CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Obat Dewa, Bisakah Menjadi Dewa Penyelamat Dari Covid-19?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efeeeabc8208431ed47381f/obat-dewa-bisakah-menjadi-dewa-penyelamat-dari-covid-19

Obat Dewa, Bisakah Menjadi Dewa Penyelamat Dari Covid-19?

Obat Dewa, Bisakah Menjadi Dewa Penyelamat Dari Covid-19?

Telah tiga bulan lamanya kita harus hidup ditengah ketakuatan akan pandemi virus corona. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengurangi laju pertambahan penderita, tetapi sayang sekali, kurva terus saja naik. Bukan hanya penambahan biasa tetapi aselerasi.

Banyak pihak telah berupaya untuk mencari obat-obat yang bisa digunakan untuk membantu penyembuhan penderita, dari rempah-rempah, obat malaria, herbal dari buah pace, hingga yang terakhir terdengar adalah obat golongan steroid yang bernama deksamethason.

Untuk obat-obatan dari rempah-rempah atau buah pace, tidak akan terlalu berbahaya efeknya jika dibandingkan dengan kesalahan pemakaian pada obat-obatan kimia. Untuk obat malaria sendiri, tidak sembarang orang bisa memakainya, artinya, orang-orang dengan kondisi yang merupakan kontraindikasinya tidak boleh diberikan.

Pemakaian choroquine phosphat bisa menyebabkan retinopati, memburuknya gangguan pendengaran, berbahaya jika diberikan pada penderita epilepsi, dan gangguan ekstrapiramidal . Dilaporkan terjadinya intoksisitas pemberian pada anak-anak dengan dosis yang relatif kecil.

Belum ditemukannya antivirus yang spesifik untuk virus corona ini menyebabkan para tenaga medis di Wuhan menggunakan anti virus untuk flu burung, annti virus HIV dan mengkombinasikannya dengan Choroquine phosphate yang merupakan obat malaria

Yang terakhir terdengar adalah deksamethason. Di media sosial bahkan di dalam grup-grup WA telah tersebar obat ini sebagai obat untuk menanggulangi serangan covid-19. Bagian yang sangat mengerikan dari efek berita itu menurut ane adalah berbondong-bondongnya masyarakat membeli obat ini, sehingga bisa menyebabkan kelangkaan yang akan menyulitkan pasien-pasien yang benar-benar membutuhkannya.

Di Inggris, kementrian kesehatan telah menyetujui penggunaan deksamethason oleh Layanan Kesehatan Nasional (NHS). Uji coba pada pasien-pasien yang menggunakan ventilator memberikan hasil yang baik, bahkan bisa dikatakan obat ini mengurangi tingkat kematian sebesar 30 persen. Wow, fastastis sekali bukan?

Deksamethason  telah memberikan manfaat yang banyak bagi pengobatan beberapa penyakit. Selain itu juga memberikan reaksi yang cepat. Oleh karena itu obat ini dijuluki obat dewa. Obat ini merupakan obat alergi atau imunosupresan (menekan imunitas), anti radang, anti rematik, untuk pengobatan asma, dan lain-lain.

Namun perlu dicatat bahkan obat dewa pun mempunyai beragam kontra indikasi dan perlu dipertimbangkan penggunaannya pada beberapa orang dengan penyakit tertentu. Pada penderita diabetes, obat ini akan meningkatkan gula darah, pada penderita hipertendi bisa meningkatkan tekanan darahnya, pada wanita menopouse bisa memperburuk kondisi osteeoporosi, pada penderita maag bisa menyebabkan kekambuhan. Dan jangan coba-coba menggunakannya pada penderita ulkus peptikum.

Lalu bagaimana obat ini bisa mengurangi angka kematian sebesar 30 persen di Inggris?

