CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Begini Cara Mendidik dan Memotivasi Anak Kecil Versi Ane, Kalo Agan Sista Gimana?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efbf2c5af7e9353f72e726d/begini-cara-mendidik-dan-memotivasi-anak-kecil-versi-ane-kalo-agan-sista-gimana

Begini Cara Mendidik dan Memotivasi Anak Kecil Versi Ane, Kalo Agan Sista Gimana?

Begini Cara Mendidik dan Memotivasi Anak Kecil Versi Ane, Kalo Agan Sista Gimana?

Halo Agan Sista, khususnya para orangtua ataupun yang mungkin sebentar lagi punya anak, atau memiliki ponakan, atau sedang mengajar di sekolah.

Kesempatan kali ini ane mau berbagi cerita, pemikiran dan pengalaman ane seputar "Cara Mendidik dan Memotivasi Anak (versi Ane dari pengalaman pribadi)".

Banyak orangtua menganggap, bentuk apresiasi paling mudah, memiliki arti, dan sederhana adalah dengan memuji (menyemangati) anaknya dengan sebutan "Anak Pintar" ketika sang anak berhasil melakukan sesuatu.  Harapannya, agar sang anak termotivasi supaya selalu menjadi anak yang pintar.

Meski bukan seorang ahli, 'pun belum pernah ambil jurusan pendidikan yang dikhususkan buat mendidik anak-anak. Saat masih duduk di bangku SMA, hingga masuk dunia perkuliahan. Mengajar Privatesempat menjadi salah satu side job ane buat nambah-nambahin uang jajan (kala itu). Mulai dari mengajar matematika dasar, bahasa inggris, bahkan kadang kala semua pelajaran sekolah ane libas. Demi exist di bidang ini (well, tak begitu sulit untuk menemukan jawaban dari soal yang ada di buku LKS anak kecil, 'kan?).



Begini Cara Mendidik dan Memotivasi Anak Kecil Versi Ane, Kalo Agan Sista Gimana?
                  sumber : dokpri (saat KKN di pelosok Pekanbaru, desa teluk binjai 2015).

Di masa itu, ane sangat merasakan bahwa jika tujuan kita adalah untuk mendidik dan memotivasi anak-anak, maka jalan yang paling tepat adalah untuk menyemangatinya agar tekun, bahwa setiap manusia itu diberkahi kesempatan yang sama, dan keberkahan tersebut wajib kita manfaatkan sebaik yang kita bisa. Hal ini berlaku bagi semua anak di semua lingkungan, latar belakang ataupun strata yang pernah ane "bersamai". Inti dari perilaku mereka adalah sama, butuh perhatian dan dukungan moriil, tanpa perlu ada perbandingan A > B dan sebagainya. Setiap manusia punya keunikan potensi masing-masing, khususnya anak kecil.


Begini Cara Mendidik dan Memotivasi Anak Kecil Versi Ane, Kalo Agan Sista Gimana?
            sumber : dokpri (saat KKN di pelosok Pekanbaru, desa teluk binjai 2015)

Bagi yang pernah menjadi anak-anak, dan belum lupa drama-drama yang pernah terjadi di masa SD, SMP, bahkan SMA. Tentu akan sepakat jika di masa itu kita juga merasakan 'Beratnya kehidupan menjadi anak kecil', dari masalah sesimpel tak mendapat sepatu baru setelah kenaikan kelas, hingga pressuredari orangtua yang menuntut kita (anak) untuk menjadi yang paling pintar, atau minimal bisa seperti anaknya si Om A yang hobi baca itu. Setiap anak kecil punya masalahnya masing-masing. Setiap masalah tentu memiliki solusi (jalan keluar) yang bisa jadi diselesaikan seorang diri, ataupun dengan bantuan/dukungan orang lain.

Dari sudut pandang anak kecil, mereka kadang berlomba menjadi yang terpintar supaya sang orangtua bangga dan bahagia. Bagi anak kecil yang merasa sudah gagal menjalankan misi tersebut, biasanya akan down,belajar sekenanya atau bahkan ogah-ogahan untuk belajar. Sebab dirinya sudah merasa jadi anak yang bodoh (tidak pintar).

Ironisnya, tak jarang orangtua memiliki perilaku yang kurang supportif, malah justru menuntut kepada sang anak, agar sang anak menjadi pintar. Orangtua yang berkecukupan tentu akan memfasilitasi anaknya dengan berbagai bimbingan belajar (les). Sedangkan orangtua yang kurang berkecukupan biasanya akan bersikap acuh, dan menerima bahwa benar anaknya dilahirkan tidak pintar. Kedua jenis orangtua ini sangat sering ane temui di berbagai tempat. (Sumsel, Pekanbaru, Bangka, hingga Jakarta).

Begini Cara Mendidik dan Memotivasi Anak Kecil Versi Ane, Kalo Agan Sista Gimana?

(Dokpri : Gerakan Mahasiswa Mengajar)

Dua semester ane luangkan untuk mendedikasikan diri bersama teman-teman, demi mengajar semua anak kampung terdekat secara gratis. Antusiasme yang tak terbendung (melebihi ekspektasi) membuat ane dan teman-teman sempat kewalahan. Berawal dari mengajar di kosan, hingga pengajuan ke Aula Masjid di sekitar kampung tersebut. Pengalaman ini menjadi bukti bagi ane, bahwa sejatinya minat anak untuk belajar itu TINGGI!Kendati, fasilitas pendukung baik dari segi pengajar dan juga infrastruktur yang mungkin tak sesuai dengan keinginan mereka.

