CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efe8a16a2d19507b2719c58/ternyata-makhluk-kecil-ini-yang-memakan-sampah-sampah-plastik-kita

Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!

Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!
Kebutuhan manusia akan makanan sangatlah tinggi. terutama pada masa pandemi covid 19. dimana kita lebih memilih memesan makanan secara online ataupun membeli di depan kosan dibandingkan memasak sendiri. keuntungannya lebih praktis dan meminimalisir berinteraksi dengan orang banyak yang paling utama adalah kita bisa lanjut untuk rebahan.

Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!

tapi tunggu dulu biasanya ketika kita memesan makanan tentu diantar menggunakan bungkus yang berbahan plastik. misalkan saja jika tiap hari memesan makanan terus menerus? berapa sampah plastik yang kita dapat. kemudian apa yang akan terjadi apabila saudara kita, tetangga kita, teman-teman kita ataupun pasangan kita  juga melakukan hal yang sama seperti kita.. bisa dibayangkan jumlah sampah yang dihasilkan?. lama-kelamaan kosan kita penuh dengan sampah berserakan bahkan bisa mengalahkan tingginya monas di jakarta.

Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!

ngomong-ngomong tentang sampah. Sebenarnya apa itu sampah?..Menurut badan kesehatan dunia atau (WHO), sampah adalah barang yang berasal dari kegiatan manusia yang tidak lagi digunakan, tidak disenangi, ataupun yang dibuang pas lagi sayang-sayangnya. yang menjadi permasalahan adalah ketika sampah itu sudah semakin banyak apakah itu baik untuk bumi kita? sepertinya tidak terutama bahan plastik.  Plastik memiliki dampak yang buruk terhadap lingkungan seperti tercemarnya air, tanah dan habitat makhluk hidup.

Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!

kita ilustrasikan saja ketika sampah plastik banyak mencemari lingkungan sekitar kita. yang dimana dalam ekosistem tersebut terdapat banyak hewan dan tumbuhan yang hidup.  racun yang terdapat di dalam plastik akan masuk ke dalam tubuh hewan dan tumbuhan di sekitar ekositem tersebut sehingga akan menjadi racun berantai mengikuti rantai makanan dan pada akhirnya anak kosan bisa keracunan. Plastik juga dapat mengganggu jalur air, menurunkan kesuburan tanah dan menghalangi sirkulasi dalam tanah.

Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!

Sampah plastik menjadi masalah besar dalam lingkungan karena sulit terurai. Plastik memiliki karakteristik stabil dan dapat bertahan lama sehingga sering digunakan untuk kepentingan manusia. Plastik sering digunakan dalam kemasan produk seperti makanan, farmasi, kosmetik, deterjen dan bahan kimia yang sering digunakan oleh kita yang berbahan sintetis. Setiap tahunnya, lebih dari 140 juta ton polimer sintetis diproduksi di seluruh dunia. saatnya kita perang dengan plastik. sampah plastik bisa berteman dengan virus corona untuk menghancurkan bumi. apakabar nasib anak kosan seperti aku?

Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!

Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!

Namun, saat ini, ada kabar baik. ternyata Para ilmuwan telah mengidentifikasi mikroba yang dapat membantu permasalahan sampah plastik tersebut. ya Mikroba tersebut adalah si jagoan  Pseudomonas sp. pseudomonas ini dapat mengunyah beberapa ikatan kimia plastik mengandung polimer atau poliuretan yang tidak bisa meleleh saat dipanaskan dan sulit dihancurkan. polimer dan poliuretan ini semacam rantai berulang atom yang panjang yang terkandung dalam plastik. pseudomonas ini bisa diibaratkan sebagai superman yang datang ketika penjahat sudah mulai menguasai dunia. menurut Hermann Heipieper, ahli mikrobiologi dari Jerman.  “Bakteri ini dapat menggunakan senyawa tersebut sebagai satu-satunya sumber karbon, nitrogen, dan energi,” dimana sumber carbon ini selain untuk nutrisi carbon juga yang membuat pseudomonas bisa tumbuh dan berkembang.

Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!

proses mikroorganisme mampumemecah polimer alam ini dengan bantuan mikroba disebut Biodegradasi.

Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!

Beberapa jenis mikroorganisme yang paling sering dimanfaatkan dalam biodegradasi adalah bakteri. Salah satu jenis bakteri yang banyak diteliti dan memiliki kemampuan mendegradasi plastik adalah Pseudomonas. 

Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!

Bakteri Pseudomonas termasuk dalam golongan bakteri gramnegatif . bakteri ini tidak bisa mempertahankan zat warna kristal violet ketika diamati melalui mikroskop. tidak membentuk spora, berbentuk batang, bergerak dengan satu atau lebih flagela atau ekor cambuk pada bagian tepi. jadi flagel ini membantu pseudomonas untuk bergerak.

Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!

Menurut para peneliti, Pseudomonas sp. berasal dari kelompok bakteri yang dapat mengolah senyawa organik beracun. Ia merupakan keluarga mikro-organisme ekstremofil, yang dapat bertahan hidup di tempat ekstrem di saat makhluk hidup lain tidak mampu. Penemuan ini menjadi langkah awal dalam menangani permasalahan samapah. Para peneliti berharap, bakteri Pseudomonas sp. dapat menjadi cara untuk menuntaskan perang melawan plastik yang sulit didaur ulang. jangan lupa untuk share dan like video kenapa sih ini..kirim pertanyaan kalian di bawah kolom komentar...terimakasih

Video selengkapnya di youtube ya...jangan lupa subsribe ya...kita up channel pendidikan agar indonesia semakin pintar terutama kamu anak kostan !! huft





Video ini di dukung oleh akademi  edukreator indonesia bersama kok bisa?
Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!

sumber :


Nationalgeographic.co.id

Atik Sriningsih dan Maya Shovitri Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Annisa Nur Islami Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan, Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pretKupret dan 49 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
weww mantul edukreatoremoticon-Jempol
Lihat 3 balasan
Lumayan tuh
bisa ternak bakteri
profile-picture
profile-picture
anjinggila666 dan robotdwi memberi reputasi
Lihat 3 balasan
sangat informatif dan berguna bagi para reader nya, nice thread gan emoticon-thumbsup
profile-picture
rifand92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hmm, jd bakteri pemakan plastik itu aslinya muncul secara alami di dunia ini ya, gan.... emoticon-Matabelo
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nice info gan emoticon-Cendol Gan
Setidaknya nggak terbuang percuma ya. Masih ada si bakteri Pseudomonas ini.
Lihat 1 balasan
Apakah bakterinya bisa diterapkan diskala rumah tangga atau skala industri ? Kebetulan Indonesia penyumbang sampah plastik terbesar kedua didunia, bisa diterapkan buat mengurangi masalah itu
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan rifand92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ya jangan lantas semua sampah dibuang ke laut lah emoticon-Sorry
Lihat 1 balasan
Perlu penelitian lebih lanjut nih
Semoga aja bisa jadi solusi untuk penanganan sampah plastik, jadi gk perlu repot repot lagi emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Harus diteliti lebih lanjut, barangkali bisa membantu umat manusia buat ngatasin sampah pelastik emoticon-Smilie

emoticon-Sundul Up
profile-picture
rifand92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
meskipun demikian tidak akan cukup bakteri untuk memakan semua sampah plastik yang sudah terbuang dilaut
Lihat 1 balasan
Menarik juga rupanya
Lihat 1 balasan
Peneliti sekarang emang keren keren dah, semoga bisa mengatasi permasalahan di bumi.
Lihat 1 balasan
kecil kecil superman ternyata emoticon-2 Jempol
edukatif gan emoticon-Jempol


Quote:
profile-picture
rifand92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol info yang bermanfaat
Lihat 1 balasan
Ternyata Makhluk Kecil ini yang Memakan Sampah-sampah Plastik Kita!
profile-picture
meooong memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Dampak covid-19 ancaman sampah di lautemoticon-Nohope
Lihat 1 balasan
trus cara ngembangbiakinnya bgmn
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di