CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Anakku Sayang Tak Harus Manja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efc18ee365c4f27d2388620/anakku-sayang-tak-harus-manja

Anakku Sayang Tak Harus Manja

Kemandirianmu, kebahagiaan dan kebanggaanku

Anakku Sayang Tak Harus Manja



Kisah ini mengisahkan 4(empat) generasi keluarga yang jadi satu yaitu buyut, cucu, mbah dan mbah buyut. Pengin ketawa sebenarnya mendengar suara gaduh yang sungguh lucu mendengarnya. 🀣Tapi kok ya kedengarnya jahat banget ya. Beneran ini lucu banget menurutku, ga bisa balik posisi anaknya yang lagi tengkurep. Dan si anak sudah nangis kejer karena mau balik ke posisi terlentang ta bisa.

Berteriak-teriaklah si mbok bayi (e, salah mamah bayi biar keren dikitlah)😁 manggil si mbah bayi (kerennya eyang kali ya) 😜 buat balikin tp ta merespon. Karena si mamah bayi teriak-teriak histeris ga kalah saing sama si bayi yang lagi kejer juga ne. Nenek buyutnya langsung turun tangan untuk membantu buyut akhirnya si mbah buyut pun turun tangan membantu buyut bayinya untuk mendapat posisi yang nyaman.

Eh, ternyata dan ternyata ditolak niat baik si mbah buyut tadi oleh mamah bayi, "jangan mbah, jangan gendong biarin ibu aja" dengan alasan yang tidak jelas, dirayu pun tetep tidak boleh bantuin simbah buyut bayi padahal si bayi sudah kelenger nangisnya. Jadilah, kejadian itu sebagai konser duet mamah dan bayi bersama teriak histeris. Bisa membayangkan hebohnya? Silahkan bayangkan sendiri ya.... πŸ€”
Saya ta lanjutin aja ne ceritanya...😬

Pasti timbul pertanyaan ini, emang kemana si eyang bayi ga datang-datang kasihan itu bayi sama mamahnya sudah konser duet?
Si eyang bayi ternyata eh ternyata lagi melaksanakan tugas mulianya alias boker di kamar mandi. Karena penasaran dengan suara teriakan si anak si eyang pun teriak " Kenapa sih? lagi mules ne lo" disambung teriak lagi, "lagi bokerrr ini lo, kan ada uyut to". Tapi si mamah bayi kekeh ga bolehin uyutnya yang balikin. Tangis si bayi yang sudah kenceng banget dan kecemasan si mamah bayi bertambah, akhirnya eyang bayi pun dengan terpaksa menuntaskan hajatnya dan keluar kamar mandi. Sambil mengerutu "ganggu aja"
Begitulah ceritanya....Hahahahaha..maaf ga bisa nahan tawa.

Sebenarnya saya bisa aja se datang menolong bak pahlawan, trenteng..trenteng...membalikkan si bayi dan menenangkannya. Itu sungguh gampang banget tapi itu memang tidak ku lakukan karena itu merupakan satu pelajaran buat semuanya yang disana. Jangan anggap enteng pelajaran kemandirian buat anak. Anak udah nikah dan beranak pula baru bisa nyuci popok anaknya aja bangga. Lihat dong di luaran sana, hemhehemmm.. Sebenarnya ga usah jauh-jauh ding deket aja ada kok..hehhehe

Menurutku lo ini kalau emang sudah niat nikah ya harus siap dengan segala konsekuensinya dong..ga cuma enaknya aja. Termasuk punya bayi dan semua pekerjaaan rumah yang banyak, seakan ta ada habis dan menjemukan (bisa diatasi dengan sabar ikhlas).

Dari kisah di atas saya ambil pelajarannya, bahwa berilah pelajaran kemandirian anak untuk bekal hidupnya, karena kita tidak sepenuhnya bisa mendampingi anak seumur hidup suatu saat kita akan berpisah dengan mereka. Entah, itu karena nikah atau karena maut, karena perpisahan itu PASTI. Pelajaran kemandirian untuk anak sungguhlah penting karena kita hidup di jaman kita dan anak kita hidup di jamannya sendiri. Untuk masa depan anak sendiri nantinya.

