CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Agan Punya Trauma Masa Lalu.? Bagaimana Langkah Penyembuhannya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efc4a898d9b175f5764fbd0/apa-agan-punya-trauma-masa-lalu-bagaimana-langkah-penyembuhannya

Apa Agan Punya Trauma Masa Lalu.? Bagaimana Langkah Penyembuhannya?

Apa Agan Punya Trauma Masa Lalu.? Bagaimana Langkah Penyembuhannya?

Dari perang hingga pelecehan anak. Dari KDRT sampai perceraian, Dari kekerasan domestik hingga perbudakan seks. Dari kegagalan usaha sampai kehancuran rumah tangga. Ini hanya beberapa contoh dari pengalaman traumatis yang tak terhitung jumlahnya yang dapat menyebabkan seseorang menjadi Stress dan traumatis. Stres traumatis adalah gangguan psikis kompleks yang sering kali dialami oleh banyak orang. Lalu bagaimana metode terapi dan penanganan yang bisa dilakukan bagi orang yang mengalaminya?

Kebanyakan orang yang memiliki pengalaman traumatis akan merespons dengan dua tindakan “lawan atau lari” yang umum meski hal ini sangat berisiko dengan aliran adrenalin berlebih yang menyertai tindakan ini.

Stres traumatis betapa sulitnya mengatasi, mengelola, dan mengendalikan gejalanya, setiap hari, setiap minggu, setiap tahun, bahkan sampai seumur hidup seseorang.

Pengetahuan dan pemahaman tentang gangguan ini dapat memberikan kemampuan bagi siapa saja yang menderita untuk mengatasi gejala-gejalanya, mengindarinya dan melepaskan diri dari beratnya stres taumatis. 

Untuk mencapai hal ini, penderita Stres dan trauma membutuhkan rencana tindakan yang disesuaikan dengan kebutuhan, sistem pendukung yang baik, dan banyak keuletan. Dan Anda perlu mencari tahu apa yang cocok untuk Anda.

Apakah anda muak dan lelah menahan pikiran-pikiran yang sering tidak disukai, perasaan takut yang ekstrem, kilas balik yang menakutkan, dan bersikap yang berlebihan selama bertahun-tahun, Padahal anda ingin bergerak maju dalam menjalani hidup.

Ketika Anda menemukan diri Anda pada titik di mana Anda tidak lagi ingin hidup dalam ketakutan atau memiliki respons “melawan atau lari”, maka disinilah saatnya anda akan bergelut melawan Stres dan trauma sesungguhnya.

Secara pribadi, kita biasanya berpikir bahwa kita akan hidup dalam kondisi ketidakseimbangan dan ketakutan selama sisa hidup kita. Mengalami stres dan traumatis biasanya sudah dialami sejak lama, menyakitkan dan sangat menguras tenaga, tetapi kita tidak boleh menyerah.

Ada orang yang mengalami stress dan traumatis yang berlebih karena paparan trauma yang parah dan berkepanjangan, yang membuatnya ketakutan sejak usia muda. Sebagian besar hidupnya hanya fokus pada mencoba untuk mengambil napas normal dan hidup dengan detak jantung yang terus-menerus gelisah dan indera kewaspadaan yang meningkat.

Adrenalin yang menumpuk di tubuh penderita stres traumatis memicu semua kegelisahan dan ketidaknyamanan yang ekstrim. Yang pada akhirnya mencapai titik tertinggi di mana penderita tidak lagi mau bertarung melawannya. Dia merasa kosong dan terjebak dalam tubuh dan kehidupannya sendiri, dan ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun, bahkan bisa seumur hidup. Orang orang disekeliling kita sering kali mereka ingin kita ‘berhenti menjadi seperti itu.’ 

Memiliki sistem pendukung yang kuat sangat penting untuk membantu penderita bergerak maju. Sistem pendukung Anda tidak harus terdiri dari sekelompok orang: satu orang yang peduli pada Anda dapat membuat semua perbedaan.

Ketika Anda mengalami Stress dan traumatis kelenjar adrenal Anda hiperaktif. Stimulus yang paling tidak signifikan dapat memicu tombol “on” Anda dan dapat menghabisi Anda sendiri.

