CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemeriksaan Spesimen di Jatim Terendah, tapi Jumlah Kasus Covid-19 Tertinggi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb3c4926377255ac6a7f30/pemeriksaan-spesimen-di-jatim-terendah-tapi-jumlah-kasus-covid-19-tertinggi

Pemeriksaan Spesimen di Jatim Terendah, tapi Jumlah Kasus Covid-19 Tertinggi


JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengungkapkan perkembangan data pemeriksaan spesimen dari sejumlah provinsi pada Senin (29/6/2020).

Berdasarkan data yang diungkap pemerintah, Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah pemeriksaan spesimen terendah jika dibandingkan dengan provinsi lain yang rata-rata mencatat penambahan kasus Covid-19 tertinggi setiap harinya.

"Jawa timur baru melaksanakan 1.428 pemeriksaan spesimen per 1 juta penduduk. Ini artinya bahwa memang perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium berbasis realtime PCR yang lebih masif lagi di Jawa Timur," ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Senin sore.

Baca juga: Kasus Covid-19 Catat Penambahan Tertinggi, Jawa Timur Lampaui Jakarta

Sementara itu, Sumatera Barat telah melakukan pemeriksaan 7.168 spesimen per 1 juta penduduk.

Sumatera Selatan memeriksa 2.889 spesimen per 1 juta penduduk.

Lalu, DKI Jakarta secara total sudah memeriksa 21.406 spesimen per 1 juta penduduk.

Selanjutnya, di Bali telah dilaksanakan pemeriksaan 7.151 spesimen per 1 juta penduduk.

Di Kalimantan selatan dilakukan pemeriksaan 2.281 spesimen per 1 juta penduduk.


"Untuk Kalimantan Selatan ini juga harus kita lebih banyak tingkatkan lagi," tutur Yuri.


Lebih lanjut Yuri mengungkapkan di Sulawesi Selatan telah diperiksa sebanyak 5.021 spesimen per per 1 juta penduduk.

Terakhir, Papua telah melaksanakan pemeriksaan sebanyak 4.436 spesimen per 1 juta penduduk
.

Yuri menjelaskan, angka-angka di atas menjadi pedoman masyarakat untuk melaksanakan pemeriksaan spesimen secara lebih masif lagi.

"Utamanya untuk daerah-daerah tertentu yang secara data kita lihat kasusnya memang seignifikan bertambah," tegas Yuri.

Baca juga: Risma Mengaku Tak Bisa Berkomunikasi dengan RSUD Dr Soetomo Milik Pemprov Jatim, Mengapa?

Sementara itu, pada Senin, Jawa Timur masih tercatat sebagai provinsi dengan jumlah penambahan kasus Covid-19 tertinggi dari 34 provinsi.

Ada 297 kasus baru Covid-19 di Jawa Timur yang tercatat hingga pukul 12.00 WIB, Senin.

Selain itu, Jawa Timur juga masih tercatat sebagai provinsi dengan jumlah total kasus Covid-19 tertinggi.

Hingga Senin, total ada 11.805 kasus Covid-19 di Jawa Timur. Selain itu ada 3.891 pasien sembuh dan 863 pasien meninggal dunia.

Jumlah total kasus di Jawa Timur diketahui melampaui DKI Jakarta hingga saat ini.

Sebagai perbandingan, DKI Jakarta total mencatat 11.237 kasus Covid-19, 6.118 pasien sembuh dan 625 pasien meninggal dunia hingga saat ini.


https://nasional.kompas.com/read/202...inggi?page=all

Lho kata nya jatim banyak yg positif karena banyak yg di tes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Newbie2010 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh the.commandos
Halaman 1 dari 2
Salah anies ni, ngapain tes di DKI pake diperbayak?!

Begitu kan bong? emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Newbie2010 dan 8 lainnya memberi reputasi
b4b1:
Jatim banyak yg positif karna yang dites banyak emoticon-Marah

Jabar sedikit yang positif karna gubernurnya efektif emoticon-Marah

Jakarta: berak emoticon-Marah
profile-picture
Kocongmade memberi reputasi
jatim gubernurnya klemar klemer & lembek.... gw orang jatim malah respeknya sama pak ganjar pranowo
profile-picture
atmajazone memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yg banyak itu Rapid Test (ini Sby ya) bukan PCRnya (makanya kehitung sedikit, data yg dipusat itu data tes PCR bukan Rapid test)

Kalau PCR memang ada kendala, di UNAIR distop sementara, karena petugasnya ada yg kena Covid
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Diubah oleh hartantoshine
Lihat 5 balasan
yg paling penting kofifiah dan risma jangan berantem mulu, tapi bisa kerja sama utk memerangi pandemi korona secara tuntas

butuh kerja sama bukan saling menyalahkan satu dgn lainnya, yg jadi korban masyarakat

kalo ada masyarakat yg mokong ga pake masker kasih hukuman berat denda 100rb atau kerja bakti
Di jatim ada 2 kampus FK terbaik, RS ternama, blm lg provinsi gede di JAWA pula.
Masa sih kalah dgn provinsi luar jawa, yg minim kampus FK dan labkesda yg sekedarnya?
Bahkan ada provinsi bela2in renovasi upgrade labkesda biar bs uji PCR covid secepatnya, jd gak perlu kirim sampel ke luar daerah.
emoticon-Hammer
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Jiah...malah dibeberin....cebong malah tiarap...rate 1 deh ni thread...wkwkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Newbie2010 dan 6 lainnya memberi reputasi
Berani tes di madura, taktumpes kakeh
profile-picture
winehsuka memberi reputasi
katanya kasusnya nambah karena tes nya banyak berarti sukses.. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan warbound memberi reputasi
Bukannya jatim kemarin baru dapat penghargaan dari tito sebagai provinsi terbaik dalam penanganan corona?
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan binokulars memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Namanya juga emak2
Kl riting kekanan malah belok kiri emoticon-Cape d...

Ribut mulu, mewek2 gak guna emoticon-Cape d...
profile-picture
rizaldi.sarpin memberi reputasi
makanya udah stop test2 an ikuti protokol kesehatan..
kalau sakit ya ke rs udah gt aja
profile-picture
Guciano08 memberi reputasi
Quote:


Yg ini bukan?
Wisata covid emoticon-Ngakak

Pemeriksaan Spesimen di Jatim Terendah, tapi Jumlah Kasus Covid-19 Tertinggi

Nasib nasib punya pejabat lawak semua emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
sehau76 dan rizaldi.sarpin memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sapa iku
Pemeriksaan Spesimen di Jatim Terendah, tapi Jumlah Kasus Covid-19 Tertinggi


Pemeriksaan Spesimen di Jatim Terendah, tapi Jumlah Kasus Covid-19 Tertinggi



drama oh drama.... emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
Newbie2010 dan binokulars memberi reputasi
dahhh la jan ribut ributtt bu risma bu kopipahh, udah terjadi bisa laa bareng bareng cari solusinyahemoticon-Frown
Mantap Jawa Timur
emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah
Telek bgt ini hahaha
udah tau rendah, pemerintah pusat cuma bisa menekan pemprov jatim dan pemkot surabaya untuk menekan laju kasus positif di sana??????

Harusnya pusat ikut bantu dong, lab darurat lah, tempat isolasi darurat lah emoticon-Cape d... (S)

jangan prioritaskan jakarta doang melalui rs darurat wisma atlet mentang2 ibu kota negara, emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh galuhsuda
Wah Semoga aja kasus-kasus Corona di Indonesia menjadi semakin kecil dan tidak memakan banyak korban amin
profile-picture
yuz.justboell memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di