CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Berencana Bangun PLTN, Hongaria Beli Reaktor Nuklir dari Rusia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb3ea1a72768696e588912/berencana-bangun-pltn-hongaria-beli-reaktor-nuklir-dari-rusia

Berencana Bangun PLTN, Hongaria Beli Reaktor Nuklir dari Rusia

BUDAPEST, KOMPAS.com - Hongaria akan menyerahkan dokumen lisensi ke badan atom negara untuk memperluas satu-satunya proyek pembangkit listrik tenaga nuklir ( PLTN) mereka, dan mempercepat fase pertama pembangunannya.

Hongaria berencana menggandakan kapasitas pembangkit listrik tenaga nuklir mereka dengan dua reaktor VVER buatan Rusia. Sebelumnya, proyek pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut direncakan memiliki kapasitas hingga dua gigawatt.

Proyek tersebut diberikan kepada perusahaan raksasa nuklir asal Rusia, Rosatom, tanpa melalui proses lelang tender pada 2014. Oleh karenanya, proyek tersebut merupakan sinyal hubungan yang mesra antara Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, dan Presiden Rusia Vladimir Putin dan membuat waswas pihak Barat.

Budapest telah memohon dan menerima persetujuan Uni Eropa untuk mempercepat prosesnya dan memulai pembangunannya pada Januari 2021. Hal itu diutarakan oleh Menteri Janos Suli sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir itu kepada parlemen Hongaria.

Menanggapi pertanyaan dari anggota parlemen oposisi, Janos Suli membantah untuk mementingkan kepentingan Rusia. "Ini bukan untuk kepentingan Rusia, ini adalah kepentingan [kita] bersama, karena ada minat yang signifikan dalam memperbaiki keterlambatan yang kami alami dengan memajukan pekerjaan tanah," ujarnya seperti yang dilansir dari Yeni Safak.

Suli, yang menghubungkan penundaan proyek dengan penunggu persetujuan Uni Eropa, mengatakan Badan Energi Atom Hongaria akan menerima dokumennya pada Selasa (30/6/2020).

Tiga bulan setelah peninjauan dokumen tersebut, Hongaria akan mengirimkan paket lisensi terpisah untuk pembangunan lubang reaktor dan tembok yang mengitarinya. Para ahli telah memeringatkan bahwa lubang rekator disetujui, maka proyek tersebut akan sangat sulit untuk ditinggalkan.

Pasalnya dalam proses pembuatan lubang reaktor tersebut akan menghilangkan 8 juta meter kubik tanah dan membangunnya dengan dinding beton setinggi 2.500 meter. Badan Energi Atom Hongaria memiliki waktu lebih dari setahun untuk memberikan izin konstruksi secara keseluruhan.

Suli lantas mengatakan perusahaan Paks 2, selaku perusahaan pembangkit listrik nuklir tersebut, tidak akan membangun proyek tersebut sampai menggenggam seluruh izin, kecuali dinding awal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berencana Bangun PLTN, Hongaria Beli Reaktor Nuklir dari Rusia", https://www.kompas.com/global/read/2...usia?page=all.
Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Ardi Priyatno Utomo


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di