CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Mari Kenali Jenis Chipset Yang Sering Digunakan Di Smartphone, Kamu Pakai Yang Mana?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efd7000263772315555b42b/mari-kenali-jenis-chipset-yang-sering-digunakan-di-smartphone-kamu-pakai-yang-mana

Mari Kenali Jenis Chipset Yang Sering Digunakan Di Smartphone, Kamu Pakai Yang Mana?

Quote:

Ketika ingin membeli sebuah smartphone, maka selain kemampuan kameranya, kita juga harus memperhatikan chipset yang dipakai pada smartphone tersebut.
Terlebih lagi bagi agan sista yang kecanduan bermain game mobile.
Karena chipset memegang peran penting dalam menjalankan game-game online saat ini.

Karena chipset merupakan otak dalam smartphone yang membuat pengalaman bermain game menjadi lebih maksimal.
Chipset atau processor juga menjadi salah satu tolak ukur terbaik apakah smartphone tersebut bisa ngebut saat dipakai bermain game atau tidak.

Dan pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi kepada agan dan sista semua mengenai jenis-jenis chipset yang dipakai pada perangkat smartphone saat ini beserta keunggulannya masing-masing.
Dan berikut ini adalah beberapa jenis prosesor atau chipset yang sering dipakai pada smartphone, yaitu :

1. Snapdragon
Quote:
Snapdragon merupakan sebuah chipset yang paling banyak sekali ditemukan pada perangkat smartphone untuk saat ini. Baik itu untuk smartphone kelas entry level maupun untuk smartphone kelas flagship. Snapdragon merupakan sebuah produk keluaran dari Qualcomm yang di klaim memiliki keunggulan dalam segi performa, segi konsumsi daya, segi dukungan grafis dan juga dalam segi koneksi yang sudah di dukung pada jaringan 5G. Karena keunggulan yang dimilikinya, maka chipset yang satu ini banyak digunakan pada perangkat smartphone gaming untuk saat ini. Chipset yang terbaru dari Snapdragon untuk saat ini adalah Snapdragon 865.

2. Exynos
Quote:
Exynos merupakan divisi pengembangan sistem on chip atau sering disebut dengan soc yang dikembangkan dan digunakan pada perangkat smartphone buatan Samsung. Chipset dengan nama Exynos ini di klaim mampu menjalankan game-game HD tanpa lag. Chipset Exynos ini juga memiliki keunggulan pada segi grafis dan juga dalam segi konsumsi daya. Sehingga chipset yang satu ini juga cocok sekali untuk smartphone gaming. Terlebih lagi chipset yang satu ini disandingkan dengan GPU Mali yang merupakan salah satu GPU terbaik. Meski chipset Exynos ini dibuat oleh Samsung sendiri, namun chipset yang satu ini juga bisa agan sista temukan pada smartphone keluaran Meizu dan Lenovo.

3. MediaTek
Quote:
MediaTek atau biasa disebut dengan MTK merupakan sebuah chipset yang juga banyak dipakai pada perangkat smartphone saat ini. Terutama untuk perangkat smartphone keluaran Asia. Meski tergolong sangat murah karena menargetkan pasar smartphone kelas menengah saja, namun bukan berarti prosesor MediaTek ini memiliki kualitas yang buruk ya gansis. Dan salah satu chipset terbaik dari MTK untuk saat ini adalah helio seri A dan juga seri P yang sudah dilengkapi dengan prosesor 10 inti-core 64 bit up to 2,2 GHz dan GPU Mali 450 yang mengutamakan grafis dan performa pada perangkat smartphone.

4. Intel
Quote:
Kini Intel tidak hanya membuat chipset untuk perangkat Pc atau Laptop saja, namun Intel juga memiliki chipset untuk perangkat smartphone yang di klaim tidak boros baterai dan minim overheat, yaitu Intel Atom X3. Salah satu keunggulan chipset yang satu ini adalah kemampuan prosesor dual-core yang dimilikinya yang diklaim hampir sama dengan prosesor quad-core. Dan chipset yang satu ini dulunya banyak digunakan pada smartphone merek Asus.

5. Hisilicon Kirin
Quote:
Kirin dari Hisilicon adalah sebuah produk chipset eksklusif yang hingga saat ini hanya digunakan oleh perangkat smartphone dari Huawei saja. Dan tidak heran apabila beberapa orang cukup asing dengan namanya tersebut. Meski demikian, performa dari Kirin yang menjadi andalan dari Hisilicon ini tidak boleh dianggap enteng ya gansis. Karena Kirin merupakan prosesor soc dengan fitur terkuat qual intelegensi di dunia yang mampu membuat kinerja smartphone menjadi lebih efektif.

