CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rais NU Ungkap Kesalahan Baca Alquran Felix Siauw: Sangat Fatal!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efd84baaf7e930d533a4071/rais-nu-ungkap-kesalahan-baca-alquran-felix-siauw-sangat-fatal

Rais NU Ungkap Kesalahan Baca Alquran Felix Siauw: Sangat Fatal!

Rais NU Ungkap Kesalahan Baca Alquran Felix Siauw: Sangat Fatal!

Suara.com - Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Ahmad Ishomuddin melontarkan kritik terhadap pengkhotbah Felix Siauw melalui akun Facebook pribadinya.

Kiai Ishomuddin mengkritik cara Felix Siauw membaca Alquran. Kritikan tersebut dilontarkan terkait video Felix Siauw tengah ceramah dan membacakan ayat Alquran.

Dalam unggahannya di Facebook, KH Ishomuddin menyarankan Felix Siauw agar lebih dulu belajar membaca Alquran secara benar sebelum menjadi ustaz.

“Belajar dulu baca Alquran dengan benar kepada para ahlinya sebelum nenjadi ustaz. (Sebuah Catatan Untuk Felix Siauw) oleh: Ahmad Ishomuddin,” tulis KH Ishomuddin dalam narasi unggahan Facebook yang dikutip Terkini.id, Rabu (1/7/2020).

Dalam video itu, kata KH Ishomuddin, Felix sedang bermaksud menafsirkan kata “hikmat” pada sila keempat Pancasila dengan mengutip Qs al-Jumu’ah ayat 1.

“Baru-baru ini saya membuka Facebook, tidak sengaja menemukan sebuah video singkat Felix Siauw. Saya sengaja menontonnya karena merasa penasaran. Terlihat jelas konteksnya, Felix sedang bermaksud menafsirkan kata 'hikmat' pada sila keempat Pancasila dengan mengutip Qs. al-Jumu’ah ayat 1 di hadapan beberapa orang berseragam putih-putih, sepertinya seragam pasukan FPI. Mungkin saja motifnya agar ia sebagai tokoh ex-HTI tidak lagi dituduh sebagai orang yang anti Pancasila,” tulis KH Ishomuddin.

KH Ishomuddin mengungkapkan, Felix Siauw melakukan banyak kekeliruan saat membaca Qs. al-Jumu’ah ayat 1 tersebut.

“Seperti sudah saya duga, Felix nyata-nyata melakukan amat banyak kekeliruan meski hanya membaca satu ayat al-Qur’an, yaitu Qs. al-Jumu’ah ayat 1 itu. Kesalahan itu menurut ilmu tajwid bukan terkategori sebagai kesalahan yang ringan (al-khatha’ al-khafiy), melainkan kesalahan yang fatal (al-khatha’ al-jaliy),” ujar KH Ishomuddin.

“Saya tidak terkejut melihat Felix keliru fatal membaca ayat, apalagi bila ia nekad menafsirkannya, jelas berdasarkan hawa nafsu, bukan dilandasi ilmu. Kekeliruannya itu wajar karena bekal ilmu agamanya yang amat terbatas dan belum memadai,” sambungnya

“Kesalahan fatal lainnya, Felix telah mengurangi dua kata dalam satu redaksi ayat di atas, yaitu satu kata benda 'ma' dan satu huruf jarr/ preposition dalam kalimat yang lengkapnya adalah 'wa ma fil-ardli', sehingga menjadi 'wal-ardli',” ujarnya.

“Padahal, membaca alquran dengan benar itu wajib, sehingga bacaan yang sebaliknya seperti mengurangi satu huruf saja (nuqshan al-harfi) dari ayat alquran atau menambahinya satu huruf (ziyadat al-harfi), menukar satu huruf dengan huruf lainnya (tabdil al-harfi bil-harfi), atau merubah beberapa harakat dan sukun (taghyir al-harakat wa al-sakanat) itu terkategori sebagai kesalahan fatal atau al-khatha’ al-jaliy, yang jelas hukumnya haram,” jelasnya.

Selain itu, lanjut KH Ishomuddin, kekeliruan Felix yang lainnya terkait bacaannya atas Qs. al-Jumu’ah ayat 1 sepertinya karena ia sama sekali tidak memahami tata Bahasa Arab, terutama ilmu dasar yaitu Ilmu Nahwu/sintaksis dan Ilmu Sharf/morfologi.

