CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nyaris Mangkrak, Pemerintah Rayu Jepang untuk Gabung Proyek Kereta Cepat Jkt-Bandung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efc137465b24d5753405280/nyaris-mangkrak-pemerintah-rayu-jepang-untuk-gabung-proyek-kereta-cepat-jkt-bandung

Nyaris Mangkrak, Pemerintah Rayu Jepang untuk Gabung Proyek Kereta Cepat Jkt-Bandung

Terkait proyek kereta api cepat di Indonesia, Pemerintah Jepang dibuat bingung oleh kebijakan pemerintah Indonesia yang mendadak berubah.

Penyebabnya setelah pemerintah Indonesia meminta kepada pemerintah Jepang untuk bergabung dalam kesepakatan infrastruktur utama yang awalnya dikerjakan oleh China .

"Merujuk pada proposal baru Jakarta tentang integrasi proyek yang dipimpin China , yaitu tentang kereta berkecepatan tinggi Jakarta Bandung. Seharusnya pemerintah Indonesia berbicara dengan kami terlebih dahulu," ujar seorang pejabat Pemerintah Jepang, yang dikutip PORTALSURABAYA dari Japan Today, Senin (29/6).

Menurutnya, proyek itu akan diintegrasikan dengan rencana kereta kecepatan sedang rute Jakarta-Surabaya, yang melibatkan bantuan Jepang atau berarti perpanjangan rute proyek kereta berkecepatan tinggi.

Mega proyek kereta berkecepatan tinggi sekitar 140 kilometer per jam yang menghubungkan Jakarta-Bandung yang dimulai 2016 lalu oleh konsorsium Indonesia China .

Awalnya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini dijadwalkan selesai pada 2019, akan tetapi ditunda hingga 2021 karena terkendala dengan masalah pembebasan lahan dan alasan lainnya.

Proyek ini awalnya dijadwalkan selesai pada 2019, tetapi ditunda hingga 2021 karena masalah pembebasan tanah, dan alasan lainnya.


Setelah kalah dengan China untuk proyek kereta berkecapatan tinggi Jakarta-Bandung, Pemerintah Jepang akhirnya pada September 2019 mencapai kesepakatan dengan Indonesia pada proyek kereta terpisah.

Proyek yang dikerjakan Jepang mencakup kereta berkecepatan sedang dengan jarak 720 kilometer antara Jakarta-Surabaya. Jalur kereta api itu menghubungkan ibu kota Indonesia dan ibu kota Provinsi Jawa Timur, yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia.

Berbicara dalam konferensi pers pada 29 Mei 2020, Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengungkapkan, Presiden Joko Widodo mengusulkan untuk memperpanjang proyek kereta Jakarta-Bandung hingga ke Surabaya dengan alasan agar "lebih ekonomis".

Alasan pemerintah saat itu agar langkah itu sekaligus bertujuan membawa investor Jepang untuk bergabung dengan proyek yang dikerjakan investor Indonesia-China
Komentar Jokowi tentang perpanjangan yang diusulkan untuk layanan berkecepatan tinggi itu benar-benar mengejutkan Jepang.

Pakar perkeretaapian yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan akan sulit untuk mengintegrasikan kedua proyek dalam istilah praktis karena lebar jalur berbeda.
Setelah proyek selesai, layanan kereta berkecepatan sedang Jakarta-Surabaya bisa menggandakan kecepatan menjadi 160 km per jam.

Hal itu dapat mengurangi waktu tempuh sekitar setengahnya dari saat ini, hingga Jakarta-Surabaya dapat ditempuh 5,5 jam. Konsorsium Indonesia-Jepang telah memulai studi kelayakan proyek yang dijadwalkan selesai pada akhir 2020.
"Kami akan dengan tenang melanjutkan studi kelayakan untuk proyek ini," kata seseorang yang terlibat dalam proyek kereta api kecepatan sedang Jakarta-Surabaya

sumber


Jepang sdh berpengalaman membangun MRT Jakarta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffm12 dan 2 lainnya memberi reputasi
Covid-19 hanyalah faktor penghambat.
kalau bisa jgn sampai mangkrak.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
bukannya jepang kemaren kecewa yah gara2 ini?? awalnya jepang yg udah di studi kasus sgala macam tapi malah ngasih proyek ke china...

skrg gara2 mangkrak malah pgn rayu jepang buat join lagi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gosal1929 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
kok nanggung2 yah..

kalo buat jalur baru
mending dibuat kereta yang speednya 300 kpj - 500 kpj

jadi jkt - sby cuma 1 - 2 jam aja
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Nyaris Mangkrak, Pemerintah Rayu Jepang untuk Gabung Proyek Kereta Cepat Jkt-Bandung


wartawan koplak, bikin judul bisa misleading gitu ??

bahan coli buat nasbung.


Nyaris Mangkrak, Pemerintah Rayu Jepang untuk Gabung Proyek Kereta Cepat Jkt-Bandung

proyek yang terpisah, dibilang mangkrak ? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
udah on da' right track ama China,,.. ngapaen melirik nyang laen,,..??
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gungun76946 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jepang kena rayuan setan....
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kaiserwalzer memberi reputasi
makanya yang pasti² ajalah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
mana sudi lagi jepang
nanti disuruh studi yang mengerjakan china lagi
jepang jangan mau dikadalin sama beijing
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan checkedusername memberi reputasi
Diubah oleh RTAK.II
Maaf ane jujur saja, ane lebih percaya produk jepang daripada china
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gosal1929 dan 5 lainnya memberi reputasi
Hati2 buat jepang, ingat2 waktu masa feasibility study dulu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gosal1929 dan 3 lainnya memberi reputasi
namanya juga +62 gak pernah memikirkan sesuatu dengan sangat matang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gosal1929 dan 3 lainnya memberi reputasi
lah bukannya kemaren gagal ya sama jepang?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ngeri banget, nyaris mangkrak,

padahal di rumah ane pada jalan itu proyek emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Lt.Evans dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
karma indon akibat mengkhianati jepun, karma is a bitch !
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Jangan gitu gan
Agan nanti!?????!?
Jepang jelas lebih berkualitas.
emoticon-Cool
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
jangan mau biarin china yang kerjain kan china nomor 1
tka nya rajin,bangunnya cepet,terus2 murah
sekarang malah gak selesai2 pasti karna doa habib rizieq
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
iabarat pacaran dideketin hbis itu diphpe di lepeh ... terpincut amoy ...eh ternyata amoy nya budukan ngerayu yg pertama ...buat balikan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
memang sampah negara ini sih
terutama si rini, ketahuan banget pake duit pelicin biar cina bisa ambil proyek, padal orang cina kerja ke tai juga, pake tenaga cina sendiri lagi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di