CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Sering Liat Kucing Mengubur Kotorannya Sendiri? Ternyata Begini Alasannya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efc86ef10d2953be7328c9c/sering-liat-kucing-mengubur-kotorannya-sendiri-ternyata-begini-alasannya

Sering Liat Kucing Mengubur Kotorannya Sendiri? Ternyata Begini Alasannya!

Sering Liat Kucing Mengubur Kotorannya Sendiri? Ternyata Begini Alasannya!

gambar

Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat digemari untuk dipelihara. Bukan hanya karena menggemaskan, kucing juga bisa menjadi teman di rumah yang tingkah lakunya acap kali membuat tawa. Selain itu, hewan berkaki empat ini juga terhitung salah satu binatang yang tak cukup sulit untuk dipelihara.

Dari sekian banyak tingkah lakunya yang sering dilihat, sadar atau tidak bahwa kucing memiliki kebiasaan cukup unik. Coba sesekali kita perhatikan, mereka ketika habis membuang kotoran akan menggali pasir atau tanah untuk menutupinya. Lalu apa sih sebenarnya alasan kucing mengubur kotorannya? Apakah memang hewan satu ini memiliki sifat menjaga kebersihan? Ternyata tidak, adapun alasan menutupi kotorannya ialah sebagai berikut :

1. Dominasi Kekuasaan

Sering Liat Kucing Mengubur Kotorannya Sendiri? Ternyata Begini Alasannya!

gambar

Pernah dengar istilah hukum rimba? Siapa kuat dia yang dapat. Ternyata di dunia kucing berlaku juga. Para kucing yang merasa dirinya kuat atau yang sudah lama mendiami wilayah tersebut mereka akan sangat berkuasa. Untuk itulah mengapa akhirnya para kucing yang lemah dan bukan wilayahnya sering kali mengubur bekas kotorannya dengan tanah atau pasir. Hal ini bertujuan agar kucing penguasa wilayah tersebut tidak merasa tertantang. Selain itu, kucing yang menganggap dirinya kuat tidak akan menutup kotorannya, ini dikarenakan mereka ingin menandakan wilayah tersebut adalah bagian teritorialnya.

2. Menutupi Jejak

Sering Liat Kucing Mengubur Kotorannya Sendiri? Ternyata Begini Alasannya!

gambar


Selain sebagai menandakan klaim wilayah kekuasaan, sikap kucing mengubur fasesnya ialah untuk menutupi jejak dari predator lainnya. Sehingga mereka bisa menjaga diri dan anak-anaknya dari serangan kucing lainnya. Bagi manusia mungkin kotoran kucing sama baunya, namun di dunia mereka itu berbeda. Kucing nemiliki kemampuan untuk membedakan kotoran sesama mereka. Hal ini disebabkan kucing mempunyai aroma kimia unik yang disebut feromon sebagai cara mengidentifikasi satu sama lain. Kotoran kucing mengandung cairan atau zat sekresi kelenjar di dalamnya. Cairan tersebut ternyata di dalamnya mengandung informasi untuk kucing lainnya dan bisa membuat keberadaan kucing diketahui oleh makhluk lain yang punya indra penciuman lebih tajam.

Kebiasaan kucing mengubur kotorannya ini juga berlaku terhadap kucing besar di alam liar, loh. Itulah sedikit informasi tentang mengapa kucing sering kali mengubur kotorannya. Selain takut pada kucing lain bisa jadi kucing juga takut pada Anda sebagai pemegang kekuasaan tersebut.

Klik

Klik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rony25 dan 42 lainnya memberi reputasi
dulu jaman2 masih kecil eek kocheng kering di pasir sering dikira batu apung emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


bedebah! pantesan aja.. emoticon-Mad
itu kucing gayrong yg suka mangkal deket rumah kalo berak maen tinggal aja di pinggir jalan.. dibiarkan terekspos emoticon-Cape d...

siap2 aja ntar malem gw siram aer es se ember.. kita lihat siapa yg lebih kuat emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berry.white dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
nice info gan, ane suka banget sama kucing, apalagi kucing rumahan yang udah pinter buang kotoran pada tempatnya emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pernah mau berangkat sklh dg alm tmn
lah nginjak bunga pasir

balik
auto liburkan diri emoticon-Wakaka


skrg malah perlihara emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
3. Ranjau darat
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tapi kucing pinter jugaa sih kalo lagi di dalem rumah kalo pengen pup dia keluar dulu wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ada yg pernah keiinjek bunga pasir? 😂😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
ah pantes! dulu ada kucing gatau punya siapa, kucing kampung gitu tapi bersih, kalau poop bener2 tau diri, keluar rumah trus ngeruk tanah gitu. gak pernah buang air di rumah. ternyata ini toh alesannya
profile-picture
profile-picture
earth15 dan kaitokid94 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
di suatu ketika, seekor anjing & kucing lg jalan bareng, trus mereka mau pipis tuh, pipislah mereka di tempat yg sudah disediakan (ceritanya)

selese pipis, si anjing! (kasar banget ya?) si anjing nanya ke si kucing :" eh cing, ko lu abis kencing dikubur sih bekasnya?". Si kucing jawab :" gw mah yg penting bersih dong"

trus si kucing nanya ke si anjing :" eh Njing (ko kaya kasar lagi sih?), ko lu kalo kencing ngangkat 1 kaki?" . Si anjing jawab :" kalo gw mah yg penting gaya"

sekedar cerita candaan yg receh dari ane
profile-picture
profile-picture
earth15 dan ozkula memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo liat kucing kaya gini jadi pengen deh punya kucing peliharaan sendiri wkwk pasti asik main di rumah ada yang nemenin wkw
profile-picture
profile-picture
ushirota dan earth15 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di