CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[BLOOMBERG:INDONESIA MENDUNIA] Mengapa Bank Indonesia Akan Mendanai $ 40 Miliar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efbe2d6337f93512f6680f1/bloombergindonesia-mendunia-mengapa-bank-indonesia-akan-mendanai--40-miliar

[BLOOMBERG:INDONESIA MENDUNIA] Mengapa Bank Indonesia Akan Mendanai $ 40 Miliar

Bank sentral Indonesia hampir mencapai kesepakatan untuk mendanai $ 40 miliar dari respon fiskal pemerintah untuk memerangi pandemi coronavirus tahun ini, program monetisasi utang terbesar di antara negara-negara pasar berkembang.


Bank Indonesia telah membeli obligasi langsung dari pemerintah di lelang untuk membantu membiayai pengeluaran anggarannya. Sekarang sedang bersiap untuk melangkah lebih jauh dengan membeli sejumlah aset yang telah ditentukan sebelumnya tanpa bunga atau di bawah kurs pasar.


Pemerintah di seluruh dunia meminjam jumlah rekor untuk mengatasi pandemi, dan banyak yang beralih ke bank sentral mereka untuk membiayai hutang ekstra. Namun, secara langsung memonetisasi defisit telah menjadi hal yang tabu , terutama untuk pasar negara berkembang, dan meningkatkan risiko potensial seputar inflasi dan independensi bank sentral.

Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia akan menandatangani perjanjian yang menetapkan syarat, komposisi, dan mekanisme program penjualan obligasi minggu ini. Berikut ini apa yang kita ketahui tentang rencana itu.

pa saja proposalnya?
Pemerintah ingin bank sentral untuk berbagi lebih banyak dari beban respon pandemi bangsa, yang diperkirakan akan menelan biaya 903,46 triliun rupiah ($ 63,3 miliar). Sekitar 64% dari itu, atau 574,4 triliun rupiah, akan dibiayai oleh bank sentral, menurut proposal, dengan pemerintah mendanai sisanya. Porsi bank sentral akan digunakan untuk mendanai perawatan kesehatan, jaring pengaman sosial dan program ketahanan pangan, serta sebagian membiayai biaya penyelamatan usaha mikro, kecil dan menengah.
Berdasarkan proposal tersebut, Bank Indonesia akan membeli obligasi pada nol atau di bawah kurs pasar. Pemerintah mengeluarkan biaya ketika menjual obligasi kepada investor lokal atau asing pada tingkat pasar, sehingga menempatkan aset secara langsung dengan bank sentral pada nol atau tingkat preferensial akan membantu menurunkan biaya pinjaman negara.

Mengapa Bank Indonesia diminta melakukan ini?

Pemerintah menghadapi tugas yang berat yaitu meminjam 1,65 kuadriliun rupiah tahun ini untuk mendanai defisit anggaran 6,34% dari produk domestik bruto dan membayar utangnya. Pandemi telah menghancurkan ekonomi - dengan Dana Moneter Internasional memperkirakan kontraksi 0,3% - dan pendapatan pemerintah telah anjlok. Presiden Joko Widodo awal tahun ini membatalkan batas defisit fiskal sebesar 3% dari PDB yang diberlakukan setelah krisis keuangan Asia lebih dari dua dekade lalu. Aksi jual yang parah pada obligasi dan mata uang pasar negara berkembang pada kuartal pertama berarti bahwa kepala keuangan tidak punya pilihan selain meminta bantuan bank sentral. Anggota parlemen juga menumpuk pada tekanan pada Bank Indonesia untuk tidak mendapat untung dari pembelian obligasi.

Defisit Hit

Defisit fiskal Indonesia meningkat seiring bertambahnya stimulus untuk memerangi virus
Apa artinya ini bagi bank sentral?

