CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eff2fd8337f9355e40287fd/lakukan-ini-jika-ingin-anak-tumbuh-dewasa-dengan-pemikiran-kritis

Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Hallo Agan Sista, kali ini ane ingin membahas mengenai pentingnya menanamkan kebiasaan berpikir kritis (critical thinking) pada anak-anak sedari dini, supaya nanti kalau sudah besar tidak menjadi "Yes-Man" alias manut-manut wae. Terlebih di jaman dimana informasi sangat mudah untuk didapatkan dari sumber manapun. Baik informasi hoaxataupun informasi yang tepat. Berpikir kritis tentu membantu seseorang untuk memilah informasi yang sebenar-benarnya (tak gampang terbawa arus, maupun termakan berita hoax).


Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Apa sih yang dimaksud berpikir kritis?adalah suatu proses berpikir yang mengandalkan nalar secara rasional, objektif, dan jelas tentang apa yang ingin dikerjakan dan apa yang ingin diketahui.

Secara sederhana menurut ane, orang berpemikiran kritis sangat mudah untuk dikenali. Mereka adalah orang-orang yang enggan melakukan sesuatu tanpa mereka pahami dengan betul, kenapa mereka harus melakukan aktivitas atau pekerjaan tersebut? Pemikir kritis cenderung bertanya "kenapa?" berulang kali, hingga mendapatkan "alasan" sebenarnya sesuatu terjadi atau dilakukan.

Lantas, bagaimana cara menanamkan critical thinkingterhadap anak kecil? Sangat mudah Gan Sist! 


Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!

Sadar atau tidak, semua manusia pada dasarnya lahir dengan pemikiran yang kritis. Buktinya adalah rasa keingintahuan anak kecil terhadap segala sesuatu yang diamatinya yang ditunjukkan melalui pertanyaan-pertanyaan random atau bahkan absurd yang seringkali membuat kita--orang dewasa bahkan kewalahan untuk menjawabnya. 

"Om, bagaimana kita bisa tahu bahwa tuhan itu ada, bukan dibuat-buat?"

"Ibu, kenapa Andi punya adik sedangkan aku tidak?"

"Ayah, kenapa laki-laki dan perempuan memiliki alat kelamit yang berbeda kalo fungsinya sama-sama buat pipis?"

Pertanyaan-pertanyaan diatas merupakan pertanyaan-pertanyaan yang masih ane ingat sampai hari ini dan benar-benar pernah ane tanyakan ke orang-orang tersebut. Meski tak mendapatkan jawaban, melainkan bahan candaan. Bisa jadi karena orangtua sedang sibuk, tidak tahu, atau bahkan merasa tak perlu menjelaskan saat itu juga, toh nanti ada guru di sekolah yang akan menjawab pertanyaan si kecil.

Namun, tahukah agan sist? Bahwa menyepelekan sebuah pertanyaan anak kecil dengan menjawab sekenanya dapat berdampak akan dua hal. 

Yang pertama, sang anak enggan bertanya dikemudian hari.

Yang kedua, sang anak mendapatkan informasi yang salah. Bisa jadi setelah menerima informasi salah tersebut kemudian ia menjadi bahan bully-an di sekolah.

Seberapa sibukpun agan sist, jelaskan bahwa agan sist akan menjawabnya nanti untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan si kecil, bahkan jika agan sist tak memiliki jawabannya saat itu, cukup jawab dengan jujur bahwa agan sist belum tahu dan akan menemukan jawabannya kemudian. Dengan melakukan hal ini, agan sist telah mengajarkan sang anak untuk tidak malu bertanya, tidak malu tidak tahu sesuatu, melatih rasa pengertian, dan bersikap jujur.

Lakukan Ini Jika Ingin Anak Tumbuh Dewasa Dengan Pemikiran Kritis!


Seorang anak yang memiliki pemikiran kritis akan berpotensi menjadi seorang problem solver, cerdas, percaya diri. Bukankah ini kriteria yang sangat cocok untuk menjadi seorang yang sukses di masa depan?

Toh langkah yang perlu dilakukan sangatlah sederhana, biarkan mereka bermain sepuasnya supaya mereka dapat mengobservasi lebih banyak hal, alhasil mereka akan semakin banyak memiliki pertanyaan, dan atas pertanyaan yang mereka lontarkan, terkadang jawab saja dengan pertanyaan juga untuk memancing mereka menemukan jawabannya sendiri. Sederhana jawaban atas "kenapa manusia butuh makan?" dengan "kenapa tamiya milikmu memerlukan baterai?". Selain itu gan sist juga bisa membelikan mereka buku ensiklopedia untuk anak-anak. Simpel bukan? Yok terapin, ke keponakan, anaknya ibu kos, atau bahkan anak sendiri (bagi yang udah punya).

Sekian dulu thread ane kali ini, semoga dapat diterapkan dan bermanfaat bagi kita semua dan juga lingkungan kita (terutama anak kecil).

referensi : disini
gambar : Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 62 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Gimana menurut agan sista?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lepox dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Share pertanyaan paling absurd yang pernah agan sista terima dong!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrienorra dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Share pertanyaan yang pernah agan sista tanyain pas masih kecil dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Iya bener itu gan
profile-picture
profile-picture
brina313 dan agungdar2494 memberi reputasi
ensiklopedia sihhh bikin penasaran bgt buat anak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
akhirnya....ktemu lg sama tread nya mas agung..

