CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sindrom Kepala Meledak, Gangguan Tidur Yang Jarang Orang Tahu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efbfe364601cf51fb0898e0/sindrom-kepala-meledak-gangguan-tidur-yang-jarang-orang-tahu

Sindrom Kepala Meledak, Gangguan Tidur Yang Jarang Orang Tahu

Sindrom Kepala Meledak, Gangguan Tidur Yang Jarang Orang Tahu

Exploding Head Syndrome (courtesy of-intermountainhealthcare.org)

Bayangkan agan dan sist sekalian dalam skenario seperti ini...
Capek setelah bekerja seharian, agan dan sist sampai rumah kemudian memutuskan untuk tidur. Handphone di matikan dan kini sudah dalam posisi tidur yang nyaman. Lelah setelah seharian bekerja membuat agan dan sist tak butuh waktu lama untuk kemudian perlahan terlelap...
Namun tiba-tiba....
"DUARRRRR!!"...
"An*irr, suara apaan nih? Siapa yang ledakin petasan malam-malam buta kaya gini? Bikin kaget orang tidur aja. Wah ga bisa dibiarin nih...."
Emosi dan bangun dalam keadaan kaget serta panik, agan dan sist memutuskan untuk keluar rumah dan mencari sumber suara tersebut.
Tapi kok, di luar sepi ya? Ga ada apa-apa, ga ada rame-rame apapun? Siapa yang meledakan petasan tadi? Padahal jelas banget loh agan dan sist dengarnya...
Setelah beberapa saat panik dan emosi, agan dan sist kemudian sadar "Eh kayanya suara petasan ga gitu deh...suara ledakan apa itu ya? Kok kayanya suaranya berasal dari kepala aku sendiri?"...
Pernah mengalami situasi seperti ini? Waspada mungkin agan dan sist mengalami apa yang disebut sebagai Sindrom Kepala Meledak atau EXPLODING HEAD SYNDROME (EHS)

Apa Itu EHS?

Menurut medicalnewstoday sindrom kepala meledak adalah salah satu jenis gangguan tidur yang membuat seseorang mendengar suara ledakan keras, saat mereka sedang berada  fase mulai memasuki tidur yang lelap.
Maksudnya begini gan sist...orang yang menderita EHS ini merasa mendengar suara ledakan mungkin bunyi petasan, suara tembakan, petir, teriakan/jeritan, pintu dibanting dan suara keras lainnya, saat mereka mulai masuk fase tidur lelap

GIF

[video]undefined[/video]

[video]undefined[/video]
surprised (courtesy of rinconsurfreport.com)



Pernah sedang tidur namun bangun dengan kaget karena mendadak mimpi jatuh? Ya kira-kira mirip kaya gitu lah. Cuma disini yang bikin kita bangun secara mendadak dan disertai  panik, adalah suara ledakan keras yang rasanya kita dengarkan tadi.

Karena kan memang sudah lazim manusia mengalami kaget atau bahkan takut, saat mendengar suara ledakan yang keras. Jadi wajar kita mendadak bangun dengan terkejut saat mendengar suara ledakan tadi, meski ternyata....suara itu berasal dari kepala kita sendiri. Kok bisa?

Apa nih penyebab EHS? Kali-kali aja ane ngalamin!

Seperti yang TS kutip dari healthline.com, peneliti juga belum menemukan secara pasti apa sihyang menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur ini. Tapi kemungkinan, orang yang mengalami EHS mengalami masalah atau gangguan pada syaraf otak mereka.

Sindrom Kepala Meledak, Gangguan Tidur Yang Jarang Orang Tahu

EHS causes (courtesy of boredpanda.com)

Peneliti juga menduga penyebab EHS yang lain seperti:

1. Stress 

2. Ganguan kecemasan atau anxiety disorder

3. Penggunaan jenis obat-obatan tertentu

4. Menstruasi/PMS

5. Insomnia

Jadi gimana? Ada ga kira-kira penyebab diatas yang mungkin kalian alami?

Gejalanya apa saja sih?

Kalau agan-sist mendadak bangun di tengah malam lantaran mendengar suara ledakan keras, tapi tak seorang pun lain yang mendengarnya, bisa saja kalian mengidap sindrom ini. 

