CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / Games /
Joystick yang Memorable Menurut Ane
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efc268a10d2954c030c4014/joystick-yang-memorable-menurut-ane

Joystick yang Memorable Menurut Ane

Wellcome To My Thread
Dalam dunia gaming, kita sudah gak asing lagi dengan yang namanya Joystick atau controller. Joystick ini berguna untuk mengendalikan karakter dalam sebuah game sehingga kita bisa mengeksplorasi dunia game itu atau melakukan action-action yang keren. tiap-tiap console pun mengeluarkan joystick dengan gaya-gaya yang berbeda dan bahkan unik.
dan untuk hari ini mari nih kita lihat Joystic-joystick yang keren-keren tersebut.
Enjoy gan

Nintendo Entertainment System (NES)

Pada Tahun 1983 Nintendo memproduksi yang namanya NES, sebuah console gaming 8 bit yang dapat dibilang terjual laris manis saat itu. disertai juga dengan controller nya yang berbentuk sederhana yaitu persegi panjang dengan total 8 tombol, dua tombol action di sisi kanan (A dan B) dan D pad di sebelah kiri disertai dengan tombol pause dan select di tengah.

Spoiler for NES:

Sega Genesis

Tahun 1988 Sega merilis consolenya bernama Sega Genesis, console gaming 16 bit yang juga populer di masanya karena game sonic. terlebih lagi bentuk controllernya pun lebih enak digenggam dibanding dengan NES yang kotak. dengan bentuk yang sedikit melengkung di kedua sisinya memberikan kenyamanan di telapak tangan. dengan 3 tombol action, pause dan select membuat sega memiliki jangkauan yang lebih luas dalam melakukan manuver gerakan dalam game.

Spoiler for SEGA:

Playstation

Rilis pada tahun 1994 yaitu PS1 dikeluarkan oleh sony computer Entertainment sebagai salah satu console andalan mereka pada masa itu menyaingi sega saturn dan juga Nintendo 64. desain Controller yang ditawarkan oleh Playstation dapat ane bilang yang paling nyaman di pegang jika dibandingin sama Nintendo ataupun Sega. memiliki lonjongan tambahan di kedua sisi yang lebih memudahkan tangan untuk menggenggam si joystick.

dengan 4 tombol action di kanan di tambah lagi dengan tambahan 4 tombol di atas yaitu L1 L2 dan RI R2  yang dapat ditekan menggunakan jari telunjuk (jempol doang bikin capek apalagi kalo tombolnya banyak) menambah lebih banyak variasi gerakan yang bisa dijelajahi dalam bermain game, di tambah lagi tahun 1997 Sony menambahnya dengan dua buah analog, membuat controller ini yang paling enak menurut ane pada zamannya.

Spoiler for Playstation:

Xbox

xbox pertama kali diluncurkan tahun 2001 oleh microsoft juga menyaingi PS2 yang sedang booming kala itu. ilustrasi Controllernya bisa agan lihat di bawah ini

xbox: Bro pinjem PR lu dong
PS : boleh tapi rubah dikit yah biar gak ketahuan guru
xbox : oke broo

dan lahir lah controller yang bentuknya mirip PS2, yah gapapa sih, yang penting beda nama aja, dan beda penempatan analog ama D pad, dan juga nama tombol. hanya saja yang paling menonjol adalah ukuran controller xbox ini sedikit lebih besar di bagian tengahnya jika dibandingkan sama PS2 yang lebih ramping.

Spoiler for XBOX:

Nintendo Wii

Pada tahun 2006 Nintendo merilis console nintendo wii yang menyaingi xbox 360 dan juga PS3. namun berbeda dengan PS3 ataupun Xbox di mana desain controllernya tidak jauh beda dengan pendahulunya, Nintendo Wii memiliki desain controller seperti remote tv kotak yang disebut juga Wiimote.

Keunikan lain dari Wiimote juga adalah bisa mendeteksi gerakan-gerakan tangan, jadi ia tidak sekedar menggunakan tombol untuk bermain namun juga menggunakan gerakan tangan untuk mengendalikan aksi-aksi dalam game.dan beberapa game pun memanfaatkan ini untuk memberikan pengalaman berbeda dalam bermain game seperti tennis boxing dan balapan.

Spoiler for Weemote:

Sekian Gan dari Ane, mungkin ada jenis kontroller unik dari agan atau yang memorable bisa agan share sendiri di bawah dengan komen-komen di bawah.
Thank you udah nyimak
emoticon-Toast
Dirawan

profile-picture
profile-picture
keenan09 dan amdar07 memberi reputasi
Diubah oleh dirawan09
sumber gambar google, dan sumber info wikipedia. Thank you.
Ane pernah buat sendiri ntuh yang Weemot buat game racing gan 😂, dulu seru banget pertama kali maen wii tapi sekarang udah ane jual karna udh sibuk gabisa maen 😪
profile-picture
dirawan09 memberi reputasi
wah jadi teringat memori ketika masih kecil .. nice thread gan emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
profile-picture
dirawan09 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mau kasih tau aja, PS1 baru keluar di tahun 2000

yang tahun 1994 / 1995
gak pake embel-embel 1 atau One
profile-picture
dirawan09 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
jadi ingat dulu kalo main ditempat orang bayar 100 rupiah per game over, antriannya lama tapi mainnya cuma sebentar karena mati 3x game over, dulu suka main game Contra (dulu sih bilangnya game Rambo 😀)
profile-picture
dirawan09 memberi reputasi
Pasti banyak yang pernah main itu
Joystick arcade, game dingdong.
Digebrakin ga rusak2.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di