CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Beredar Surat Pemerintah Setop Program Paket Pelatihan di Kartu Prakerja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efd1e5588b3cb4c26344305/beredar-surat-pemerintah-setop-program-paket-pelatihan-di-kartu-prakerja

Beredar Surat Pemerintah Setop Program Paket Pelatihan di Kartu Prakerja

Beredar Surat Pemerintah Setop Program Paket Pelatihan di Kartu Prakerja

Beredar surat pemerintah menyetop program paket pelatihan di kartu prakerja. Keputusan ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari dalam surat yang ditujukan kepada mitra penyedia layanan yang menyediakan paket pelatihan di program tersebut.

"Manajemen pelaksana memutuskan untuk menghentikan seluruh transaksi dan penjualan paket pelatihan yang ditawarkan oleh mitra platform digital agar pelaksanaan program kartu prakerja dapat dilakukan sesuai dengan aturan perundang-undangan," kata Denni dalam surat pemberitahuan yang didapat kumparan, Rabu (1/7).

Namun, surat tersebut tidak menjelaskan paket pelatihan apa saja yang dimaksud.

Dengan adanya keputusan ini, Denni meminta seluruh mitra platform digital untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan. Termasuk, mencabut dan menghentikan penjualan paket pelatihan.

Surat keputusan ini ditujukan bagi mitra prakerja yaitu Bukalapak, MauBelajarApa, Pijar Mahir, Pintaria, SekolahMu, Sisnaker, Skill Academi by Ruangguru dan Tokopedia.
Beredar Surat Pemerintah Setop Program Paket Pelatihan di Kartu Prakerja

Denni mengatakan penghentian paket pelatihan ini berdasarkan evaluasi yang dilakukan pelaksana program kartu prakerja. Berdasarkan evaluasi, ada beberapa hal yang menjadi catatan.

Pertama, beberapa mitra platform digital membuat dan menawarkan produk paket pelatihan yang terdiri dari beberapa jenis atau kelas pelatihan oleh satu atau beberapa lembaga pelatihan di masing-masing platform.

Kedua, tak ada mekanisme yang dapat memastikan tiap peserta yang mengambil atau membeli paket pelatihan menyelesaikan seluruh jenis atau kelas pelatihan. Akibatnya, tidak ada laporan mengenai penilaian peserta pelatihan.

Atas dasar ini, manajemen pelaksana tak dapat melaksanakan tugasnya untuk melakukan evaluasi terhadap satu atau beberapa jenis atau kelas pelatihan yang ada dalam paket tersebut.

Beredar Surat Pemerintah Setop Program Paket Pelatihan di Kartu Prakerja

Ketika dikonfirmasi, Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky membenarkan adanya surat tersebut. Namun, ia menegaskan pelatihan kartu prakerja tidak disetop. Yang dihentikan hanya lah paket pelatihan yang terdiri dari beberapa jenis pelatihan dari satu atau lembaga yang berbeda.

"Paketnya yang disetop. Bukan pelatihannya. Kalau dia lebih dari satu pelatihan, dijual secara bundling ini disetop. Pemaketannnya disetop. Alasannya karena informasi penyelesaiannya paketnya tidak lengkap. Ini tidak memenuhi persyaratan Permenko Nomor 3/2020," ujar Panji.

Pemernko Nomor 3 Tahun 020 merupakan permenko tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturaan Presiden Nomor 36/2020 tentang pengembangan kompetensi kerja melalui program kartu prakerja.

sumber

***
Katanya dihentikan biar sesuai dengan aturan perundang-undangan?

Bagaimana dengan yang sudah jalan. 1,6 Triliun lho duit negara sudah digelontorkan.