Saya sangat yakin bahwa setiap orang dapat mengatasi Stres traumatis mereka, tetapi ini adalah proses bertahap yang membutuhkan penurunan respons gairah Anda, dan pada dasarnya menghubungkan kembali otak Anda.

Pemulihan dari Stress dan traumatis tidak bisa langsung dalam sesaat. Ini tidak sesederhana mengambil pil untuk mengatasi sakit kepala, atau pil lain untuk membuat Anda tidak terlalu cemas. Pemulihan stress dan traumatis mengharuskan Anda menerima, mengenali, dan mengubah perilaku Anda. Pemulihan ini hanya dapat dilakukan jika Anda mempelajari dan mengeluarkan gangguan, memahami gejala, dan mengetahui bagaimana mereka mempengaruhi Anda secara pribadi.

Belajar melatih otak Anda bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun karena Anda harus menurunkan tingkat stimulasi ke tingkat yang nyaman, fungsional, dan dapat dikelola.

Sementara pemulihan Stres traumatis membutuhkan kerja dan upaya yang sungguh sungguh.

Itu membutuhkan banyak keberanian dan pertaruhan nasib sendiri, karena Anda harus mempertanyakan kesadaran dan realitas Anda saat ini dan bersedia menghadapi dan mengendalikan sisi gelap Anda. Hal itu membutuhkan rencana tindakan yang baik.

Setelah Anda berhasil melakukan ini, Anda tidak akan lagi membiarkan faktor ketakutan mengambil alih diri Anda. Anda akan dapat mengingat saat-saat dalam hidup Anda di mana Anda merasa santai dan memaksimalkan ingatan-ingatan itu alih-alih membiarkan ingatan traumatis memengaruhi, bahkan mengatur hidup Anda.

Tetapi tanpa melatih kembali otak Anda, ingatan menjadi tertekan, dan Anda tidak dapat mengatasi gejalanya.

Tidak Ada Petunjuk Khusus yang Dapat Dilakukan Setiap Orang Untuk Mengatasi Masalah tersebut. Namun, jika Anda mengingat pikiran dan tubuh Anda terjebak dalam keadaan stimulasi yang tidak proporsional (hiper-drive), maka Anda akan berusaha belajar untuk sebuah pelatihan keterampilan dan pendampingan guna melatih kembali dan menyambungkan kembali psikis Anda ke arah normal.

Dalam pengalaman saya, tekanan hidup memainkan peran penting dalam puncak stimulasi saya, yang berlangsung sekitar 3 tahun, dan saya benar benar berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mengendalikannya.

Jika Anda menderita Stres Traumatis dan Anda bosan membiarkan hal itulah mengatur hidup Anda, maka berjuanglah. Mulailah dengan mempelajari cara menurunkan tingkat adrenalin Anda untuk memasang kembali sistem saraf Anda dan mengatasi segala sesuatu efek yang di timbulkan oleh stres traumatis Anda setiap hari.

Setelah menurunkan gairah Anda, Anda perlu menenangkan ingatan yang mengganggu dari trauma Anda dan mengendalikan otak, pikiran, tindakan, dan yang lebih penting, persepsi dunia di sekitarnya dan reaksi terhadapnya.

Setiap orang yang terkena stres traumatis yang bisa jadi berbeda. Teknik yang bekerja untuk satu orang mungkin tampak seperti pukulan total bagi orang lain. Tetapi jika Anda fokus untuk menjadi lebih baik, Anda perlu memperluas wawasan Anda, membuka pikiran Anda, dan memberikan pendekatan inovatif kesempatan sebelum mengasumsikan mereka tidak akan berhasil.

Anda bisa tetap di tempat Anda sekarang, dengan hal-hal yang sama, dan tidak melakukan apa pun kecuali Anda akan tetap terjebak dalam keadaan hyperarousal dan tidak pernah menjalani hidup Anda sepenuhnya.

Bagaimana cara mengatasi hal ini agar hidup anda lebih ceria dan lebih baik.?

Baca langsung di sumbernya yuk..
Disini : Cara menangani stres akibat trauma
TS punya trauma masa lalu?🤨
Coba kl lagi penat strees berenang pasti hilang emoticon-Jempol
ane trauma sama kucing bre emoticon-Takut
dari jaman anak anak sampe punya anak saya phobia sama gamelan, terlebih yg nama nya "Goong"


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di