CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Persiapan melahirkan. (Penting bagi agan dan istri) Part 1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efbdeccc8393a394d360280/persiapan-melahirkan-penting-bagi-agan-dan-istri-part-1

Persiapan melahirkan. (Penting bagi agan dan istri) Part 1

Oke gan, hari ini aku akan bahas sesuatu yang sepele, tapi penting untuk di perhatikan. Yaitu tentang persiapan istri melahirkan. Selain yang akan aku sebutkan di bawah, ada baiknya agan dan istri mulai belajar untuk membaca do'a saat melahirkan supaya proses persalinan nanti aman dan berkah.

1. Dua bulan sebelum HPL (hari perkiraan lahir)

- Menemui dokter kandungan (saran saya jika tidak ada keluhan dan hanya usg saja, temuilah dokter kandungan berbeda di rumah sakit yang berbeda pula. Hal ini di perlukan untuk observasi, seberapa telatennya dokter kandungan tersebut dalam melayani pasien).

- Setelah memastikan dokter kandungan, pastikan juga biaya yang harus di keluarkan jika ingin bersalin di rumah sakit dan dengan dokter yang agan pilih. (Saran saya tanyakan juga dokter tersebut bisa melayani semua pasien baik umum dan pengguna asuransi, atau hanya melayani umum saja)

- Penjamin rawat inap. Jika pakai umum maka sediakan biaya sesuai saran dari kasir rawat inap di rumah sakit yang agan pilih. Jika menggunakan asuransi, segera telfon pihak asuransi agan untuk menanyakan keaktifan kartu dan bisa di gunakan untuk persalinan/ tidak, serta apakah bayi yang baru lahir bisa langsung di tanggung menggunakan asuransi yang agan punya.

Kebutuhan yang harus di sediakan

Untuk keperluan ibu dan anak yang wajib di sediakan: kain (bisa kain jarik) kain sangat penting di bawa gan karena gak mungkin kan waktu istri agan sedang pembukaan tapi gak di tutupi apapun pasti akan di komplain oleh para bidan,  baju daster jumbo yang lengan panjang supaya gak kedinginan, pembalut melahirkan, peralatan mandi, popok bayi, pakaian dalam (bra menyusui dan celana dalam), ikat rambut (harus bawa beberapa ya gan, biar kalo hilang ada gantinya. Oh ya sekalian di ikatkan oleh agan, biar romantis). Yang terpenting istri agan butuh agan di sampingnya untuk menenangkan. Selalu ucapakan kata kata manis juga ya gan.

Untuk keperluan ayah yang wajib di sedikan

Selalu pakai jam tangan (untuk menghitung jumlah kontraksi, pastikan sudah menemui dokter kandungan agan ya untuk menyakan perbedaan kontraksi beneran dan kontraksi palsu), baju ganti dan pakaian dalam, makanan ringan (di rumah sakit gak boleh bawa rokok ya gan), minuman botol, perlengkapan mandi.

Tambahan lain: siapkan dokumen penting. Misalnya buku ibu hamil (yang warna pink), KTP suami istri, Kartu Keluarga, kartu asuransi.

Oh ya gan, BPJS juga termasuk dalam asuransi yang bisa di gunakan untuk persalinan.

Lanjutan di Part 2

Penulis: 0wlcelepukkk



Quote:
Diubah oleh 0wlcelepukkk
PART 2 : https://kask.us/iGwaL
Jgn lupa cukuran juga, jgn smp dicukurin ma perawatnya kayak bini ane emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
cewieClown memberi reputasi
Lihat 8 balasan
kalau ane sih

1-2 minggu sebelum arrival udh standby rumah sakit


gk mau ambil resiko

kerjaan sibuk soalnya+ seluruh keluarga jauh jauh
dan apartemen

gk mau ambil chance mending ambil aman

keluar duit lebih penting istri anak selamat
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di