CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jepang Bingung Diajak Indonesia Gabung Proyek Kereta Cepat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efc205d10d295299859b3e2/jepang-bingung-diajak-indonesia-gabung-proyek-kereta-cepat

Jepang Bingung Diajak Indonesia Gabung Proyek Kereta Cepat

Jepang Bingung Diajak Indonesia Gabung Proyek Kereta Cepat

Jakarta -- Pemerintah Jepang dibuat bingung oleh kebijakan Indonesia yang mendadak berubah terkait proyek kereta api berkecepatan tinggi. Hal itu setelah Pemerintah Indonesia meminta Tokyo untuk bergabung dalam kesepakatan infrastruktur utama yang awalnya dilepas ke China tersebut.

"Biasanya, (Indonesia) seharusnya berbicara dengan kami terlebih dahulu," kata seorang pejabat Pemerintah Jepang, merujuk pada proposal baru Jakarta untuk mengintegrasikan proyek yang dipimpin China, yaitu kereta kecepatan tinggi Jakarta-Bandung. Proyek itu akan diintegrasikan dengan rencana kereta kecepatan sedang rute Jakarta-Surabaya, yang melibatkan bantuan Jepang atau berarti perpanjangan rute proyek kereta berkecepatan tinggi, dikutip dari Japan Today, Senin (29/6).

Proyek kereta dengan kecepatan tinggi sekitar 140 kilometer (km) per jam, yang menghubungkan Jakarta-Bandung, dimulai pada 2016 oleh konsorsium Indonesia-China. Proyek ini awalnya dijadwalkan selesai pada 2019, tetapi ditunda hingga 2021 karena masalah pembebasan tanah, dan alasan lainnya.

Setelah kalah dengan China untuk membangun kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung, Pemerintah Jepang pada September 2019 mencapai kesepakatan dengan Indonesia pada proyek kereta terpisah. Proyek yang dikerjakan Jepang mencakup kereta berkecepatan sedang dengan jarak 720 kilometer antara Jakarta-Surabaya. Jalur kereta api itu menghubungkan ibu kota Indonesia dan ibu kota Provinsi Jawa Timur, yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia.

Berbicara dalam konferensi pers pada 29 Mei 2020, Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengungkapkan, Presiden Joko Widodo mengusulkan untuk memperpanjang proyek kereta Jakarta-Bandung hingga ke Surabaya agar "lebih ekonomis". Langkah itu sekaligus bertujuan membawa investor Jepang untuk bergabung dengan proyek yang dikerjakan investor Indonesia-China.

Komentar Jokowi tentang perpanjangan yang diusulkan untuk layanan berkecepatan tinggi itu benar-benar mengejutkan Jepang. Pakar perkeretaapian yang tidak disebutkan namanya, mengatakan akan sulit untuk mengintegrasikan kedua proyek dalam istilah praktis karena lebar jalur berbeda.

Setelah proyek selesai, layanan kereta berkecepatan sedang Jakarta-Surabaya bisa menggandakan kecepatan menjadi 160 km per jam. Hal itu dapat mengurangi waktu tempuh sekitar setengahnya dari saat ini, hingga Jakarta-Surabaya dapat ditempuh 5,5 jam. Konsorsium Indonesia-Jepang telah memulai studi kelayakan proyek yang dijadwalkan selesai pada akhir 2020.

"Kami akan dengan tenang melanjutkan studi kelayakan untuk proyek ini," kata seseorang yang terlibat dalam proyek kereta api kecepatan sedang Jakarta-Surabaya.

https://m.republika.co.id/amp/qco3ss484

Komentar TS:

China Menang di Kuantitas dan Kecepatan, Jepang menang di Kualitas Material dan presisi.

China wajib membawa tenaga kerja asal, sedangkan jepang mempersilahkan tenaga kerja Indonesia yg bekerja, kecuali untuk posisi manager dan petinggi petinggi lain nya.

Tinggal pilih yg mana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RivzGowtama dan 53 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
yaa intinya sama2 ngutang...
tp gw sih mendingan jepun lah..

minimal jepun ga berak sembarangan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 45 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
kalau mau murah ya pilih china aja, kalau mau selamat pilih jepang...emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngampasnism dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Quote:


ya china lah babi, sama china lo bebas mau masuk kemana, mau tau yg mana

kalo jepun? diumpetin semua itu tekhnologi, contoh mobil, sampe ratusan tahun itu penjajah jualan mobil di negara kita, ada gak secuil ilmu yg di bagikan ke bangsa ini?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
edypracadabra dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 37 balasan
Jepang Bingung Diajak Indonesia Gabung Proyek Kereta Cepat

Kartunis jepun Onan Hiroshi pernah bikin karikatur soal ini. Walhasil ybs diserbu pengkultus dan pendengung jokkowi sampai nangis-nangis minta maap. Warbiyasak