6. Nvidia Tegra
Quote:
Tidak mau ketinggalan, Nvidia yang di kenal sebagai produsen kartu grafis perangkat Pc dan Laptop gaming murah ini ternyata juga memiliki chipset untuk perangkat smartphone. Chipset keluaran Nvidia ini dikenal sebagai pencetus penggunaan quad-core smartphone. Dimana chipset lain hanya menggunakan dual-core sebelumnya, namun Nvidia sudah menggunakan quad-core. Chipset yang terbaru dari Tegra adalah Nvidia Tegra X1 yang sudah quad-core yang memiliki cortex A57. Chipset yang satu ini dikhususkan buat para pencinta game yang tahan berlama-lama bermain game HD seharian pada perangkat smartphone mereka. Namun ada sebuah kekurangan dari chipset yang satu ini, yaitu terlalu banyak mengkonsumsi daya. Akan tetapi meski demikian, ternyata masih banyak juga brand-brand smartphone yang tetap menggunakan chipset yang satu ini pada perangkat mereka.

7. Apple Bionic
Quote:
Chipset Bionic dirakit secara in house oleh Apple sendiri. Soc dari seri A rilisan dari sebuah perusahaan asal California ini memang menawarkan optimalisasi yang sangat luar biasa untuk meraih harmonisasi pada perangkat software maupun pada perangkat hardware. Soc dengan kemampuan grafis terkencang ini bisa agan sista temukan pada perangkat smartphone buatan Apple.


Quote:

Oke, itulah informasi mengenai jenis-jenis chipset pada smartphone yang sering dipakai saat ini yang bisa saya bagikan kepada agan sista semuanya. Jika ada tambahan informasi yang saya bagikan kali ini, maka agan sista bisa tambahkan pada kolom komentardibawah thread ini. Terimakasih dan sampai jumpa pada kesempatan thread berikutnya. Semoga threadnya bermanfaat bagi agan dan sista semua.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
edv039 dan 48 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
sip gan, bermanfaat👍
kbanyakan iklan skrg cmn nampilin kamera sama ram dan storage doang emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
taunya snapdragon & mediatek
profile-picture
KiuDhe memberi reputasi
mantep dah exynos rumornya pake gpu amd untuk seri terbarunya
Diubah oleh room97940
Tetep yg terbaik memang apple bionic wkwk emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
akikazu14 dan robotdwi memberi reputasi
chipset apple bionic memang andalan sejuta umat emoticon-thumbsup
profile-picture
robotdwi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Semua pernah pake.. Nvidia karen di zamannya, intel bagus tapi kurang pemasaran, Snapdragon jangan tanya, kirin sama Exynos mah buat sendiri aja, MTK Helio boleh juga..

apel bionik kroak... kelaut aja.
profile-picture
profile-picture
anggrekbulan dan king.aslan memberi reputasi
Lihat 3 balasan
hp ane snapdragon semua gan....
yg ane tau snapdragon, mediatek, eksinos, kirin, bionic yg masih kelihatan. kalo intel apalagi tegra jarang denger hp yg make. kira2 kalo masih ada pun di merk apa ya ? emoticon-Bingung

user mediaketek numpang mejeng. emoticon-Baby Boy 1
profile-picture
room97940 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
mayan lah buatreferensi beli batagor
Punya ane mediatek gan emoticon-Big Grin
profile-picture
rooenny memberi reputasi
pantes jarang nemu, ternyata kirin yg make huawei doang
Lihat 4 balasan
ane yg no 1, gan.... chip sejuta umat nya ponsel pintar tuh.... emoticon-Malu (S)
Diubah oleh yoseful
bionic khusus di epel doang ye. ane make snapdragon karang, dulu" pernah ngerasain mediatek juga
Amd on the go
snapdragon boss emoticon-Traveller
profile-picture
waluyojati121 memberi reputasi
Apple CEOnya yg baru homo kan?
profile-picture
profile-picture
jlamp dan candra111 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
SnapNaga...
exynos 9611 yg buat main ML patah² nyimak emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Kirin ama apple bionic itu cuman di pakai apa hp huawei dan apple aja kah?
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di