Kok bikin aturan seenaknya aja?
Apa karena duit negara sudah nga ada lantas dihentikan?
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 36 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
ohhh gimana proyek buat lahan basahnya, ada duitnya gak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
yg penting udah duit udah masuk kantong, buat cebong yg belum kebagian. tetep usaha jilatin pantat junjungannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Harus berterimakasih ama yang kemaren bikin viral
Biarpun akhirnya dia di cap kadrun anti kebhinekaan pendukung kilapah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Program yang baik sebenernya, tapi dirilisnya tergesa-gesa, perencanaan nya juga kurang matang sehingga sejumlah tahapan terlewati, penunjukan mitra hingga akurasi jenis pelatihan yang ditawarkan banyak jadi pertanyaan, sosialisasi ke publik juga kurang.
Quote:


Dan temuan KPK ada potensi kerugian negara di program Kartu Prakerja.

Potensi kerugian negara didapat setelah KPK melakukan kajian, bahwa metode pelatihan dalam program tersebut dilakukan secara daring sangat tidak efektif.

"Metode pelaksanaan program pelatihan berpotensi fiktif, tidak efektif, dan merugikan keuangan negara," ungkap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, dalam kajian program kartu prakerja melalui daring, Kamis, 18/6/2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hendrik.daploen dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
dana nya 5,7T kpk wajib menganalisa

duit besar banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bobby.boy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 34 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 34 balasan
Beredar Surat Pemerintah Setop Program Paket Pelatihan di Kartu Prakerja

BUBARKAN PDIP emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bobby.boy dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Duhh kok udah tutup aja

Padahal ane mau bikin saingan nya, materi nya ambil dari youtube

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
entop dan rizaldi.sarpin memberi reputasi
Duit klo d bagi2 ke rakyat bakal jadi masalah kaya pemerintah bangun MRT, jalan tol,LRT dll. Lain halnya klo duit diem2 d bagi ke elite politik

emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh smogal
Program Jadi Buzzerp aman👍😎
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Beredar Surat Pemerintah Setop Program Paket Pelatihan di Kartu Prakerja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 23 lainnya memberi reputasi
bikin sendiri
blunder sendiri
nyetop sendiri



ga beda jauh si sama cebong2 di sini
ngomong sendiri
denial sendiri
dimintain bukti bisa tiba2 ngilang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelyboy13 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
nyayuuurr
profile-picture
entop memberi reputasi
Karena duitnya sudah menggelontor, kalo belum ya lanjutkan
profile-picture
entop memberi reputasi
Buat TS.. maksudnya yg d hentikan paket pelatihan itu.. untuk mencegah "monopoli" pelatihan oleh satu lembaga (baca: duit pelatihan ngalir k dia semua).. dan pelaporan keikut pesertaannya pun jadi rancu.. emoticon-Malu (S)

misalkan dalam "paket ojol" itu ada 5/6 jenis pelatihan.. tapi setiap selesai 1 pelatihan akan dapat sertifikat.. masalahnya.. dg cuma 1 sertifikat tsb peserta udah d anggap menyelesaikan pelatihan dan berhak dapat insentif --> ini salah satu yg jadi masalah.. emoticon-Malu (S)

Masalh k dua ya peserta biasanya maunya simple aja.. ada budget 1 juta langsung ambil paket 1 juta --> ga adil buat provider yg ga nyediain paket.. emoticon-Malu (S)

Intinya sih biar lebih adil k semua penyedia pelatihan.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ketidaktepatan program ini masih tepat program diskon tiket lah brai emoticon-Wakaka
profile-picture
entop memberi reputasi
abis pak JK marah2 pada keder yg kerja tidak becus...
perlu reshufle kabinet menteri2 yg tidak layak... emoticon-Smilie
profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pindah ibu kota aj ke kalimantan

bakalan meroket
kerja kerja kerja
profile-picture
entop memberi reputasi
Program buang-buang duit sih kalau menurut ane. Kalau cuman sekedar video dan pelatihan biasa apa gunanya? pelatihan paling efektif tetap dengan tatap muka kalau menurut ane
profile-picture
entop memberi reputasi
Kartu PraNkerja..
profile-picture
entop memberi reputasi
Lagian udah ada BLK ngapa pake bikin beginian sih. mendingan juga kembangin tuh BLK. tambah fasilitas, kuota peserata, dan juga insentifnya. lebih nyata krn praktek langsung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bopalkopral dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di