CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Mengenal Catcalling, Pelecehan Seksual Yang Terabaikan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efcc031a2d19552ee5f97b0/mengenal-catcalling-pelecehan-seksual-yang-terabaikan

Mengenal Catcalling, Pelecehan Seksual Yang Terabaikan

Mengenal Catcalling, Pelecehan Seksual Yang Terabaikan
Magdalena.co

Halo agansis.

Sebelum ane bahas masalah ini, ane ingatkan untuk tidak menganggap hal ini adalah hal yang biasa saja. Sejenak kosongkan rasa ego, agar agansis sekalian tidak terjebak dalam ambigu. (Maaf, agak melantur sedikit emoticon-Winkemoticon-Wink).

Sudah tahukah kalian dengan istilah kata catcalling, mungkin sejenak kalian akan mengartikannya sebagai panggilan kucing bukan? tetapi bagi kalian yang sudah tahu dari makna kata itu tidak akan mengartikannya dengan panggilan kucing.

Untuk agansis yang belum tahu dengan isitilah Catcalling. Ane kasih tahu nih, istilah ini diartikan sebagai siulan, panggilan yang mengganggu bagi lawan jenis berupa sapaan yang berujung pelecehan verbal.

Sedangkan catcalling sendiri masuk kedalam kategori gangguan di jalan umum atau biasa disebut dengan istilah Street Harrashment. Kategori ini memang terbilang biasa, tapi ini merupakan salah satu penyimpangan verbal di depan umum.

catcalling hampir sering terjadi disetiap tempat dan situasi sekaligus. Aksi usil dan mengganggu ini dapat di anggap serius oleh wanita manakala sudah mengusik ranah perasaan wanita dalam seksualitas verbal. Lalu seperti apa bentuk tindakan catcalling ini ?

Selain memberikan siulan kepada wanita, tindakan yang termasuk dalam kategori ini seperti memberikan klakson mobil atau motor kepada wanita yang tidak dikenal di jalanan, menggoda dengan ucapan seksual kepada wanita yang tak dikenal, dan bahkan mengedipkan mata kepada wanita yang tak dikenal dapat di kategorikan sebagai catcalling. 

Mengenal Catcalling, Pelecehan Seksual Yang Terabaikan

Kompasiana.com



Bukan hanya itu saja, mengucapkan kalimat bernada gombalpun kepada wanita yang tak dikenal bisa di kategorikan sebagai Catcaling. Kok bisa ? begini, jika perkataan itu termasuk mengganggu dan mengusik wanita yang di ajak gombal akan menimbulkan ketidaknyamanan untuknya. Oleh karena hal itu bisa saja menjadi catcalling.

Untuk agan agan sekalian yang sering melakukan hal ini, cobalah pikirkan kembali dengan siapa kita memberikan sapaan di jalanan umum itu. Sebab semua wanita tak bisa kita samakan. Bisa saja wanita beranggap biasa di depan umum, tetapi bisa saja mengganggu mental sang wanita itu.

Catcalling ternyata tidak hanya terjadi kepada wanita dengan pakaian terbuka, kepada wanita dengan pakaian tertutup pun bisa terkena catcalling. Ini disebabkan dari kebiasaan kita menegur wanita mana saja yang ada di jalanan umum. Terlebih lagi bagi wanita yang sering keluar malam dan pulang sendirian.

Tetap hati hati gan dalam perbuatan kita. Untuk para wanita juga tetaplah jaga penampilan yang sopan, agar terhindar dari penyimpangan seksual didepan umum.



Tulisan ini berisi opini pribadi dengan sumber bacaan berikut;
https://womantalk.com/news-update/ar...perempuan/full
http://persmercusuar.com/2020/02/21/...ng-terabaikan/
[/url]

Gambar source google.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
asyroffawwaz dan 44 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
pfft..

kalo cowonya ganteng, catcalling dibilang flirting, pdkt,dll..

kalo cowonya jamet, pas catcalling dibilang pelecehan seksual..

ga paham gua sama pemikiran wanita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arai01 dan 76 lainnya memberi reputasi
Lihat 29 balasan
woi ts lu pikir cuman cowo yg ngelakuin catcalling ?
cewe juga sering keleus

nah
pas gw pulkam ke jawa , suatu sore gw baru kelar mandi.
tiba2 sohib masa kecil gw , sebut aja si andi , nongol depan rumah.

gw , cuman pake celana pendek , handuk gw kalungin di leher , langsung ke depan rumah nemuin temen gw.

lagi asik ngobrol depan rumah , lewatlah 3 cewe naik bentor (becak motor).
awalnya gw gak ngeh karena keasikan ngobrol ama si andi.