Jepun ya sakit hati lah. Udah keluar duit dari JICA buat talangi studi, tauk-tauk di akhir dikasih ke China yang nongol belakangan. Keputusannya juga mencla-mencle. Satu menteri bilang gak jadi kereta cepat, besoknya si Rinso menukas cepat kalau proyek tetap jalan dengan China yang pegang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 40 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wiry
Lihat 7 balasan
Ternyata walaupun sama2 bermata sipit, namun karakter bangsa jepang dan china itu berbeda ya. Kata teman saya yg kebetulan pernah liburan di dua negara ini dgn waktu yg lumayan lama.

orang jepang, lebih helpful. Sedangkan orang china agak cuek dan tidak terlalu ramah terhadap turis asing. Dan kendala bahasa, orang china sangat gemar berbahasa china, susah mencari yg bisa berbahasa inggris. Sedangkan orang jepang, hampir sama dgn orang korea, hampir rata2 bisa berbahasa inggris.

begitu hebatnya Tuhan menciptakan manusia..

China, Korea, dan Jepang sama sama sipit. Tapi sipit korea, china, dan jepang punya karakteristik sendirri..

coba saja lihat dan perhatikan, bola mata orang china, korea, dan jepang, walau sama sama sipit, tapi tetap keliatan berbeda.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
calvinn28 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 27 balasan
jepang aja biar para insinyur indonesia juga kerja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kamikaze118 dan 6 lainnya memberi reputasi
Kadrun siap menolak! emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryouhei.hoshi dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xrm
2015. Pihak Jepang lebih bingung lagi mengapa Indonesia menyerahkan pengerjaan Shinkansen ( Kereta super cepat) kepada swasta.

Padahal suku bunga pinjaman Jepang hanya 0,1% sedangkan China memberikan suku bunga 2% atau 20 kali lebih besar suku bunga dibandingkan yang ditawarkan Jepang.

"Suku bunga besar itu apakah tidak memberatkan Indonesia, setidaknya BUMN Indonesia tersebut nantinya? Kalau BUMN itu kewalahan kan pemerintah sendiri yang kewalahan, artinya masyarakat juga yang akan menanggung bebannya pada akhirnya," ungkap sumber Tribunnews.com pada (24/9/2015).

Satu hal lagi soal keamanan Shinkansen apakah memang yakin pemerintah Indonesia menyerahkan ke China, tanyanya lagi.

"Kalau Jepang sudah ketahuan lebih dari 50 tahun belum pernah sekalipun ada kecelakaan, bukti kuat keamanan sejati tersebut. Shinkansen mengalami kecelakaan, tolong diingat, ribuan orang akan meninggal dunia dan ini jangan sampai terjadi di Indonesia deh," tekannya lagi.

Di masyarakat Jepang pun, chatting umum muncul dengan berbagai nada negatif mengenai Indonesia soal Shinkansen ini.

Ada yang mengatakan cukong keturunan China Indonesia di belakang layar proyek Shinkansen supaya mengusulkan strategi demikian yang pada akhirnya China yang akan mengambil proyek.

Intinya adalah uang korupsi. Pada akhirnya lari ke pemikiran korupsi karena tidak masuk akal suku bunga 2% yang tinggi diambil Indonesia untuk pengerjaan Shinkansen tersebut.

Apabila Jepang yang mengerjakan Shinkansen, sudah dapat dipastikan tidak ada uang korupsi bisa ke luar. Inilah latar belakang mengapa proyek Shinkansen dialihkan ke pihak swasta BUMN, ungkap warga masyarakat Jepang dalam sebuah chatting.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
selama murah tanpa subsidi mah ane sepakat saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
jepun lah harusnya,
entah kenafa, wiwi kayak TAKUT banget ama si opung n kanjeng mami,
bahkan menteri tolol yg ngebebasin ribuan napi aja masih dipake, 2x periode lagi...
asli pengen banghet bilang TO........ emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngampasnism dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
indon goblok ga tahu malu lagiemoticon-Wakaka,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xborg7 dan 7 lainnya memberi reputasi
Andai bisa memilih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Ada yg tau bikin jembatan gagal salah kontruksi d priuk gak?.... Itu jembatan dr dulu ga tersambung krn salah perhitungan kayaknya...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
maksudnya ini mau dibikin network gitu ya ?
kereta cina bisa digunakan untuk jakarta surabaya
idenya sih bagus cuma kliatan bloon emoticon-Ngakak (S)
bukan hanya rel tapi peralatan lain bisa nyambung g bikinan cina sama jepang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asurizal dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh YauAreRocks
Lihat 1 balasan
ploduk menglen udh tau ampas


pnting cuan pejabat lancar
proyekan sampah semua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
ditrit ini si soljin kejang2 sambil ngebata semua org yg ngebelain jepang daripada china
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hantupuskom
Lihat 6 balasan
Dua-duanya udah terbukti bagus
Ambil yg gak bebanin Negara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Zhendong.Wanmei
Bagus kalo akur mah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Produk jepang memang lebih berkualitas dari pada produk cina. Contoh aja jaman motor china masuk ke indonesia harga murah sih tapi baru dipake satu tahun, suara mesin kaya mesin jahit.oli rembes kemana-mana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
2 2 nya saya setuju koq...gak masalah...
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di