“Felix agaknya tidak paham Ilmu al-Sharf, sehingga ia tidak mampu membedakan mana ayat al-Qur’an yang diawali dengan kata kerja bentuk lampau (fi’il al-madli) “sabbaha” dan mana ayat yang diawali dengan kata kerja bentuk sekarang atau yang akan datang (fi’il al-mudlari’) “yusabbihu”,” ujar KH Ishomuddin.

“Bagi siapa saja yang tidak benar-benar kuat hapalan bacaan al-Qur’annya, kedua kata kerja berbeda bentuk di atas berpotensi diletakkan bukan pada redaksi ayat yang tepat. Padahal kata “tasbih” di dalam al-Qur’an kadangkala ditulis atau dibaca dalam salah satu dari empat bentuk, yaitu al-mashdar seperti firman Allah, al-madli seperti, al-mudhari’ seperti firman Allah, atau al-amr seperti firman Allah ta’ala,” tambahnya.

Menurutnya, penyebab kekeliruan fatal dari Felix Siauw dalam membaca Qs. al-Jumu’ah ayat 1 adalah bahwa ia tidak mampu meng-i’rab, yakni tidak mampu menganalisis posisi suatu kata dalam rangkaian kalimat dengan tinjauan aneka ilmu kebahasaan demi memperjelas maknanya.

“Perubahan akhir sebuah kata dalam satu rangkaian kalimat sempurna itu disebabkan adanya perbedaan faktor yang menyertainya,” terangnya.

Hingga berita ini dibuat, unggahan kritikan KH Ahmad Ishomuddin terhadap ustadz Felix Siauw tersebut telah dikomentari puluhan netizen dan dibagikan sebanyak 794 kali.

“Seperti sudah saya duga, Felix nyata-nyata melakukan amat banyak kekeliruan meski hanya membaca satu ayat al-Qur’an, yaitu Qs. al-Jumu’ah ayat 1 itu. Kesalahan itu menurut ilmu tajwid bukan terkategori sebagai kesalahan yang ringan (al-khatha’ al-khafiy), melainkan kesalahan yang fatal (al-khatha’ al-jaliy),” ujar KH Ishomuddin.

“Saya tidak terkejut melihat Felix keliru fatal membaca ayat, apalagi bila ia nekad menafsirkannya, jelas berdasarkan hawa nafsu, bukan dilandasi ilmu. Kekeliruannya itu wajar karena bekal ilmu agamanya yang amat terbatas dan belum memadai,” sambungnya.

Kesalahan fatal lainnya, kata KH Ishomuddin, Felix telah mengurangi dua kata dalam satu redaksi di ayat 1 QS al-Jumu’ah tersebut.


Rais NU Ungkap Kesalahan Baca Alquran Felix Siauw: Sangat Fatal!

Ustadz Felix Siauw adalah salah satu guru para Mujahid. Bahkan Influencer sekelas Baim Wong aja mau berguru kepada Beliau. Siapa tahu nanti Kyai-Kyai dari NU juga akan belajar juga sama Ustadz Felix, Insya Allah.

Ustadz Felix itu ulama yang lisan dan perbuatannya dijaga oleh Allah SWT. Nggak mungkin salah ucap dalam membaca ayat suci.

Ustadz Felix itu seorang yang sangat terpelajar yang istiqomah dalam memperjuangkan Khilafah. Jadi, Beliau sangat dijaga oleh Allah SWT.

Bagi kalian yang Juz Amma' aja blm khatam, gak usah mengkoreksi Ustadz Felix dll. Gus Nur, Bunda Neno, KH. Sobri Lubis, Ustadz Felix dll adalah sosok-sosok pemimpin umat dalam menegakkan Khilafah, yang mustahil salah dalam membaca kitab suci.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakcikanto dan 58 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Gemaind
Halaman 1 dari 11
Busettt...

Duluuu si haikal abis d kritik ga pantes d panggil ustad...

Neno warisman kena juga tuhhh baca ayat kayak ga tau hukum dan aturanya...

Sekarang si felix???

Gw sehh percaya org orang yg ada d barisan ini kalo mau bicara agama yg beneran bakal belepotan...