Bank Indonesia membuat surplus atau defisit berdasarkan perbedaan antara bunga yang dihasilkannya dari cadangan devisa dan obligasi mata uang lokal yang dimilikinya, dan apa yang dibayarkannya pada obligasi yang dijualnya sebagai bagian dari operasi pasar terbuka. Di bawah rencana pembiayaan defisit, bank sentral akan membayar bunga lebih banyak daripada yang dihasilkan pada obligasi pemerintah, berpotensi mengurangi surplusnya. Ekonom Citigroup Inc. Helmi Arman memperkirakan Bank Indonesia memiliki surplus operasional sebesar 33 triliun rupiah pada akhir tahun 2019. Dengan penurunan suku bunga AS dan pendapatan bunga dari cadangan devisa yang menurun, Bank Indonesia dapat melihat surplusnya secara signifikan terkikis, katanya. Kementerian Keuangan memperkirakan biaya bunga untuk bank sentral adalah 37 triliun rupiah per tahun.

Apa risiko monetisasi utang?

Penentang pembiayaan defisit memperingatkan bahwa pencetakan uang dapat meningkatkan inflasi dan merusak independensi bank sentral. Meskipun inflasi tetap rendah dan terkendali di Indonesia untuk saat ini, negara itu pada masa lalu cenderung mengalami lonjakan harga.
Citigroup's Arman juga menunjukkan risiko penurunan peringkat kredit. Peran yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi bank sentral mungkin mendorong perusahaan pemeringkat untuk mengubah fokus mereka dari metrik utang menjadi independensi bank sentral, katanya. Sementara negara akan mempertahankan peringkat peringkat investasinya, setidaknya satu dari tiga perusahaan peringkat utama dapat memangkas peringkat satu level, katanya.

Bagaimana pasar bereaksi?

Reaksi pasar telah diredam sejauh ini. Meskipun sebagian besar obligasi yang ditempatkan pada Bank Indonesia kemungkinan merupakan obligasi bertenor panjang, imbal hasil dari obligasi pemerintah bertenor 10 tahun telah meningkat sekitar 7,2% untuk sebagian besar Juni. Investor asing telah menjadi pembeli bersih obligasi senilai $ 523 juta hingga 26 Juni, ditetapkan untuk bulan ketiga berturut-turut dari arus masuk. Rupiah menguat lebih dari 2% terhadap dolar bulan lalu untuk melengkapi kenaikan kuartalan terbesar sejak 2009, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

SUMBER https : // www . bloomberg . com /news/articles/2020-06-30/why-bank-indonesia-will-fund-40-billion-of-government-s-budget



lagi pandemi begini yang penting di lakukan untuk rakyat adalah :
-perkuat sarana pangan , para kontraktor konstruksi mendingan beralih kepada sektor pertanian yaitu menanam dan mengusahakan sembako, sebagian untuk rakyat dan sebagian diekspor keluar negri yang keuntungannya sebagian untuk modal tanam tahun depan dan sebagian lagi untuk subsidi sembako ke masyarakat

-pending semua kegiatan konstruksi yang menggunakan dana APBN kecuali untuk maintenance dan kegiatan yang sangat sangat sangat penting

-memecut lokal untuk mengusahakan alat alat kebutuhan medis untuk covid 19 seperti masker, face shield, inverter, ventilator, obat obatan dst .....

ada saran lain ??
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
gratis ongkir via pt pos buat umkm yg ekspor barang
cinak aja bisa, barang usd 2 dah sampe indo gratis kirim
packagingnya bagus, pake dus n bubble wrap, padahal barang murmer
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan juraganind0 memberi reputasi
Diubah oleh chisaa
Lihat 1 balasan
jokowi ga mahir kalo di bidang ekonomi

Lihat 1 balasan
banyak gelombang PHK, atau minimal penurunan pendapatan, banyak rakyat kayak gua yang beli apaan aja nyicil, hati2 kredit macet
Quote:


infrastruktur itu salah satunya jalan, kalo jalan hancur, macet maka cost akan semakin besar yang membuat harga kebutuhan pokok menjadi sangat besar, yg akan menghancurkan perekonomian rakyat bawah, sehingga menghancurkan negara ini

terus piye @ts
Lihat 3 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di