nih?

Mayang Sari klo gitu beruntung karena masih hidup dan di nikahin sama anak eyang emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan indrag057 memberi reputasi
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Kalo pake genio yg ini kemungkinan masih hidup...
Honda Civic Genio, Mobil Sedan yang Merenggut Nyawa Nike Ardilla Pada Tahun 1995
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Koreksi dikit buat TS, setau ane genio/estilo yg beredar di indonesia mesinnya SOHC om bukan DOHC
Koreksi balik kalo ane yg salah, ane blm pernah piara ini sih, tapi pernah piara kakaknya si civic generasi ke 4 kode chasis EF atau dikenal di indo dgn nama grand civic
Btw, demen ane ama trit bahas era 90an gini emoticon-Jempol
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
wah ampe ada musiumnya segala.
nike ardila itu siapa gan?
Coba kalo matinya 2020, udah divonis kopit tuhemoticon-Hammer2
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


iya gan, ente mah enak ya deket sama bandung emoticon-Big Grin



Quote:


deket situ gan, tepatnya dulu namanya jl riau. kejadian menjelang subuh



Quote:


karya seni harus mirip gan, apalagi dipajang di museum emoticon-Big Grin



Quote:



nike yang mana ini, kok ada nust do itnya gan emoticon-Hammer2



Quote:


gak selalu gan, tapi kalo ada artis top meninggal ngarahnya kesana. anak laki2 suzana yang meninggal katanya juga meninggal akibat ulah keluarga pohon


mayang sari denger2 ada fair dengan alm adi firansyah, entah benar atau tidak. katanya anak perempuannya mirip banget sama adi firanssyah



Quote:


keren gan, gimana caranya bisa ginian ya ?. cocok buat ilustrasi trit ini emoticon-Belo



Quote:


beda jaman gan emoticon-Big Grin , dulu genio masih populer sebagai sedan



Quote:


makasih gan koreksinya, nanti ane coba cari referensinya lagi.


mantap pernah punya civic nih, apa bemer kaki2 civic ini ringkih gan ?




Quote:


karena fenomenal gan, siapa remaja 90an yang gak kenal nike ardilla ? emoticon-Big Grin
Lihat 4 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di