CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efc7b3328c9910dd41eeb30/gemblong-ketan-legit-anti-ribet

Gemblong Ketan Legit Anti Ribet

Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gemblong legit: Dok. Pribadi

Kuliner daerah di Indonesia memang selalu unik dengan ciri khasnya masing-masing. Terkadang terlihat mirip. Namun, ada saja pembeda baik dari komposisi atau teknik pembuatannya.

Seperti yang kita tahu, beras ketan di Indonesia banyak sekali diolah menjadi kuliner manis atau gurih berbentuk kudapan atau cemilan. Varian beras yang mempunyai tingkat kekenyalan dan cita rasa gurih yang tinggi ini memang primadona dari seluruh beras. Harganya pun lumayan di atas rata-rata harga beras biasa.


Di dalam bulir ketan hitam ternyata memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Kadar zat besi yang terkandung di dalamnya mencapai 15,52 ppm. Selain itu ada juga kandungan lain berupa zat anthocyanin, yaitu zat alamiah antioksidan tinggi dengan fungsi dasar untuk melindungi tanaman dari kerusakan akibat radiasi ultraviolet. Zat ini di tubuh manusia berkhasiat untuk melindungi kerusakan sel akibat oksidasi zat berbahaya seperti pewarna makanan, obat-obatan, pestisida dan lain sebagainya. Selain itu, berdasarkan penelitian medis telah ditemukan ternyata zat ini juga memberi perlindungan kepada sistem kardiovaskular serta dapat berfungsi untuk melawan penyakit kanker, jantung, dan penyakit-penyakit lainnya.

Nah, Lihat manfaatnya begitu banyak loh, gansis. Ok. Kali ini ane mau berbagi resep kuliner unik dari ketan yang anti ribet ala ane. Mau tahu rahasianya? Cekidot🥰.

Quote:


Langkah pembuatan:

Pertama, Bersihkan beras dengan cara mencuci di air mengalir.

Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gambar: Dokumen pribadi

Kedua, rebus beras dengan takaran air sekitar ujung jari. Usahakan jangan banyak air karena nanti terlalu lembek. Jangan ditutup ketika beras direbus. Biarkan mendidih hingga airnya habis. Baru tutup dan diamkan 10 menit.

Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gambar: Dok. Pribadi

Ketiga, aduk-aduk nasi dan masukan ke dandang yang sudah dialasi kain saringan khusus nasi. Kukus selama 15 menit.

Angkat nasi, campurkan kelapa parut ke dalam nasi ketan, taburi garam secukupnya sekira dua jumput. Jangan lepas tile nasinya tumbuk langsung di atas baskom. Jika mau, bungkus alu dengan plastik agar ketan tidak menempel. Tumbuk hingga kalis.
Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gambar: Dok. Pribadi

Keempat, angkat ketan yang sudah kalis ke atas nampan yang sudah diolesi minyak.

Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gambar: Dok. Pribadi

Ratakan dengan tangan yang dibungkus plastik. Rapikan dengan menekan menggunakan centong nasi. Hingga permukaan rata.

Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gambar: Dok. Pribadi

Kerat atau potong uli yang sudah jadi dengan pisau atau spatula plastik

Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gambar: Dok. Pribadi

Kelima, goreng uli satu per satu hingga kuning kecoklatan. Angkat tiriskan.

Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gambar: Dok. Pribadi

Pembuatan Fla:

Lumerkan gula dengan sedikit air, masukan daun pandan. Biarkan mendidih dan meletup-letup. Tes dengan mengangkat cairan memakai spatula, bila gula sudah membentuk mirip jaring yang putus-putus berarti fla telah siap.

Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gambar: Dokumen Pribadi

Masukan uli yang telah digoreng. Aduk-aduk dan matikan api. Aduk terus sampai tercampur sempurna gula dan uli.

Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gambar: Dokumen pribadi

Angkat gemblong yang masih basah biarkan mengering sempurna setelah dikipasi sebentar.


Gemblong Ketan Legit Anti Ribet
Gemblong ketan telah siap: Dok. Pribadi

Gemblong dari uli ketan telah siap dinikmati 🥰😋😋 sajikan dengan teh celup panas. Cocok di nikmati setelah lelah mengerjakan aktivitas. Untuk mengembalikan stamina dan energi💖. Atau bisa dinikmati kala santai menyambut pagi.

Sekian dulu trit ane kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa mampir dan kasih komen plus cendol.
emoticon-Sundul Upemoticon-Cendol Gan

Belajar Bersama Bisa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
firsaf05 dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
hayu mampir agan sista
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 8 lainnya memberi reputasi
boleh bagi resep gemblong punya agan dan sista
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 7 lainnya memberi reputasi
ketan banyak manfaatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 6 lainnya memberi reputasi
wah jadi ngiler 😋
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Gemblong suka yang guroh, enak emang, digoreng ato gak digoreng tetap enak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
makanan kesukaan nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Emm uenak nih, pinter masak nih Ts
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
oh jadi gemblong itu kayak gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Legit legitemoticon-Shutupemoticon-Hammer (S)emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Manis kenal ini. Lezato.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah habis bikin ketan goreng aku tadi pagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
udah lama ane ga makan gemblong. terlalu manis soale 😁😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Mantab inih. Aku bisa makan banyak-banyak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Suka makan gemblong apalagi yg pake ketan item.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
waaahhh cemilan kesukaan ane nih...
thanx resepnya emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gua org kalimantan tp doyan ma ni kue, klo kepasar n nemu ni kuliner pasti beli 🤤
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Wah, bikin ngiler. Ane belum pernah nyobain yang begini. di sini beras ketannya langsung dikukus setelah dicuci tentunya. setelah mateng sempurna, disiram santan kental yang udah dikasih garam plus vanili. diaduk-aduk hingga merata pakai spatula atau centong nasi sampai berminyak. Udah siap disantap.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Enak nih, jadi kangen makan gemblong. Kalo di daerah ane, namanya gandhos.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sama kya pisang godok ya


hal yg pertama membuat
cuci tangan
siapa tau abis cebok emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Keessssuuukaannkuu. Enak ni gemblong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di