Obat Dewa, Bisakah Menjadi Dewa Penyelamat Dari Covid-19?
Fase-fase gejala covid-19

Untuk mengetahui kaitannya dalam pengobatan Covid 19 sebaiknya kita lihat dulu fase-fase gejala penderita covid-!9:
1. Fase 1 : fase di mana penderita mulai merasakan demam, sakit tenggorokan, dll. fase ini kira-kira berlangsung sampai 1 minggu. Jumlah virus berkembang pesat. Pada fase ini sistem imunitas kita sangat berperan dalam menentukan tahapan gejala yang akan dialami penderita. Pada penderita yang memiliki imunitas yang baik, maka akan membaik, sedangkan yang imunitasnya jelek atau terpapar penyakit lain, kemungkinan besar akan masuk pada fase kedua.
2. Fase kedua : fase di mana perkembangan virus tidak lagi seperti tahap pertama tetapi ada kemungkinan imunitas tubuh bereaksi terlalu  hebat, sehingga bukan vurus saja yang diserang, tetapi organ-organ tubuh itu sendiri. Pada fase 2 akhir inilah medis Inggris menggunakan deksamethason.
3, Fase ketiga : fase di mana penderita dalam kondisi yang sangat parah, di mana dalam tubuhnya terjadi badai sitokin.

Sampai di sini bisa dipahami, kan? Bahwa Deksamethason bukanlah obat untuk pencegahan, karena jika obat ini dipakai untuk pencegahan, atau tahap pertama, justru bisa berbahaya. Saat tubuh perlu meningkatkan imunitasnya, deksamethason yang digunakan dengan tanpa aturan medis malah akan menyebabkan kondiri imunitas turun.

Oleh karena itu, penggunaan obat-obatan, terutama yang bertanda G, sudah seharusnya dengan petunjuk/ reseep dokter. Kita sebagai masyarakat jangan sampai gegabah menggunakannya, karena bukan hanya tidak memberikan kesembuhan, tetapi bisa menyebabkan kemudlaratan.

Obat Dewa, Bisakah Menjadi Dewa Penyelamat Dari Covid-19?
Salah satu kemasan deksameethason



DAFTAR PUSTAKA
Gunawan, Gan Sulistia. Farmakologi dan Terapi edisi 5. Departemen Farmakologi dan Terapeutik. FKUI. 2007.
Sumber 
Sumber
Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fikrionly dan 10 lainnya memberi reputasi
semangat Budok, aku padamu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fikrionly dan 4 lainnya memberi reputasi
aku sih sejujurnya sangat berusaha menghindari segala bentuk/jenis obat-obatan.. semoga sehat2 aamiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fikrionly dan 3 lainnya memberi reputasi
hmm .. semoga semuanya cepat kembali seperti semula aja deh emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fikrionly dan 3 lainnya memberi reputasi
Obat Dewa, Bisakah Menjadi Dewa Penyelamat Dari Covid-19?
profile-picture
fikrionly memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ilmu yang sangat bermanfaat bagi orang awam seperti saya ini. Btw, buah pace itu, mengkudu bukan Budok?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fikrionly dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Kalau Bu Dok yang bikin sesuai pasion deh 👍👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fikrionly dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 19 balasan
pakai obat bisacodyl mungkin dapat membantu.
Terima Kasih😉
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cattleyaonly dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
obat dexamethason ini untuk radang tenggorokan apa bukan ya? CMIIW bu dok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cattleyaonly dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Semoga bisa efektif deh. Biar gak makin banyak korban meninggal lainnya emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
cattleyaonly dan anna1812 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
udah banyak korban. setiap ada berita obat corona saya ucapkan semoga manjur.. aamiin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cattleyaonly dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Tetangga temenku kena corona, d rs dikasih obat dewa ini ama vit C.
Alhamdulilah skrg sudah sembuh.
profile-picture
profile-picture
cattleyaonly dan Cahayahalimah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Ah kamu cuma semangatin bu dok, di thread saya juga ngga pernah komen#ehsayajugayaemoticon-Hammer2

Quote:


Aamiin, saya lebih memilih herbal atau vitamin ajaemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
cattleyaonly dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Intinya gak boleh sembarangan minum obat ya, Mbakdok. Harus konsultasi dulu dengan ahlinya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di