gw baru nyadar saat tu cewe cewe nyeletuk ke gw.
mas adus sik mas (mas mandi dulu dong).

temen2nya ikut ikutan.
ra kademen to mas (gak kedinginan mas).

sebage cowo , jelas gw gak marah diceletukin gitu.
malah langsung gw sahutin..
arep ngedusi po (mau mandiin ?)

dan mereka nimpalin
ayo kene (ayo sini) , adus karo aku po (mandi sama aku , mau ?)
sambil ketawa ketiwi. sementara itu bentor yg mereka naikin jalan menjauh.

bukan sekali ini gw diceletukin gitu.
dulu juga pernah pas gw jalan kaki sendirian lewat sebuah asrama akper di jkt.
gw diceletukin , ni cowo kok jutek banget sih.
padahal gw gak kenal sama mereka.

gw nanya ke elu ts
menurut lu tu cewe cewe melakukan catcalling ke gw apa enggak ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh BMAGLY
Lihat 11 balasan
Kadang emang malu kalo liat orang celamitan ama sangean.. sering liat, ada yg naek motor, ngeliatin orang ampe bawa motornya sambil nengok ngeliatin muka orang laen emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Gak gitu dong logikanya, kalo ente kena jambret terus ente gak bisa nangkap pelakunya. Lalu drpd makan hati, ente ikhlasin tuh. Kan jadinya, ente dan si jambret sama-sama gak ada masalah tuh.

Apakah itu gak melecehkan? Apakah itu bukan kejahatan?

Dan ane juga setuju sama agan diatas, karna faktanya pelecehan bukan hanya dari cowo ke cewe, tapi ada juga cewe yg ngelakuin ke cowo.

Bukan berarti karena kita santai dan diam, maka kita baik-baik aja dgn hal tsb. Kita cuma gak mau repot dan memperpanjang masalah, karena kita masih punya hal yg lebih penting buat dilakuin.

Makanya ada baiknya merubah pola pikir kalo kata abang-abangan ane, jadi seperti pepatah jadul "swords and sticks can hurt me, but words can not".
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Justru itu tujuan ane melakukan perbandingan extreme. Biar semua tau ada org yg jadi korban perlakuan yg lebih jahat dari catcalling tapi bisa berdamai dgn itu dan move on.

Ane sih lumayan rajin baca ya. Tapi gak pernah nemu penelitian yg membandingkan presentase jumlah korban pelecehan/catcalling berdasarkan gender dan terbukti korban lebih banyak cewek. Kalo cewek lebih vokal tentang ini mungkin iya.

Dan bisa dimengerti adanya asusmsi korban cewek lebih banyak, karena faktanya jumlah cewek memang lebih banyak dari cowok. Tapi berdasarkan fakta tsb juga, bisa jadi pelaku pelecehan juga kebanyakan cewek.

Jadi berdasarkan probabilitas, dalam skala jumlah, cewek memang lebih banyak banyak terlibat baik sbg korban maupun pelaku drpd cowok.

-----
Dan yg ane lebih gak suka disini yaitu double standar. Seakan kalo korbannya cewek, ini adalah kejahatan wow. Tapi kalo korbannya cowok, banyak yg mewajarkan. Kayak pernyataan ente yg ane tebalin diatas.

Poin ane adalah, kalo pelecehan itu gak mandang gender, baik itu si pelaku maupun korban. Kalo brengsek ya memang dianya brengsek, bukan karena gendernya. Jadi mohon untuk tidak menggeneralisir/mendiskreditkan gender lain secara keseluruhan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davidcormac dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
menarik nih diskusinya. ane rasa catcalling cewek ke cowok jg ada, tp probabilitasnya sbrp pasti msh bias, apalagi cowok kalo digituin bakalan malu bgt dan males buat speakup, terlebih bisa dianggap angin lalu gt aja. ane harap si terlepas gendernya, catcalling ini gaada lg.
profile-picture
profile-picture
Enisutri dan sukiver memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Itu namanya mewajarkan sis, dan cowok juga bisa kena kapanpun dan dimanapun. Di mall, di warung, tempat umum lain pun ada. Bahkan sekarang cowok hombreng pun mulai terbuka dlm godain cowok. Ane jadi saksi waktu ane renang di kolam renang umum kota. Dan dimana-mana yg kena catcalling itu memang yg cakep, masa yg jelek?

Diatas sudah ane tulis kenapa bikin perbandingan extreme silakan diresapi.

