CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Awas, Kapal Selam China Diprediksi Bakal Lewati Indonesia ke India
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efbd53228c99173023477a1/awas-kapal-selam-china-diprediksi-bakal-lewati-indonesia-ke-india

Awas, Kapal Selam China Diprediksi Bakal Lewati Indonesia ke India

VIVA – Pernyataan Sekretaris Negara Amerika Serikat Mike Pompeo dalam konferensi virtual Forum Brussels pada 25 Juni lalu yang menyebutkan Indonesia dan negara-negara lainnya di Asia berada dalam ancaman Partai Komunis China mungkin bukanlah isapan jempol belaka.

Pernyataan itu merupakan warning bagi seluruh negara yang berada di sekitar Laut China Selatan dan Samudera Hindia, khususnya bagi Indonesia. Karena Indonesia yang berada berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan akan menjadi jalur alternatif bagi Angkatan Laut China untuk mendukung upaya invansi yang dilakukan oleh Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) untuk menghadapi India di Lembah Galwan.

Pergerakan armada tempur China diperkirakan akan melintasi Indonesia untuk merambat masuk ke Samudera Hindia hingga merangsek masuk ke India.

Pengamat intelijen pertahanan laut Open Source Intelligence (OSINT) H.I. Sutton menyatakan, salah satu yang hari ini tengah diperhitungkan oleh dunia adalah arah pergerakan kapal selam (submarine) China yang diprediksi akan melintasi Indonesia melalui Selat Sunda atau Selat Lombok untuk masuk ke wilayah pertahanan India melalui Samudera Hindia.

"Area kunci dari operasi di masa depan mungkin adalah Samudra Hindia. Kapal selam Cina khususnya dapat memiliki dampak strategis jika mereka menjelajahi perairan itu. Dari sudut pandang Cina, ini akan melindungi jalur laut vital yang akan rentan dalam perang apa pun," kata HI Sutton dikutip VIVA Militer dari Forbes, Rabu, 1 Juli 2020.

Menurut Sutton, saat ini kekuatan militer dunia mungkin fokus di Laut Cina Selatan, karena Beijing telah membuat klaim teritorial yang cukup luas di wilayah itu. Banyak kalangan tidak memprediksi kemungkinan kekuatan armada laut China masuk ke Teater Samudera Hindia.

Namun bagi India, ancaman itu tampak sangat nyata. Karena kapal selam China tercatat telah melakukan panggilan pelabuhan di Pakistan dan Sri Lanka dalam beberapa tahun terakhir. Sehingga tidak menutup kemungkinan China akan mengerahkan kapal selamnya untuk memperkuat pasukan militer PLA yang saat ini tengah berada di sepanjang Line of Actual Control (LAC), Ladakh, Lembah Galwan.

Hanya saja, Sutton mengatakan, kapal selam China baru dapat melintasi Indonesia menuju Samudera Hindia lewat Selat Malaka jika dalam masa damai. Karena ketika kapal selam China masuk ke perairan Indonesia dia harus muncul ke permukaan perairan Indonesia.

"China mungkin masih melakukannya untuk mengirim pesan, tetapi itu adalah utilitas terbatas dalam pengaturan operasional di mana kapal selam ingin menyembunyikan keberadaan mereka," papar Sutton.

Ia menambahkan, setelah kapal selam China dapat melintasi Selat Sunda atau Selat Lombok menuju Samudera Hindia, mereka akan mendapatkan keuntungan yang sangat signifikan untuk melakukan manuver di kedalaman hingga tidak terdeteksi oleh kekuatan militer India.

"Selat Sunda akan menjadi rute terpendek, tetapi sangat dangkal di ujung timurnya sehingga Selat Lombok yang lebih dalam mungkin lebih disukai. Di sana bagian yang terendam kemungkinan dianggap layak untuk Angkatan Laut Cina," katanya.

Begitu masuk ke Samudera Hindia, lanjutnya, kapal selam itu bisa dipersenjatai kembali tanpa harus kembali ke Cina. Sebab, Angkatan Laut China telah memiliki pangkalan militer di Djibouti di Tanduk Afrika. Bahkan jika kapal selam itu sendiri tidak dapat masuk ke pelabuhan, karena diawasi secara ketat, kapal dapat beroperasi dari sana untuk melakukan pengisian ulang di laut.

Selain itu, katanya, China saat ini juga sudah memiliki pelabuhan lain yang sedang dibangun di daerah Gwadar di Pakistan. Dari pelabuhan Gwadar itu, keinginan merubah pelabuhan itu untuk menjadi pangkalan angkatan laut Cina, tampaknya akan segera terjadi. Gwadar memiliki keuntungan karena terhubung melalui darat ke Tiongkok sehingga persediaan tidak harus melalui laut.