Sama dengan "halu" dong? Memang suara yang agan dengar tadi adalah jenis Hypnagogic Hallucinations dimana kita seolah bisa medengar, melihat, merasakan atau mencicipisesuatu ketika sedang tidur, tapi itu semua bukan merupakan mimpi. Tapi meskipun "halu", orang yang mengalami EHS merasa benar-benar mendengar suara ledakan yang nyata dan membuat tidur mereka terganggu.

Wah ane ngalamin nih kayanya, bahaya ga ya kira-kira?

Kalau agan dan sist merasa mengalami EHS ini, ga perlu merasa cemas berlebihan, karena menurut medicalnewstoday.com EHS ini bukan penyakit yang bisa mengancam nyawa seperti serangan jantung atau kanker.
Sindrom Kepala Meledak, Gangguan Tidur Yang Jarang Orang Tahu
fall asleep (courtesy of ergodirect.com)

"Wahh aman dong gue..." ehmmmga juga. Karena bisa saja setelah mendengar suara ledakan tadi, kita jadi susah untuk tidur kembali. Akibatnya, siang hari kita akan mengalami kelelahan hebat dan tidak produktif. Lebih serius lagi jika EHS ini membuat kita mengalami insomnia berkepanjangan, yang pastinya ga bagus buat kesehatan fisik dan mental kita kan?

Lalu pengobatanya gimana nih?

Meski ga berbahaya, mengalami EHS terutama untuk pertama kali tentunya sangat menakutkan. Meski begitu sayangnya hingga kini para peneliti belum menemukan pengobatan pasti untuk gangguan tidur jenis ini ya gan, sist...

Sindrom Kepala Meledak, Gangguan Tidur Yang Jarang Orang Tahu

sleep terapy (courtesy of helpguide.org)

Biasanya, agan dan sist disarankan untuk tidak stress, memperbaiki pola tidur, atau melakukan melakukan relaksasi. Tapi kalau dirasa sudah sangat menganggu, konseling dan psikoterapi sangat disarankan untuk mengatasi gangguan tidur ini.

Beda dengan insomnia, EHS atau Exploding Head Syndrome atau sindrom kepala meledak ini memang jarang diketahui. Bahkan mungkin banyak yang ga sadar mengalami ganguan tidur jenis ini. Jadi....kira-kira ada ga agan atau sist disini yang ngalamin? Boleh share lah pengalamannya di komentar ya...
Sekian trit sederhana dari TS semoga bermanfaat dan berfaedah. See you next time...


Spoiler for sources:



profile-picture
profile-picture
nomorelies dan jokoariyanto memberi reputasi
Alhamdulillah gue syndrome kepala meledak tidak. Tapi terkadang gue kalau mau tidur kayak mimpi jatuh dari tempat tinggi..
iya sering nih sama ane kadang kayak mendengar suara ledakan gitu apalagi pas setengah sadar mau tidur terutama sekitar bulan puasa sama lebaran padahal tetangga gak ada yang berisik
Beda sama mimpi jatuh ya? Reaksinya sama, sama2 langsung kebangun karena kaget. Ane sering yg mimpi jatuh gitu emoticon-Sorry
Lihat 1 balasan
Kalo pas bangun kepala pusing belakang itu kenapa gan ?
Pernah sekali kyk gini tapi pas lagi terjaga, udh gitu disertai mimisan pula emoticon-Frown

Malamnya kagak bisa tidur sama sekali sampai besok pagi emoticon-Frown

Sembuh pas di terapi sama temen yg kuliah di bag psikologi dan penyebabnya ternyata Skripsi ane yang bikin stress sama bbrp masalah lain emoticon-Frown
Diubah oleh TieriaErde
Paling sering waktu ngantuk sudah mau tidur eh kaget kayak kedengaran suara letusan terus gak bisa tidur tidur.
emoticon-Hammer2
Diubah oleh ora.w4r45
ane juga pernah alami ini gan, jd kayak kaget gitu, biasanya kalo posisi tidurnya lg duduk di kursi gitu.
Sindrom kepala meledak ini sama kayak hypnic jerk bukan ya?
Diubah oleh aslavinovic


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di