CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sudah Tahu Sejarah Cabai dan Manfaatnya? Salah Satunya Bikin Awet Muda Loh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efc221af4d69562b45962a4/sudah-tahu-sejarah-cabai-dan-manfaatnya-salah-satunya-bikin-awet-muda-loh

Sudah Tahu Sejarah Cabai dan Manfaatnya? Salah Satunya Bikin Awet Muda Loh!

Sudah Tahu Sejarah Cabai dan Manfaatnya? Salah Satunya Bikin Awet Muda Loh!


Sejarah Cabai

Sudah Tahu Sejarah Cabai dan Manfaatnya? Salah Satunya Bikin Awet Muda Loh!

Tau dong ya kalo harga cabe sekarang lagi murah. Dan tau juga dong, salah satu hal yang membahagiakan bagi emak-emak adalah saat stok cabe di kulkas melimpah. Girang kebangetan pokoknya.😂

Sudah Tahu Sejarah Cabai dan Manfaatnya? Salah Satunya Bikin Awet Muda Loh!


Nah, kemarin pas lagi asik metikin cabe di dapur, tetiba sebuah pertanyaan melintas di kepala. Gimana sih sejarahnya si cabe ini?

Cabe adalah bahan makanan yang rutin kita konsumsi sehari-hari. Sebagian besar dari masyarakat Indonedia ialah penyuka cabe, pecinta makanan pedas. Apa rasanya kalo makan tanpa ada sensasi huhah-huhah, ya?😂

Sudah Tahu Sejarah Cabai dan Manfaatnya? Salah Satunya Bikin Awet Muda Loh!


Btw, ternyata cabe yang jadi favorit kita itu bukan tanaman asli Indonesia loh. Beberapa sumber menyebutkan bahwa cabe berasal dari benua Amerika, menyebar ke eropa, baru kemudian ke Asia. Dan akhirnya masuk ke Indonesia.

Terlepas dari siapa yang menemukan, menamam, atau menyebar luaskan cabe pertama kali, intinya kita harus berterima kasih kepada meraka ya, Gaes. Cabe adalah warisan sejarah.

Coba bayangin, kalo orang-orang dulu tidak menemukan cabe, atau membudidayakan cabe, atau menyebarkan cabe ke luar daerah mereka. Apa jadinya hidup kita sekarang tanpa cabe? Hambar.😂

Nah, menghargai sejarah itu penting ya Gaes. Bukankah kita ada karena sejarah.

Selain sejarah cabe, ane juga jadi berpikir, adakah manfaat dari si cabe ini?

Tumbuhan cabe alias genus capsicum termasuk dalam golongan buah atau sayuran tergantung penggunaanya. Yang pasti cabe termasuk kebutuhan pokok yang wajib ada di dapur.😉

Selain rasa pedas, dan memberikan sensasi nikmat pada saat dimakan, ternyata cabe juga memiliki manfaat baik untuk tubuh kita.

Beberapa di antaranya adalah:

1.Pereda Nyeri

Kandungan capsaicin pada cabe konon dapat meredakan rasa sakit loh. capsaicin sering kita temukan terkandung dalam obat-obatan. Krim pereda nyeri otot dan sendi misalnya. Pernah mengoleskan krim/balsem ke tubuh saat pegal-pegal, kemudian kita akan merasa seperti ada sensasi panas. Nah, itu artinya salep atau krim yang kita pakai mengandung capsaicin, nyeri otot dan sendi yang kita rasakan biasanya akan sedikit berkurang setelah memakainya.

2. Mengatasi Hidung Tersumbat

Ini cara ampuh untuk meredakan hidung tersumbat versi ane. Rasa tersiksa akibat hidung tersumbat auto hilang setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai. Pokoknya, jadi legaan kalo sudah ketemu sama makanan pedas. Ada yang sama?

3.Pencegahan penyakit serius

Beberapa jurnal kesehatan menyebutkan, kandungan pada cabai dapat mencegah penyakit jantung, juga dapat mencegah resiko kanker usus.

Untuk efektifitasnya kita belum tahu ya. Biarkan para dokter dan ahli yang menjelaskan. Mungkin butuh penelitian lebih jauh lagi.

4. Meningkatkan Imun

Selain capsaicin cabe juga mengandung vitamin C. Yang ane tahu sih, vitamin C adalah zat yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kan ya.

Jadi, ga salah deh kita doyan makan pedes berarti. Asal jangan berlebihan.

5. Mencegah Obesitas

Katanya, kandungan capsaicin juga baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan alias diet.

Wah, sedahsyat itu ternyata ya si cabai ini.

6. Memperpanjang Umur

Konon, menurut penelitian ... orang-orang yang rutin mengkonsumsi cabe paling sedikit seminggu sekali, cenderung akan berumur lebih panjang. Tapi, ini kata penelitian ya bukan kata ane.

Entah benar atau tidak, menurut ane pribadi sih ya ... balik lagi soal umur itu rahasia Yang Kuasa. Makan cabe atau tidak, umur kita sudah ditentukan sampai kapan batas waktunya.😇

Bagaimana menurut kalian GanSist?

Salam santuy.emoticon-Menang

Bandar Lampung, 1 Juli 2020.

Narasi: Opini Pribadi

Sumber Referensi:
Di sini
Di sini
Di sini




profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
page oneSudah Tahu Sejarah Cabai dan Manfaatnya? Salah Satunya Bikin Awet Muda Loh!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Mari tinggalkan jejak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
emang enak cabe-cabean eh... 🙄
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
waduhhh mantap makanan sehari2 ini mah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Wih baru tahu nomor lima soalnya selama ini tahunya bikin perut mules apalagi penderita lambung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mantab deh. Ane bersyukur suka makan pake cabe. Soalnya, makan tanpa pedas serasa ada yang kurang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gak apa apa sih ngosumsi cabe saben hari asla jagan berlebihan ya sob. bukannya menyehatkan tapi malah jadi penyakiy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
weeh memperpanjang umur juga nih,,,,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
baru tau makan cabe bisa awet muda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah, ternyata banyak manfaatnya ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
awas kebanyakan mencret tar emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
enzim yang terdapat di cabe memang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah. makanya kalo kepedesan, kita jadi berkeringat. hehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dari segi medis insyaallah bisa dibuktikan
sebab cabe yg kaya dgn vitamin c itu bermanfaat memperbaiki kulit mati dari dalam. sama halnya dgn jeruk bayi. 🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wah baru tau tahu manfaat ny, tapi aku nggak begitu suka cabe bikin mules
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mantab, bener banget Sist. Gak ngerasain makan kalo gak ada sensasi huh hah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memperpanjang umur, semoga ya

Konon, menurut penelitian ... orang-orang yang rutin mengkonsumsi cabe paling sedikit seminggu sekali, cenderung akan berumur lebih panjang. Tapi, ini kata penelitian ya bukan kata ane.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ane baru tau sejarahnya cabe, wah boleh juga nih. Makan tanpa sambel rasanya ada yang kurang nih
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
No. 5 salah tuh.. ane kalo makan sambel nafsu makan meningkat.. ini udah naik 4kg.. mayan buat idul adha hahaha emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan firsaf05 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wah ternyata cabe banyak manfaatnya ya
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan firsaf05 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
saya gak suka makan pedas sampai sekarang...
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan firsaf05 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di