CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Meski Murah, Akun Netflix dan Spotify Ilegal Bisa Berbahaya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb33eef0bdb236cb68b951/meski-murah-akun-netflix-dan-spotify-ilegal-bisa-berbahaya

Meski Murah, Akun Netflix dan Spotify Ilegal Bisa Berbahaya

Meski Murah, Akun Netflix dan Spotify Ilegal Bisa Berbahaya

Akun premium streaming video maupun musik seperti Netflix atau Spotify biasa diperjual-belikan di media sosial atau e-commerce. Dengan harga yang ramah di kantong, tak sedikit pengguna platform media tersebut memilih untuk menggunakan akun ilegal ini.

Selain harga yang terjangkau, pembeli juga tidak perlu repot menggunakan kartu kredit yang menjadi syarat berlangganan platform streaming tersebut.

Namun, apakah menggunakan akun illegal tersebut terbilang aman? Menurut ahli siber dari Vaksin.com Alfons Tanujaya, ada bahaya mengintai saat menggunakan akun platform streaming pihak ketiga.

Misalnya seperti peluang phising atau pencurian data penting pengguna, seperti e-mail, username, password, dan lainnya. Biasanya penjual akan meminta e-mail dan password calon pembeli untuk dibuatkan akun baru.

Meskipun ada juga penjual yang langsung memberikan username dan password secara berkala ke pembeli agar bisa langsung log in ke akun yang sudah tersedia.

Selain data email dan password, potensi lain yang bisa mengancampengguna yaitu pencurian data kartu kredit (carding).

“Kalau tidak langsung bisa saja (carding), misalnya akun e-mail tercuri dan digunakan untuk mencuri atau mengakses data lain seperti data kartu kredit atau lainnya,” jelas Alfons melalui pesan singkat, Rabu (24/6).

Alfons mengingatkan pembeli untuk tidak sembarangan mengklik tautan, baik yang dikirim via e-mail ataupun SMS. Bisa jadi tautan tersebut diarahkan untuk menjalankan malware yang bisa mengancam perangkat pengguna.

Meski demikian, Alfons mengatakan, apabila produk yang dijual sudah dalam bentuk kredensial atau tersedia username dan password, secara teknis produk tersebut cukup aman dari eksploitasi karena pembeli hanya memasukan kredensial akun streaming yang diberikan penjual. Cukup untuk tidak menggunakan akun email tersebut untuk keperluan lain.

“Risiko disini adalah produk yang dibeli tidak sesuai dengan yang dijanjikan, namun tidak sampai mengancam hal lain seperti kredensial pembeli yang lain atau memasang malware,” jelas Alfons.

SUMBER


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di