Anakku Sayang Tak Harus Manja

Tentu saja pelajaran kemandiriannya sesuai kemampuan si anak ya, tidak boleh memaksa anak melakukan diluar kemampuannya itu sudah lain lagi ceritanya jadi kekerasan pada anak nanti. Misalnya, untuk anak usia 3 (tiga) tahun berilah tugas kemandirian pakai baju sendiri atau ke toilet sendiri (tetep pengawasan ya), tentu akan beda lagi tugasnya untuk anak yang usia 12 tahun ya. Tugas yang usia 12 tahun bisa dengan memasak sendiri atau mencuci baju/piring sendiri sudah bisa tanpa pengawasan.

Kalau anak terbiasa dengan "disuapi" tidak hanya makan tapi segala kebutuhannya trus kapan anak akan bisa mandiri (bukan mandi sendiri lo ya).

Anakku Sayang Tak Harus Manja

Contoh lain yang bisa diambil pelajaran untuk kita semua sebagai berikut
Anak yang tidak dilatih kemandiriannya sudah kerja, pengin punya motor sendiri. Belilah motor dengan kredit tapi yang bayar cicilannya masih orangtuanya. Alasan orangtuanya kasihan sudah capek kerja mosok masih mikir cicilan biar menikmati hasil kerjanya. (Nah, inilah pemikiran si orang tua yang tidak tepat. Kenapa? Karena anak akan terbiasa enak dan "ga bisa mikir" saat menginginkan sesuatu walaupun sudah kerja. Sebagai orangtua yang bijak biarkan anak mempunyai sesuatu dengan usahanya sendiri semampu dia dan justru akan merasa bangga dengan jerih payahnya sendiri serta bisa menghargai dan merawat benda tersebut dengan baik).

Kisah lain yang bisa kita ambil pelajarannya yaitu
Punya anak tapi jiwa masih juga seperti bayi (bocah due bocah : bahas jawa). Sebagai seorang ibu tentu tanggung jawabnya besar untuk bisa dampingi si anak dan mendidiknya. Tetapi bagaimana ceritanya kalau si ibu layaknya bocah yang masih "doyan dolan" kesana kemari dengan enteng dan sante menitipkan anaknya ke saudaranya atau bahkan ke orang lain. Padahal "dolan"nya tidak berfaedah hanya nongkrong seperti jaman masih single. (Nah, ini kemandirian nanti akan ada sangkut pautnya dengan tanggung jawab. Anak yang sudah mempunyai kemandirian yang matang biasanya akan mempunyai tanggung jawab yang baik juga).

Anakku Sayang Tak Harus Manja

Kenapa ilmu kemandirian untuk anak sangat penting?
1.
karena hidup kita tidak bisa sepenuhnya bergantung dengan orang lain. Kita kan makhluk sosial ? Iya betul, kita memang makhluk sosial yang membutuhkan orang lain tetapi tetap kita tidak bisa selalu bergantung denganorang lain kan? Kemandirian disini bukan berarti terus tidak butuh orang lain, kita tetap butuh tapi dengan batasan tertentu

2.
kita hidup tidak selamanya bisa bersama atau mendampingi anak kita

3.
kemandirian akan bisa menumbuhkan rasa tanggungjawab pada anak itu sendiri

4.
kemandirian akan membuat kebanggan tersendiri buat si anak

5.
kemandirian juga akan berpengaruh pada kedewasaan pola pikir anak


Saya pribadi akan merasa bangga atau mempunyai kebanggan tersendiri jika anakku memiliki kemandiriannya. Kemandirian sesuai porsinya. 😍
Latihlah dari sekarang kemandirian anak tidak ada hal yang terlambat dan mulailah dari hal yang paling sepele. Selamat mencoba 😍

Maaf, bila ada yang tidak pas atau tidak sesuai dengan ilmu psikologi yang sebenarnya karena ini saya hanya berdasarkan apa yang saya amati dan jadilah coretan ini πŸ™

Sekedar melepaskan penat pikir selama #dirumah saja, kalau anggap tulisan ini penting silahkan dibaca dan diresapi tapi kalau tidak penting silahkan dijadikan penghuni tong sampah saja.
Tak usah galau ini tulisan beneran kisah nyata atau bukan se???