Dulu seingat saya, waktu sy kcil...sy dicap sbagai anak yg nerocos trs...sy tanyakan apa saja.. Sampai slh satu bude saya sebal...ktika sy bertanya dia mlh mmberi sanggahan " bude g mau jwb pertanyaanmu, km tanya apapun tp kalau dikasih jawaban cm bilang "OW ....!emoticon-Cape d...


Baru2 ini, anak perempuan sy yg belum genap 5th dipukul adiknya...lalu dia menangis dan mengadu.."bunda..adek masukin lg aj ke perut bunda....huaaa..huaaa",. Ehm bunda, adek2 kecil itu masuk ke perut ibuk nya lewat mana sih?? .krik krik..krik krikk...sy blm bs kasih jawaban yg masuk akal itk nya sampai hr iniemoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
devarisma04 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
kerreenn, akhirnya masternya ngetrit,👍👍👍💪💪💪
profile-picture
profile-picture
devarisma04 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
oke mantap, bisa diterapkan ke keponakan 😆
profile-picture
profile-picture
devarisma04 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
pas nich, ane punya anak Laki usia 7 tahun. dia kritis abis. Tanya itu sampe detil plus puas.
Misal yang sudah terjadi ya, (saat dia liat foto pernikahan bapak ibu nya)

tanya : Kenapa aku tidak ada di situ? Dimana aku saat foto tsb di ambil?
ane jawab "bahwa kamu belum di proses" terus menerus sampe dia puas.

ane ga bisa detil karena 'LUPA". tapi ane bahagia banget punya anak kritis tanya sampe bikin mumet kepala ane.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
pertanyaan dijawab dengan pertanyaan sebenarnya juga cocok untuk dilakukan dalam perdebatan dengan orang yang gak mau kalah
profile-picture
profile-picture
brina313 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ane mau tambahin tips tapi gak tau ini tips apa, yg pasti kalau dilakukan siapapun mudah2-an cara berfikir kita menjadi lebih rapih. hati dan pikiran bisa menjadi luas. efeknya kita bisa jadi orang yg rendah hati, terbuka dalam berbagai kemungkinan, dan terbuka dengan perbedaan.

1. ajarin kesadaran sebab-akibat (atau apalah namanya). misalnya katakanlah makan, kenapa pagi tidak sarapan? karena bangun kesiangan. kenapa bangun kesiangan? karena belajar sampai malam. kenapa belajar sampai malam? karena terlalu lama bermain. ini kesadaran sebab-akibat ke belakang. kalau ke depan nanti lain lagi. kesadaran sebab-akibat ke belakang bisa membuat anak belajar menemukan inti sebab dari suatu akibat. kalau ke depan bisa membuat anak belajar mensimulasi segala sesuatu yg mau dilakukanya sehingga mereka bisa memprediksi apa akibat yg terjadi nantinya.

2. ajarin kesadaran keterkaitan. misalnya kalau makan mangga ajak mereka mengingat pohon, daun-daun, petaninya, orang yang menjual, orang yang mengupas mangga, dll. kesadaran ini bagus untuk melatih anak supaya mengerti bahwa segala sesuatu tidak berdiri sendiri sehingga anak kita nantinya bisa lebih banyak menghargai orang lain. karena kebanyakan orang begitu kagum dengan bangunan2 yg indah tapi mereka melupakan bahwa ada tanah, pasir, besi, dan air yg membuat bangunan itu ada.

teori ini tau ada atau gak deh di buku
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keenan09 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
thanks TS.. waah lumayan nambah referensi bwt ane cara ngertiin anak

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
titip sepatu dulu gan
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
mungkin ada pengecualian bagi anak berkebutuhan khusus. terutama sejak lahir.

apalagi seiring berkembang nya zaman, dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, faktor genetika disempurnakan atas dasar proses pemberian air susu ibu selama periode menyusui yang di sempurnakan 🙏😀
profile-picture
profile-picture
keenan09 dan agungdar2494 memberi reputasi
nice thread gan, ane jadi inget masa lalu, waktu kecil ane juga sering mempertanyakan hal-hal yg aneh, salah satunya, "kenapa kehidupan ini harus diciptakan?"
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan agungdar2494 memberi reputasi
Setuju gan, jadi inget saya juga pas kecil termasuk yg banyak nanya tapi ga pernah di kasih jawaban, yah bener bisa jadi berhenti bertanya. Sekarang malah jadi orang yg gak mau tau, egois cuma mikirin diri sendiri. Apatis ga peduli ama sekitar.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Namun, tahukah agan sist? Bahwa menyepelekan sebuah pertanyaan anak kecil dengan menjawab sekenanya dapat berdampak akan dua hal. 

Noted! Jawablah emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan agungdar2494 memberi reputasi
Spoiler for :



Nah, kalo kita nggak tau jawabannya, gimana dong? Masa harus googling?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kebetulan dari kecil ane suka belajar dan berpikir sendiri, jadi sekali ane tanya ke orang tua mereka selalu engak bisa jawab dan suruh ane diem... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan agungdar2494 memberi reputasi
susah gan di jaman sekarang. doktrin2 Islam manhaj salafi yg ajarannya kaku orthodok udah masuk ke segala penjuru. boro2 mau ngajarin anak kritis. guru2nya ustad2 medsos semua ngedoktrin gn kata2 "semua terjadi karena Allah". itu liat si Bella cerai apa katanya : Semua terjadi karena Allah"
ngajarin malas mikir yg ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di