CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Potensi Pajak Sepeda Kayuh dan SIM Moda Alat Transportasi Non Mesin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb5b41b41d302de3516d30/potensi-pajak-sepeda-kayuh-dan-sim-moda-alat--transportasi-non-mesin

Potensi Pajak Sepeda Kayuh dan SIM Moda Alat Transportasi Non Mesin

halo agan agan kaskuser senior maupun sepuh di forum yang diklaim terbesar di Indonesia, selamat malam, salam jumpa dan salam kenal, lagi rame trend orang bersepeda di saat new normal sebagai moda transportasi darat yang diyakini lebih aman dan sehat daripada naik kendaraan umum.

keberadaan sepeda yang lalu lalang ini sebenarnya memiliki potensi sebagai income bagi pengumpulan pundi pundi rupiah sebagai salah satu sumber pemasukan negara dalam menguatkan perekonomian bangsa.

apalagi jika nanti dalam pemakaian sepeda dikenakan juga surat izin mengemudi moda transportasi non mesin tentunya potensi yang dapat diraih bisa dimaksimalkan.

belum lagi kalau ada aturan regulasi yang mengatur keamanan bersepeda dimasukkan syarat dan ketentuan yang mengikat pelanggaran apa saja bagi pesepeda, bisa dilakukan tindakan tilang untuk pemakai alat transportasi tanpa mesin ini apapun itu bentuknya.

dengan sekali regulasi mengenai keselamatan mampu menghimpun dana melalui pajak sepeda, pembuatan surat izin mengemudi moda transportasi non mesin dan denda tilang bagi pesepeda kayuh ataupun tukang gerobak yang ugal ugalan dalam menjalankan kendaraannya.

dan diyakini, pada beberapa rumah, potensi untuk membuat regulasi pajak progresif bagi pemilik sepeda yang lebih dari satu bisa memaksimalkan pendapatan karena banyak penggemar sepeda kayuh yang memiliki kendaraan tanpa mesin ini lebih dari satu di rumahnya.

ada yang pesimis bahwa trend bersepeda ini hanya berjalan sesaat yang istilah jawa disebut dengan obor blarak.

akan tetapi dengan model pencatatan pemilik kendaraan dan pemberitahuan bahwa sepedanya telah dipajaki maka meskipun kendaraan ini di onggokkan dalam gudang tetaplah bisa dipungut pajaknya karena keberadaan benda tersebut.

kalau membandel bisa dilakukan dengan cara pengiriman surat ke yang bersangkutan yang dijatuhkan atau dikirimkan melalui kecamatan kemudian diserahkan kepada pak lurah atau kepala desa yang kemudian diserahkan kepada pak erte guna disampaikan kepada sang wajib pajak sepeda kayuh.

dengan begitu nanti dia akan memiliki malu kalau tidak membayar pajak sepedanya karena surat tersebut sifatnya seperti (kalau mau di desain) postcard saja dengan nama alamat dan jumlah tagihan kepada ybs dengan warna terang semisal merah menyala mudah dikenali sebagai kartu merah penunggak pajak.

bagaimana dengan orang yang diyakini kekurangan dana alias kasarnya orang miskin yang hanya punya sepeda? apakah pantas disuruh bayar pajak?

banyak yang mengatakan bahwa orang orang jangan dimanjakan dengan berbagai subsidi, jadi mungkin bisa dikenakan skema keringanan pajak sebesar 60-80 persen atas pajak yang harus dibayarkan dengan syarat membawa surat tanda miskin dari pak lurah atau desa.

dan dalam setahun nanti akan direkap siapa saja yang memohon surat miskin keringanan pajak ini kemudian dipasang pada tempat pengumuman yang strategis supaya orang orang dapat menilai apakah memang layak untuk diberi keringanan pajak ataupun dia hanya penipu yang cari kesempatan mendapatkan keringanan.