Begini Cara Mendidik dan Memotivasi Anak Kecil Versi Ane, Kalo Agan Sista Gimana?

(Dokpri)

Menurut ane, memaksa anak kecil agar jadi anak yang pintar merupakan sesuatu yang keliru. Menjadi pribadi yang penuh dengan aura positif, semangat, dan akhlak yang baik jauh lebih penting. Namun lebih penting daripada itu, adalah keinginan sang anak itu sendiri. Ingin menjadi manusia seperti apa mereka? sebagai orang dewasa, tugas kita hanyalah membimbing dan memotivasi.


Begini Cara Mendidik dan Memotivasi Anak Kecil Versi Ane, Kalo Agan Sista Gimana?




Terakhir, emang ada yang lebih menyenangkan dari melihat senyum tulus yang terpancar dari jiwa-jiwa yang masih polos seperti anak kecil?


Sumber Gambar : 100% Dokumen Pribadi
Referensi : 100% Opini dari 100% Pengalaman Pribadi



Jadi Kalo Menurut Agan Sista, Gimana?



profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh agungdar2494
Halaman 1 dari 2
Thread ini dibuat sepenuhnya berdasarkan opini pribadi dari pengalaman pribadi ane.
Mohon maaf jika agan sista tak sependapat, silahkan disampaikan agar kita saling bertukar wawasan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh agungdar2494
ane bukan sarjana pendidikan, ataupun guru. Cuma hobi dekat dengan anak kecil.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 3 lainnya memberi reputasi
kalo dkt anak kecil itu menurut ane kita juga jadi belajar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
akhirnya yg ditungguu2 jadi juga.. trit orisinil, foto orisinil, pengalaman orisinil...


welkom bek kaskus old.....

makasih suhu 🙏🙏
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Aih sepakat banget dah, orang tua tidak bisa memaksakan apa yang mereka mau terhadap anaknya, biarkan anak memilih jalan kesuksesannya. orang tua hanya wajib mengarahkan dan membantu 😁 ngomong-ngomong ente pernah buluk juga 😂🙊
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
akhirnya 💃💃💃💃
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
kalo ane sih nanti klo dh punya anak ane dahulukan pelajaran moral & agama dulu trus bangun akhlaknya
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kamujahat.21.
Lihat 1 balasan
ya, bener semangat belajar anak itu sebenarnya tinggi, tapi kadang ortulah yang membuatnya gak bergairah dengan mengkotak-kotakkan mereka.


👍👍👍👍
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan agungdar2494 memberi reputasi
okela kalo bijitu
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
aku ingin menulis mewakili isi hari Sang Anak🤐🤐
Lihat 1 balasan
Aku sependapat sih.
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan agungdar2494 memberi reputasi
Kalo ane pengawasan, namanya bocil itu belum mudeng dengan apa yang apa disekitar dia. Jadi ane ikutin dah tuh anak maunya ke mana, dan ketika ada sesuatu yang membahayakan dia ane tarik.

Yang pasti anak dari kecil harus diajari bagaimana bertanggung jawab, mulai dari yang sederhana kayak beresin mainan sendiri.

Dan ketika si anak sering bertanya "ini apa?", jelaskan walaupun agan capek ngomongnya, terus jelasin sampai si anak mengerti walaupun sedikit.

Ajarkan permainan edukatif agar perkembangan anak seimbang, jangan dikit2 gadget.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
anak saya mengidolakan saya sebagaimana saya mengidolakan orang tua saya.
anak2 biasanya seperti itu gan maka sbg ortu klo misal ni ya kurang ngerti gitu cara ngajarin anak di akademis jangan kecil hati, tetep lakukan tunjukan hal baik saja kepada anak niscaya mereka pasti akan jadi baik juga. seeing is believing gitulah..cmiiwemoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tambahan Ts: anak kecil umur 2 - 5 tahun itu lagi masamasa meniru apapun yang orang terdekatnya lakukan dari halhal terkecil sekalipun. Jadi penting untuk memberi contoh yang baik dari umur segini supaya nanti dewasanya menjadi kebiasaan.
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Asli keren. Cara mendidik yg bagus menurut ane. Emang belajar dari pengalaman adalah cara terbaik emoticon-2 Jempol
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Quote:


Kadang pengalaman mengajar lebih berarti ditimbang ilmu dalam teori, karena praktek jauh lebih menantang dan jauh lebih rumit, dan mengajar anak sendiri pun tidak sama dikala kita mengajar anak orang lain, bisa sabar mendidik anak orang lain, ketika mengajar anak sendiri, emosi tingkat dewa kadang keluaremoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ntar ane praktekin kalo dah punya anak
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mantap emoticon-Toast
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ajari masak , ajari pakai alat dapur tapi yg sederhana jangan langsung kompor gas.

Ajari cara menghalau binatang. Yang kecil sampai ular kalo bahaya bisa tenang & pakai alat.

Ajari soal duit.

Ajari soal kendaraan & lalu lintas di Indonesia yg serba bego ga jelas.

Ajari soal keamanan.

profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan gembelngehe memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Pokoknya kalau nanti punya anak dah pasti siap ini mah😃
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di