Tempat gelap sepi (gedung parkir misal) juga bahaya buat cowok. Misal kita kena catcalling cewek, bisa aja kita kena negur. Tapi cewek punya satu privilege, yaitu image cewek lemah dan selalu yg jadi korban kalo kasus pelecehan.

Kalo dia gak terima dan marah karena ditegur, dia bisa teriak pura-pura minta tolong. Pasti si cowok yg tanpa basa basi kena bogem warga. Minimal diamanin sama satpam keamanan atau malah bisa jadi aparat polisi. Padahal posisi sebenarnya kebalik.

---
Bedain nyapa dan pelecehan gimana? Ane pernah dalam satu tongkrongan, salah satu temen ane nyiulin cewek yg lewat. Disamperin sama ceweknya, dimaki-maki. Dia biasa aja. Dia bilang dia gak sedang ngelechin, itu cara dia mengagumi dan mengakui kalo si cewek emang cantik. Dia malah nantang balik, katanya silakan dilaporin kalo memang dia salah. Keduanya yakin mereka benar.

Anggaplah misalnya dilaporkan, dan secara ajaib persidangan dimenangkan korban (ane sangsi karena setau ane gak ada hukum yg mengatur catcalling). Emang pasti dibui? Kalo jadi tahanan kota doang gimana? Terus berapa banyak waktu dan biaya terbuang?

Lagian itu bukan poin utama ane.

Seperti yg udah ane jabarkan di dua post ane diatas. Bahwa para pelaku pelecehan brengsek karna dia memang brengsek. Bukan karena gendernya. Tolong jgn digeneralisir.

Dan ane sbg penikmat acara standup comedy dan lawak secara umum, ane meyakini satu hal yg para peseni ini juga yakini. Yaitu si korban atau si objek atau orang secara umum, punya pilihan untuk tidak tersinggung. Karena tersinggung itu diambil bukan dikasih.

Waktu mu terlalu berharga hanya untuk mikirin beginian, malah nanti bisa makan hati dan stress sendiri. Selama gak main fisik, cuekin aja tetap beraktivitas seperti biasa. Tanamkan pepatah lama dipikiranmu "swords and sticks can hurt me, but words can not".

Karena kita gak bisa mengontrol tindakan org lain. Tapi kita bisa mengontrol tindakan diri sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bisane mung nyawangemoticon-nyantai
profile-picture
jabalnursaja memberi reputasi
dibahas disini gan soal Cat Calling

Dulu sering begitu, tp kl bini sendiri yg digituin gmna perasaan mu?

Apakah jadi banci?
emoticon-Traveller
profile-picture
joki.ngepot memberi reputasi
Feminist feminist. 😂
profile-picture
profile-picture
sinistergaze dan C~LUVers memberi reputasi
jangankan cewek cowok juga biasa dapat catcalling emoticon-Blue Guy Bata (L)
Lihat 3 balasan
uhhh jaman sekarang sepertinya ingin di catcalling karena banyak selalu ngasih kode2 emoticon-Malu
profile-picture
Enisutri memberi reputasi
Di tempat ane catcalling udh jadi hal biasa. Malah kesannya ditanggapi sm cewek2 nya. Padahal klo mnrt ane tuh udah parah.
Kadang dirty jokes ny pun mengarah ke sexual abuse.
Lihat 3 balasan
wah ada ya
Kalo ane pribadi sih tergantung ceweknya, kalo pakaiannya sopan ya segan mau godain, tapi kalo pakaiannya ngumbar aurat ya jangan disalahkan kita yg godain lah, ente yg mancing buaya 😀😀😀
Lihat 2 balasan
tapi tidak sedikit juga yg geer
profile-picture
Enisutri memberi reputasi
Nh yang terbaru gini becandaannya:

Ce: Pak tolong ditambahin pak item XVSHDGAJ
Co: Hoh gitu?
Mau tambah panjang?
apa tambah keras?

kelar
profile-picture
joki.ngepot memberi reputasi
ane sering bat digodain ciwi-ciwi di gang sebelah, gara-gara badan ane yang lebar dan juga mungkin freak wkwkw ane jadi keki bat kalo harus keluar rumah
kemaren gw lg ngaso didepan toko sambil liat2 hp, ada cewek2 abg lewat depan gw terus salah satu nyeletuk "aduh kekar amat sih badan nya", terus temen2 nya pada ketawa2,.

ga ada asap klo ga ada api,

emang waktu itu gw pake baju yg sedikit ngetat dari biasanya, emang ngeganggu sih buat gw, tp ya udahlah selagi ga berdampak negatif ke diri sendiri mah bodo amat, kenal juga ga.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
joki.ngepot memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di