Sayangny masih banyak yg mau ngikut tausiyahnya...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kagemane4869 dan 80 lainnya memberi reputasi
Lihat 76 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 76 balasan
Felix kwetiau ceramah itu buat cari makan, tolol aja yg jadiin dia ustad buat belajar agama.
Lebih tolol lagi yg muslim dr lahir belajar ke mualaf yg gak jelas jejak pendidikan agamanya.
Makanya gak heran banyak muslim yg sumbu pendek pentol korek, kofar kafir..
emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ingkak dan 70 lainnya memberi reputasi
Lihat 60 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 60 balasan
hanya begitu saja?

felix miaw anjing emoticon-anjing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arhans dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
gobloknya kadrun...asal anti jokowi trus rada punya ilmu agama dikit langsung auto ustdaz dan di puja2....

kalian bkn pembela agama tapi tukang bikin sesat agama sendiri..

Ustdaz itu adalah guru ajaran agama islam layaknya guru2 di sekolahan yg kudu belajar menimba ilmu bertahun2 hingga bisa menjadi guru suatu ilmu di lembaga pendidikan.
Kalian mau anak kalian punya guru yg kagak jelas pendidikannya.
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gabener.edan
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
hahaha emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikanasinkeju dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ya wajar ilmunya kurang wong dia mualaf kl ane ga salah

yg goblok yg kasih dia panggung jadi ustad atau si felix nya yg goblok sok ngustad

jelas" mualaf ilmu masih 0, mondok juga mungkin blm pernah entah bahasa arab bisa atau gak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c33e33z
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Jadi usatdz dengan cara instan?ikuti cara Felix Siauw,emoticon-2 Jempol
Di jamin bakal banyak undangan yang datang kerumah loe emoticon-2 Jempol


Bat@!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Lebih baik koreksi secara pribadi aja tadz...ngomong dibelakang,,,,
Eh dik lik ... kamu itu makhrajnya aku koreksi,,,
Eh tazd,,, terimakasih koreksiannya sy juga lagi belajar,,,,
yo wis.... rapopo,,,gitu aja kok repot,,,emoticon-shakehand

kalo rukun kan enak,,,yang pusing cuma buzzer jadi jobless
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mehoynomaho dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Tajwidnya perbaiki lagi.
Jangan lupa QOLQOLAH-nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bowie.saputera dan 13 lainnya memberi reputasi
Rais NU Ungkap Kesalahan Baca Alquran Felix Siauw: Sangat Fatal!
Rais NU Ungkap Kesalahan Baca Alquran Felix Siauw: Sangat Fatal!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ingkak dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh galonaire
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Dah ada lembaga yang oke macem MUI tapi pada kagak mau bikin standard buat jadi guru agama. Lama lama kalo standard sama mutu berubah malah perang antar sesama. Masing masing nyari pembenaran karena standardnya ada.

Yang lebih susah bikin standard halal aja bisa yang tiap periode kudu di audit. Mestinya bisalah bikin standard guru agama sendiri.


emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pasir_berbisik dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Yg goblok mau dengerin si kwetiuw...cina kok didengerin ....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Paling kalau terlalu parah nanti ada yg bikin narasi kalau dia susupan aseng buat hancurin islam dari dalam emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ingkak dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh aleet
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mirip ustad kemed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bowie.saputera dan 4 lainnya memberi reputasi
Si kwetiau lebih dihormati sama kadrun dibandingkan yg emang bener2 ahli macam Quraish Shihab

Maka gak heran kelakuan kadrun jahanamnya kayak gimana emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
legowopanji dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Makanya, butuh sistem kompetensi atau standarisasi utk sebutan "ustadz" ataupun "ulama", gak boleh asal disematkan doank, akibatnya fatal, ga punya dasar ilmunya, malah menyesatkan orang yg ga ngerti..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ntar kayak temennya emoticon-Big Grin

belajar di google , tapi ngaku langsung dari Nabi

btw belajar ngaji di pesantren NU memang detail begitu . bacaannya harus bener2 bagus & bener
jadi gw yakin gak ada yg berani bantah .

paling ntar ada yg bilang, ngasih taunya diem2 aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
duha14 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
udstadz anyaran, yg dengar juga anak baru hijrah emoticon-Traveller
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Kwetiau mah bebas.....dewa nya kadrun...yg bertentangan palingan di cap haram jadah sama kadrun.....emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di