CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efd7555c0cad7710b6f7f4c/jangan-mikir-aneh---aneh-bisa---bisa-kamu-terserang-penyakit--psikosomatis

Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis

Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis

Pikiran kita memang memiliki kekuatan yang luar biasa. Namun terkadang apa yang ada di dalam pikiran kita tidak selamanya membawa pengaruh positif untuk hidup, melainkan juga membawa penyakit yang bisa dirasakan secara nyata oleh tubuh. Kenapa bisa begitu? Hal itu karena kita berpikir negatif hingga membuat diri sendiri stress. Kondisi tubuh yang stres/ tertekan inilah yang kemudian akan memunculkan gejala sakit berupa sakit pundak, leher tegang, kepala pusing, sakit lambung, gangguan menstruasi (pada wanita) hingga kelumpuhan seperti yang terjadi pada penderita stroke.

Fenomena sakit karena pikiran buruk kita dinamakan dengan penyakit psikosomatis. Berasal dari gabungan dua kata, yaitu "psikis" dan "soma" yang masing - masing memiliki makna pikiran dan tubuh. Sehingga psikosomatis dapat diartikan sebagai pikiran yang mempengaruhi tubuh.



Kita pasti pernah merasakan emosi kesedihan, kemarahan dan kebahagiaan. Semua menampakkan tanda yang bisa kita rasakan dengan jelas. Seperti ketika kita marah, jantung kita berdetak lebih cepat, hawa tubuh jadi panas, berkeringat dan hilang kendali. Begitupun saat sedih, rasanya dada sesak penuh beban, ingin menangis dan berteriak. Saat bahagia juga hati terasa sejuk, badan jadi ringan dan nuansa cerah menghinggapi kita selama hati merasa bahagia. Emosi - emosi tersebut dapat mempengaruhi tubuh kita, bukan?

Menurut seorang hipnoterapis, Yulianti Wijoyo, manusia memiliki dua jenis pikiran yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar yang jika keduanya saling terhubung dapat membentuk sebuah emosi. Ketika tubuh seseorang mengalami gejala suatu penyakit seperti nyeri dada, lalu dia berpikir terkena jantung coroner sehingga pikirannya terhubung dengan tubuhnya menimbulkan emosi takut. Ketakutan ini tanpa dia sadari terus berulang, membuat dia memprogram pikiran bawah sadarnya menjadi semakin kuat. Akhirnya penyakit itu benar - benar muncul akibat keyakinan dirinya sendiri, walaupun sebenarnya nyeri dada yang dia rasakan selama ini hanyalah efek benturan kecil yang sengaja dipikirkan terlalu jauh dan dibesar - besarkan.

Penyakit psikosomatis juga bisa terjadi karena orang lain yang membuat pikiran kita kacau dan stress. Entah itu karena orang lain menghujat, membully dan menghina kita dengan kata - kata yang menyakitkan. Mungkin sampai kita merasa apa yang mereka tuduhkan pada diri kita benar sehingga pikiran kita ikut meng-"iya"-kan kata - kata mereka, membuat hati kita sedih, pikiran tertekan hingga tubuh menunjukkan reaksi yang tidak bisa dibohongi. Kita sakit secara fisik dan mental karena kita sendiri yang telah mengizinkan sugesti negatif itu masuk ke dalam diri kita.

Jadi gaes, berhati - hatilah dengan pikiran kita. Jangan berpikir yang aneh - aneh dan jelek - jelek tentang diri sendiri. Budayakan berpikir positif untuk menghindarkan pikiran dan tubuh kita dari kondisi stres, karena stres adalah asal muasal dari segala penyakit. Jika memang perlu, hindarilah orang - orang yang berpotensi membuat hidup gansist stress. Agar kita sehat secara fisik dan mental.

Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat! Jangan lupa follow adnanami di kaskus dan facebook. Untuk thread berfaedah lainnya, kalian bisa klik gambar banner di bawah ini ya! See you next, time!

Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis

Sumber tulisan :
1.apa itu psikosomatis

Sumber gambar :
1.alodokter
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 45 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adnanami
Halaman 1 dari 5
emoticon-Pertamax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
ayo jaga kesehatan mental kita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
Sebisa mungkin hindari fake & toxic people




emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
hidup itu simpel tinggalkan yg bikin rumit .. dan enjoykan saga ga usah nurutin gengsi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Susah buat menghindari orang-orang yang bikin stress itu, Gan.
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jangan Mikir Aneh - Aneh! Bisa - Bisa Kamu Terserang Penyakit Psikosomatis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Aku udah follow kamu ko, Ichaemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan Enisutri memberi reputasi
Lihat 22 balasan
kayak overthinking gitu juga ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KzRaItoN
Lihat 1 balasan
Banyak berpikiran positif saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
akibat overthinking omongan orang...
untung saya orangnya cuek emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Quote:


Saya suka gitu tuh sis, kalau mereka sudah nefthink dipikirin, kadang telmi juga, kepikirannya kalau uda lama gituemoticon-Cape d...

Quote:


Bisa ngga sih jadi mengarah ke lebih jauh seperti penyakit artis kita tuh yang gue elu end
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan Enisutri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
klo uang bnyk jg
psti berfikir positif

smua prmaslh mngakar k uang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
batakolonjong dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
intinya jangan mikir yang aneh-aneh mikir yang positif positif saja apalagi lagi pandemi begini kan rawan bangett orang berpikiran negatif karna takut terkena virua corona pilek dikit langsung mikirnya kena corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
gak punya uang bikin pikiran sakit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane sering mikirin Amanda Caessa gmn ya Gan...
tiap malam bayangin ada di sebelah dia... emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sugesti emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
memang segala sesuatu yang berlebihan tidak dianjurkan

emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fikrullah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan

Ngerasa Se-akan² Punggung Gatal.

Klogat-klogèt terus²an
{thread_title}
sampai rasa gatal reda atau merasa capèk ber-goyang².
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Jadi hrusnya kita bodo amat ya gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di