"Jika Cina ingin membuat skuadron Samudra Hindia permanen, basis alaminya adalah Gwadar dan Djibouti. Ada juga pulau kecil Feydhoofinolhu di Maladewa, yang sedang dikembangkan Tiongkok sebagai resor. Perencana akan khawatir bahwa itu dapat bertindak sebagai basis dukungan atau stasiun pemantauan dalam beberapa skenario," kata dia.

https://www.viva.co.id/amp/militer/m...india?page=all

KOMENTAR TS:

Anggaran Militer India: 1.012 Triliun

Anggaran Militer Amerika Serikat: 11.000 Triliun

Anggaran Militer China: 2.500 Triliun

India dan China adalah dua kekuatan besar, menarik kita tunggu apa yg terjadi selanjutnya. Dari sisi kebrutalan dan militansi, jelas India menang, karena orang India terkenal keras kepala dan pemarah emoticon-Big Grin

punya budaya yg berbeda, ini yg menarik..
Diprediksi tahun 2035, India akan melampaui China dalam jumlah penduduk di dunia. Karena tingkat kelahiran di India sangat tinggi.

akan menarik, akan dipihak manakah Amerika? Apakah India atau China. Mengapa ini penting, karena suka tidak suka, benci tidak benci, amerika memegang peranan penting dalam setiap kejadian besar di dunia ini, tanpa terkecuali.

bahkan dalam tragedi perang etnis hutu dan tutsi di Rwanda tahun 1996, amerika juga terlibat dalam membentu etnis tutsi, yg dimana saat itu berkuasa.

bukan cuma kejadian itu, banyak sekali kejadian yg tidak dapat saya tulis satu persatu, bahkan tragedi pembantaian 1966 di Indonesia saja, amerika terlibat pada waktu itu, ada pejabat tinggi Indonesia yg jadi agen CIA, ini fakta bukan dongeng ya emoticon-Big Grin

menarik untuk ditunggu, akan seperti apa China dan India nanti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Ngga apa-apa... Cuma numpang lewat koq...
Dan dah ijin sama Opung koq...

eh tunggu...tunggu... Bagaimana kalo kita Pajekin juga? Pajek melewati Indonesia bagi Kapal Selam hahahahahahahah....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Menurut saya, 2 peradaban kuno di Asia ini (china dan india) harusnya bersatu lah... Walau bisa dikatakan hal ini akan sangat sulit selama masalah perbatasan masih belum selesai dan pastinya ada pihak yang tidak mau 2 raksasa asia ini akur karena akan menghambat hegemoni seorang paman.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Dalam fokus ke laut hindia ...

Akan lebih menarik lg klo china punya pangkalan di timor leste emoticon-Big Grin


Apalagi klo pke jalur selat lombok emoticon-Big Grin




emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
jauh amat muter nya lewat Indonesia segala
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
tar juga karam kena pukat harimau nelayan kita atau ga bom ikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Sampai detik ini, pangkalan militer china di luar negeri cuma ada di Djibouti, Myanmar dan Tajikistan.

India belum ada pangkalan militer di negara lain.

sedangkan amerika punya pangkalan militer di tiap benua di dunia ini, totalnya tidak diketahui, tapi yg jelas kurang lebih ada di 80 negara di seluruh dunia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Amurica jelas akan ada di pihak India.
(edit: eh belum tentu ding, indihe kan best friend nya rusia)
Btw karena kita juga ga bakal mampu mendeteksi kapal selam, baiknya suruh aja ostrali untuk ronda di laut selatan.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh a2team
Lihat 5 balasan
kenapa ga lewat selat malaka aja lebih deket?
jadi RRC lebih takut sama malonsia daripada indonesia yg besar ini????
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wah gawat..
harus di jaga nih .
lulusan2 kartu pra kerja yg ambil paket bikin kapal selam udah pada selesai belum ya kapal selamnya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Mau didetect pakai apa? Atau suruh anggota FPI jaga jaga di dasar laut? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
he eh menarik, ane nyimek ajah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
nanti pas lewat langsung bom aja emoticon-EEK!emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 3 lainnya memberi reputasi
baru prediksi ya? 🤔 semoga saja tidak
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan nasgorbabi memberi reputasi
Quote:


mangstaaab
emoticon-Cool
dan itulah sebabnya aussie tiap tahun kirim upeti ke indo

Quote:


pernah dulu kasus kasel korut kena jaring nelayan, karena kasel disel kecil otomatis kapal nelayannya yang menang, itu kasel diseret sampe pangkalan militer, tapi krunya udah bunuh diri semua di dalem
emoticon-Cool
tapi kalo yang liwat si type 093 atau abangnya si 094, kasusnya bakal kayak fishing trawler irlandia yang nyaris tenggelam gara-gara jaringnya nyangkut di kasel inggris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh joesatriyono
silakan aja lewat, sekalian buat latihan mendeteksi kasel
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan nasgorbabi memberi reputasi
nah lho..
sebar ranjau laut/ napalm gih..
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
soljin7 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
awas di sweeping fpei di dasar laut
emoticon-Belgia

fpei cabang bikini bottom
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan nasgorbabi memberi reputasi
Klu ga salah china punya pelabuhan di srilangka dan pakistan Yg dikelola china

Mungkin mau ngendon disituemoticon-Ultahemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan hantumasam memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan rizaradri memberi reputasi
Diubah oleh softcoreman
Lihat 2 balasan
di selat malaka ada singapore yg punya kapal anti kapal selam bisa di rudal dari permukaan tuh kapal perang tiongkok kalau berani lewat bawah laut singapore..
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan nasgorbabi memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di