CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Sang Peniup Seruling Hamelin (Pied the Piper)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efdabc8facb957738466ca1/sang-peniup-seruling-hamelin-pied-the-piper

Sang Peniup Seruling Hamelin (Pied the Piper)

Sang Peniup Seruling Hamelin (Pied the Piper)   


emoticon-Hai


Hola gan sis! Setelah sekian lama absen dari dunia Kaskus. Hari ini ane mau kembali bercerita nih.

emoticon-Nyepi

Utas ane kali ini mau membahas cerita legenda yang mungkin agan sista sekalian sudah pernah dengar tetapi samar-samar di ingatan, yaitu Peniup Seruling dari Hamelin atau yang kita biasa kita kenal dengan nama Pied the Piper.

Sang Peniup Seruling Hamelin (Pied the Piper)

Pied the Piper merupakan cerita legenda yang berasal dari Jerman, tepatnya di kota Hamelin. Berlatar pada tahun 1284 di kota Hamelin, cerita ini berawal ketika kota tersebut diserang hama tikus. Dalam usaha memberantas tikus-tikus tersebut, sang wali kota berjanji akan memberikan imbalan yang setimpal bagi siapapun yang berhasil mengusir hama tikus di kota itu.

Sang Peniup Seruling Hamelin (Pied the Piper)

Gambar tertua yang diketahui dari Pied Piper disalin dari jendela kaca Gereja Pasar di Hameln / Hamelin Jerman (c.1300-1633). Sumber gambar: Wikimedia.

Dengan pakaian nya yang meriah dan mencolok, seorang peniup seruling (b. inggris: Piper) muncul entah dari mana. Ia mengaku bahwa ia dapat mengakhiri bencana hama tikus di kota tersebut dengan imbalan yang sudah dijanjikan sebelumnya, sang walikota pun menyetujui. Piper lalu mengeluarkan seruling ajaib nya dan mulai memainkan nya. Tikus-tikus di kota tersebut dibuat tertarik dengan musik yang dimainkan Piper dan mulai mengikuti arah dari sumber musik tersebut. Piper menuntun tikus-tikus tersebut ke sungai Weser dan menenggelamkan nya di sana.

Setelah kesuksesan nya mengusir tikus-tikus tersebut, sang wali kota dan penduduknya ingkar janji dengan tidak memberikan imbalan apapun kepada si peniup seruling. Si peniup seruling pun kesal dan marah pada wali kota dan penduduk kota Hamelin, ia berjanji akan membalaskan dendam nya. Pada hari Santo John dan Paul yang jatuh pada tanggal 26 Juni, Piper kembali untuk membalaskan dendamnya. Ia memainkan musik dengan seruling ajaib nya dan menuntun anak-anak dikota tersebut. 130 anak dituntun meninggalkan kota Hamelin, menuju ke gua dan hilang secara misterius. Hanya 3 anak-anak yang tersisa, anak-anak yang pincang, buta, dan tuli.

Sang Peniup Seruling Hamelin (Pied the Piper)

Terdapat beberapa versi dari cerita ini, namun versi diatas merupakan yang paling terkenal. Nama jalan dimana anak-anak terakhir terlihat adalah Jalan Bungelosenstrasse (jalanan tanpa musik). Sejak saat itu, musik dilarang untuk dimainkan disana. Cerita Pied the Piper pertama kali ditemukan di gereja yang terletak di Hamelin, pada sekitar tahun 1300 setelah masehi. Gereja tersebut hancur pada tahun 1660 namun beberapa manuskrip berhasil diselamatkan.

Arti dibalik cerita legenda ini masih diperdebatkan. Beberapa teori menyebutkan bahwa anak-anak dikota tersebut mati karena wabah penyakit dan kematian direpresentasikan dengan si peniup seruling. Teori lain nya yang lebih kejam menyebutkan bahwa Pied the Piper adalah representasi dari seorang pedophilia yang menculik anak-anak di kota tersebut. Entah apapun teori nya, cerita ini berhasil membuat TS kagum.


emoticon-Matabelo

Sampai jumpa di utas selanjutnya gansis!


emoticon-Salam Kenal


Quote:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
raygunawan54 dan 43 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Ceritanya penuh makna nih... Mantap...
emoticon-2 Jempol
Sang Peniup Seruling Hamelin (Pied the Piper)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andika.1stravel dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
anak sekarang taunya itu lagunya BTS...... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
jagoantigreal dan indrag057 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Ane pernah denger di tivi acara science gitu entah apa namanya tuh acara pokoknya di chanel tv yg pake indiom, katanya tuh cerita aslinya ada rombongan sirkus yg isinya banyak sekte jahat trus mereka stay di kota itu bikin acara pas mau pindah tuh rombongan mereka salah satu anggota nya mancing anak2 kecil masuk ke gua nah tuh anak2 dibunuh di buat semacam ritual gitu trus gak pernah tertangkap orangnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
tandahin dulu.
lagi di jalan ini.
nabti komen di editemoticon-Embarrassment
profile-picture
prabuanom memberi reputasi
wah serem
Ternyata ceritanya gelap ya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meloday dan 2 lainnya memberi reputasi
wah, jd kenyataan dlm sejarah nya msh dlm tanda tanya besar ya, gan.... emoticon-Malu
profile-picture
Madthink memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang Sang Peniup Suling Hamelin.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NecroTorture dan 9 lainnya memberi reputasi
Pernah lihat film kartunnya ini, serem juga ya, anak² dibawa semua...
Ada pelajaran dibalik ceritanya, jangan ingkar janji...
profile-picture
profile-picture
gh20 dan biawakman memberi reputasi
Lihat 6 balasan
keren gan ceritanya emoticon-Salaman
ohgtu ya critanya... emoticon-Toast
profile-picture
indrag057 memberi reputasi
Sang Peniup Seruling Hamelin (Pied the Piper)


Diubah oleh yfel
Lihat 1 balasan
ngeri bgt.
mungkin di siksa ya mereka
profile-picture
snoopze memberi reputasi
akhirnya ada yg bahas. Ternyata masih banyak spekulasi ya, jatohnya legenda.
profile-picture
monicamey memberi reputasi
Diubah oleh makanjajanjalan
ada catatan nya tapi masih diragukan kebenarannya..
emoticon-Bingung
ane tau nya malah Piper Perri gan
emoticon-Shutup
profile-picture
Reizkyzx memberi reputasi
masuk ke cerita rakyat yak. wabah yang dimaksud apakah black death ?
Lihat 2 balasan
Wajar saja Si peniup seruling kesal dan marah

Wali kota dan penduduknya saja ingkar janji dengan tidak memberikan imbalan apapun kepada si peniup seruling

Tidak tahu terima kasih
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
Diubah oleh rfebrian
salah satu kearifan lokalnya jerman ya.. menarik sih, tp sayang kurang lengkap penjelasannya..
balas dendam
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di