Sekedar melepas unek-unek
Biar tidak jadi enek.

Terimakasih sudah berkenan meluangkan waktu, untuk sekedar menyimak coretan ini 😍
Semoga bermanfaat



Narasi murni opini pribadi
Gambar koleksi pribadi


200420
#ummuza

Anakku Sayang Tak Harus Manja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liramarlinda dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ummuza
Halaman 1 dari 3
awal bulan ta awali dengan kemandirian ya 😍
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
sayang anak sayang anak 😘😘😘😘
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
mampir yokkkk πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Ane banget tuh Sis. Punya anak tapi kelakuan masih kekanakan😭😭
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Quote:


πŸ™ masak se.
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Makasih ya sudah mampir 😘
ga ngerti gan
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Quote:


Ya, biar ngerti dong gan
memang susah ngelatih kemandirian anak, tapi dimulai dari hal kecil aja dulu, misalnya pakai baju sendiri, ambil minum sendiri. ada contoh dilingkungan saya, udah 7 tahun makan masih disuapin, ini itu dipakai-in, akhirnya semua repot (mama nya, nenek nya, uyut nya) emoticon-Cape deeehh
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Quote:


La itu masih 7tahun di cerita saya, itu udah bukan bocah tapi punya bocah..hehheehhe
Bener banget latih kemandirian dari hal yang kecil sesuai dengan kemampuan dan usianya.
Tapi orang itu masing2 ya.
Lihat 1 balasan
Quote:


Sama berarti cuma beda usia ... Hehhehee
Sulit gans untuk mendidik anak, ini. maunya ya bikin anak kita bisa mandiri, tapi apa daya dalam keseharian kita biasanya tetap memanjakan anak mulai dari membelikan apa yang diminta dan membela si anak
profile-picture
ummuza memberi reputasi
bisa juga, dilatih aja dari hal kecil. karena nanti kita juga yang repot sis. jangan langsung dibebankan ke hal yang besar. misal ambil minum, minum, mandi tanpa bantuan. sedikit2 jangan langsung dipaksa hal yang besar. in sya Allah bisa
profile-picture
betiatina memberi reputasi
sangat menginspirasi πŸ™πŸ™‡

kasih bata saja, buat bangun rumah, sist πŸ™πŸ™‡
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ummuza dan 2 lainnya memberi reputasi
tetap semangat untuk mendidik anak menjadi lebih baik, semoga menjadi anak yang sholeh dan soleha, dan menjadi anak yang berbakti kepada orangtua. aamiin
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Quote:


Maaf tapi saya bukan pengumpul bata gan, saya suka es cendol yang segar
profile-picture
betiatina memberi reputasi
Quote:


Aamiin
Quote:


Sulit bukan berarti tidak bisa kan? 😁
Saya pun masih terus belajar kok.
Melatih kemandirian bukan berarti tidak boleh membelikan anak lo ya, tetep boleh tapi jangan selalu semua dituruti. Sesekali saja dengan bisa sebagai pancingan sebagai hadiah karena sudah melakukan sesuatu tugas yang telah kita berikan dengan baik.
mantep nih, mb ashfi dah bisa momong adik"nya.
profile-picture
ummuza memberi reputasi
Quote:


Sis, menurut saya ne justru karena hanya berdua jadi justru persiapkan dgn baik gtu.. Jangan sampai cerita saya sis alami
Halaman 1 dari 3


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di