zaman milenial. pengumuman tidak hanya melalui papan yang tersedia, tapi juga bisa lewat share di status sosial ataupun website resmi milik kecamatan ataupun desa bagi para penunggak pajak dan pemohon keringanan pembayarannya.

jadi seandainya nanti mau ber improvisasi mengenai keamanan dan keselamatan pengendara sepeda atau moda transportasi non mesin, dapat dimasukkan klausul mengenai surat izin dalam bersepeda (bisa saja biayanya setengah dari pembuatan sim C misalnya) dan adanya denda tilang jika melanggar aturan yang ada.

ini hanya opini saja ditengah adanya pemberitahuan bahwa sepeda belum dipajakin.

meskipun ada komentar miring yang mengatakan "tar diam diam ketok palu".

entah apakah orang yang komentar diam diam ketok palu ini pernah mengalami trauma mengenai regulasi atau hanya orang yang tidak setuju jika sepeda kayuh dipajakin.

yang jelas yang namanya rakyat jelata masyarakat akar rumput wong cilik hanya bisa pasrah saja jika nanti (jika lho ya) ada regulasi tentang pajak sepeda maupun adanya surat izin mengemudi moda transportasi non mesin atau lebih dalam lagi yang mengatur pajak progresif roda tanpa mesin maupun denda tilang.

paling paling yang demo hanya para mahasiswa dan mengacung acungkan kartu kuning atau dari pihak oposisi yang memang namanya oposisi ya mengkritisi.

itu saja opini aye, semoga sehat selalu.

sugeng dalu selamat malam good night.
profile-picture
profile-picture
faris1234 dan delia.adel memberi reputasi
kayaknya bakalan bnayak kontra naya nih
profile-picture
panther92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan


emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
profile-picture
panther92 memberi reputasi
syarat lulus ujian surat izin bersepda : lulus ujian tulis , bisa bunny hop, wheelie 1 menit, track stand 5 menit dan drop off 2 meter.
profile-picture
panther92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Untung ane pake rollerblade, anti anti sim dan pajak club.
profile-picture
panther92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Emang rollerblade diklasifikasikan mode transportasi?
profile-picture
panther92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Apakah Undang-Undang setuju sama antum?
profile-picture
panther92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Saat pandemi belon kelar, bantuan kagak nyampe, PHK dimana mana.. terus ada wacana mau narikin pajak sepede..


kalo jadi gue kirimin sepede butut gue ke dines pendapatan... sekalian sono biar dikilo.


heran gue.
profile-picture
panther92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sepeda dipajaki, lucu sekali.
profile-picture
panther92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yaela semua kena pajak.nanti tv kena pajak lagi.iuran kyk dl.cuma kentut yg ga kena pajak
profile-picture
panther92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ciri2 negara bangkrut banyak utang semua di pajakin
profile-picture
panther92 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
pemerentah gila gak bisa liat apa hal yang rame bakalan di pajekin... jualan tae kucing kalo booming besok juga di pajekin kalo perlu emoticon-Angkat Beer
profile-picture
panther92 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Hmm... Jadi penasaran kira-kira idenya siapa ini ya? Industri apa yg paling dirugikan dengan ngetrennya sepeda saat ini?
profile-picture
panther92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yg mengusulkan pajak sepeda org bangun tdr setelah mimpi ke masa lalu. krn jaman dahulu jg ada yg namanya peneng/pajak sepeda. jd kita akan mengalami kemunduran kl memang jd ada pajak sepeda. sebaiknya jgn pajaknya yg diusulkan krn selama ini pajak ke negara cm jd ajang korupsi aparat negara. aturan keselamatan bersepadalah yg hrs ditegakkan agar sesama pemakai jln bs tertib. kl melanggar aturan baru boleh dikenakan tilang.
Lihat 3 balasan
hadehh heran sm pmrnth, hobby kok malakin rakyatnya, ni bnran dah kgk gablek doit x yak?? emoticon-Busa
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di