CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efd6986dbf7641f000bf5b1/cara-berbakti

Cara Berbakti

Gimana ya gan caranya berbakti ke orang tua/ mertua yang
1. Menilai anaknya berdasarkan uang yg diberi anaknya
2. Selalu merasa kurang dengan pemberian anaknya
3. Tidak ada inisiatif menghemat pengeluaran
4. Tidak kreatif membelanjakan uang
5. Menuntut lebih dari jatah bulanan
6. Gengsi jika punya barang murah
7. Tidak pernah menolak iuran2 yg ga penting
8. Menyindir anak dgn dalil2 dan hadis tentang sedekah

Fyi, budaya membeda2kan anak sesuai uang ini sudah ada sejak jaman nenek, jadi nenek memperlakukan ibuku seperti ini juga shg aku takut sifat itu akan menurun ke orang tua

Sbg contoh :
Aku memberi jatah bulanan 2.5 juta kepada ibuku (jumlah yg sama saat lockdown ataupun normal) Suatu hari ibuku diberi oleh bibiku yg tajir uang 2 juta karena bibiku ingin membelikan hp baru untuk adik aku. Namun dia mengeluh tak bisa membelikan karena tak ada uang lebih. Sehingga ia meminta uang tambahan. Saya tanya kenapa uang 2 juta tak cukup? Karena ia ingin membeli merk samsvng. Nah! Itu yg membuat saya kesal. Akhirnya saya tawarkan hp xiaomay yg di bawah 2 juta. Katanya merk china jelek. Akhirnya saya biarkan saja. Lalu tiba saatnya saya gajian dan saya transfer 2.5 juta.. Lalu mengeluh lagi tak ada uang buat beli sepatu baru adikku. Dalam hati saya, apa tidak bisa beliau menyisihkan dari 2.5 juta ini untuk membeli sepatu yg harganya 100k an? Beliau beralasan harga barang2 naik. Maksud saya toh dalam masa psbb seharusnya beliau tidak mengeluarkan biaya transport untuk mengantar sekolah adik saya karena sedang libur. Namun saya liat status wa nya sedang kumpul2 dengan teman2 nya. Maksudku saya ingin ibu saya ini berkorban sedikiit saja dengan menghemat uang yg saya berikan sehingga cukup utk memenuhi kebutuhan. Dengan tidak kumpul2, tidak iuran hal2 yg ga penting (spt iuran cenderamata perpisahan, dll), dan tidak gengsian membeli hp dengan merk x. Andai saja dia berpikiran uang 2 juta ini bisa saya belikan hp xiomay 1.8jt + sepatu. Pasti akan cukup. Ya kalau dia tetep kekeuh pengen beli samsvng yg harganya 2.5 juta lalu minta tambahan uang bulanan lalu saya tidak kasih lebih (karena saya sdg nabung) Itu akan trlihat seperti saya anak durhaka karena tidak membahagiakan ortu. Itulah yg saya maksud tidak ada inisiatif dan kreatif membelanjakan uang.
Saya liat orang terdekat saya ibu2 akan memakai segala macam cara agar bisa menghemat pengeluaran karena kasihan liat suami bekerja keras. Nah ini kenapa ibu saya biasa aja liat anaknya banting tulang, malah merasa kurang terus. Uanh segitu ditambah kontrakan harusnya cukup. Ibu saya tipe orang yg ga berani sama orang lain tapi berani sama anak sendiri. Dia ga berani nagih uang kontrakan tapi berani menuntut anaknya ini itu. Sumpah aku ga ngerti lagi harus berbakti dengan cara apa. Karena bagi dia, berbakti = uang. Sementara saya sudah sepakat memberikan ortu dengan jumlah tersebut kepada pasangan saya.

Susahnya berbakti ke orang tua/mertua yg kurang bersyukur 😭
Jika anakku besar kelak, melihatnya berakhlak mulia dan bertakwa kepada Tuhan saja saya sudah sangat bersyukur. Tidak perlu lah anakku memberi uang ini itu. Makanya saya harus bijak menggunakan uang untk sekarang dan dana pensiun.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
Ya Alloh dramanya belum kelar2 juga ya..

Suaminya harus tegas, dan realistis dg keadaan.
Toxic parent bgt..tp kayak gitu agama dipake buat pembelaan.
Diubah oleh encielh
Lihat 1 balasan
ortu yg kolot gitu ga akan berubah krn sudah mengakar di dalam jiwanya. mau ente gmg ato nasehatin apa aja ga bakal masuk. krn dia merasa paling benar. saran ane ya tetep ente kasih duit segitu. masa bodoh beliau mau mikir apa ttg ente, mau ngapain aja, yg pnting ente udah kasih nafkah. kalo tiba2 duitnya kurang krn sifat hedonnyo, bilang aja dg tegas uang bulanan dr ente tetep segitu.

ente serumah ato ga? kalo ga ya bagusla. ga usa terlalu sering2 komunikasi ato ketemu biar ente ga stres. kalo masih serumah, mending ente pindah. kalo ga bisa, terpaksa acuh aja.
Lihat 1 balasan
Ini solusi nya mudah...cuman 2 aja.

1. Stop pemberian uang selama 3 bulan. ( harus berani tega )
2. Tapi selama itu pula TS transfer via orang yang dipercaya utk support adiknya.

Gw jamin dah...kagak berani lagi minta2 tambah. Ini bukan kejam atau durhaka tapi memberikan arti rasa bersyukur karena kedewasaan itu tak selalu berbanding lurus dengan usia.


Sekian.
profile-picture
profile-picture
suhai91 dan cewieClown memberi reputasi
Lihat 1 balasan
thread anda seperti DraKor😒
Lihat 1 balasan
warisan suami kaga ada emang? segitunya minta setoran ditambah
Lihat 1 balasan
Ente bilang aja "saat ini saya mampu nya ngasih segitu...klo gaji saya naik... Saya tambah..."

Katakan itu terus setiap kali ibu ente minta lebih.... Katakan dg lembut walaupun ente dimaki2 ibu ente...
profile-picture
suhai91 memberi reputasi
kok gua liatnya kayak liat sinteron setiap siang ya


baru pertama kali ane liat kasus kayak gini


kalu gua gitu sihh


gampang

take it or leave it

kalo dia nyinggung masalah hadis jaga orang tua

gua counter pake hadis pentingnya menafkahi keluarga dan anak


beres

dibenci gk masalah yang penting gua melindungi dan menjalankan bakti ane sebagai anak


dalam bakti itu lebih penting aksi daripada pendapat
Lihat 2 balasan
Sabar ya gan.. ini ujian.. ujian emang bisa lewat orang tua atau mertua kita.. yang penting agan kan sudah berusaha berbakti kepada orang tua dengan semampu agan.. Semoga orang tua agan bisa segera sadar akan sikapnya ya gan dan lebih bisa bersyukur.
profile-picture
suhai91 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di