CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
8 Langkah Membuat Strategi Pemasaran dan Promosi Sukses
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efb30ba2637723c0342c930/8-langkah-membuat-strategi-pemasaran-dan-promosi-sukses

8 Langkah Membuat Strategi Pemasaran dan Promosi Sukses

8 Langkah Membuat Strategi Pemasaran dan Promosi Sukses

Bagi Anda pemilik usaha baik kecil, menengah maupun besar, perlu diperhatikan cara pemasaran dan promosi produk Anda agar efektif dan tepat sasaran. Dengan menggunakan cara yang cocok dan tepat, keberhasilan akan lebih mudah dicapai.

Untuk mencapai itu semua, Anda perlu mempraktekkan 8 langkah membuat strategi pemasaran dan promosi sukses berikut ini.

1. Rencana
Ada satu kalimat bijak yang perlu Anda renungkan. “Gagal dalam merencanakan (bisnis), sama saja merencanakan (agar usaha Anda) gagal.” Rencana merupakan faktor penting sebelum melakukan perang, apalagi sebelum melakukan pemasaran dan promosi agar mencapai hasil yang diinginkan.

Tanpa rencana yang jelas, terukur dan terarah, hanya akan membuang waktu, tenaga dan sumber daya Anda.

2. Fokus pada Solusi
Jika produk Anda baikpun itu berupa barang maupun jasa telah terbukti menjadi solusi dari sebuah permasalahan yang dihadapi konsumen Anda, setengah dari pekerjaaan Anda sudah berhasil.

Produk dan jasa yang memiliki permintaan tinggi akan mendapat perhatian terlebih dahulu dan lebih sering. Berikan segmen pasar Anda apa yang mereka butuhkan atau apa yang membuat mereka tertarik untuk melihat. Tawarkan pesan bahwa produk Anda adalah “Aku pemecah masalah” atau “Aku solusi cepat”, dan pesan Anda itu akan mendapatkan perhatian.

3. Punya Tujuan
Apa tujuan promosi Anda? Apa tujuan dari pemsaran yang Anda lakukan? Untuk mendapatkan penjualan? Untuk meningkatkan brand awareness? Atau hanya untuk menghabiskan anggaran promosi belaka?

Inilah hal yang harus Anda tanyakan terus ketika merancang rencana pemasaran maupun promosi bagi produk Anda. Jika tidak, Anda tak bakal mendapatkan feedback apakah yang Anda lakukan sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai.

4. Dapat Diukur
Ini adalah fase penting dari 8 langkah membuat strategi pemasaran dan promosi sukses. Semua tindakan pemasaran dan promosi yang telah Anda lakukan haruslah dapat diukur, dan dianalisa. Hal ini agar Anda mempunyai data mengenai metode mana yang lebih efektif, dan mana yang membawa hasil sesuai dengan anggaran yang telah dikeluarkan.

Data ini juga dapat memetakan pemasaran seperti apa yang sesuai untuk daerah tertentu, sesuai dengan kehidupan sosial masyarakat/golongan di suatu lokasi tersebut. Semua data ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam merancang rencana pemasaran/promosi yang berikutnya.

5. Judul yang Provokatif
Bila empat langkah pertama dari 8 langkah membuat strategi pemasaran dan promosi sukses adalah hal yang konseptual, maka empat langkah berikutnya merupakan langkah praktis yang dapat dipraktekan.

Buatlah judul dan sub judul bila diperlukan yang provokatif, pemikiran yang memprovokasi, esktrim dan benar-benar diluar dugaan audiens Anda. Contoh yang mendapat banyak perhatian, misal “Apa yang tak diberitahu oleh para orang kaya kepada orang miskin,” atau “7 kesalahan yang dilakukan pebisnis tanpa disadari.”

Begitu perhatian audiens terfokus pada judul Anda, maka besar kemungkinan mereka akan melakukan tindakan berikut, entah itu bertanya atau bahkan melakukan pembelian.

6. Pesan yang Sangat Jelas
Dengan semakin kejamnya persaingan bisnis, kadang pesan yang ‘jelas’ saja kurang mencukupi. Calon konsumen perlu untuk mendapat pesan yang ‘sangat jelas’ dari Anda. Entah itu mengenai keunggulan produk Anda, misal: Produk kami 100% bebas bahan kimia atau Anda kami ganti dua kali lipat.”

Pesan ini tak hanya menyampaikan bahwa Anda yakin 100% bahwa produk Anda bebas bahan kimia, tapi juga memberi pesan yang sangat jelas kepada calon pembeli bahwa Anda bahkan berani mengganti uang yang mereka keluarkan untuk membeli barang Anda dua kali lipat.

7. Pesan Marketing Ekstrim

Kenyataannya menunjukkan, pemasaran ekstrim itu efektif. Hal-hal negatif dan kesalahan justru mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat. Berikut adalah contoh judul atau pesan yang mendapatkan perhatian karena sifat ekstrim mereka:
– Bagaimana Cara Mengubur Perusahaan Dalam Satu Minggu
– Bagaimana Cara Membuat Tenaga Penjualan 10 Persen Lebih Efisien
– Bagaimana Cara Menumbuhkan Laba 0.005 %


8. Massa
Faktor terakhir dari 8 langkah membuat strategi pemasaran dan promosi sukses, adalah dengan mengumpulkan massa sebanyak-banyaknya. Logikanya seperti ini, jika konversi penjualan Anda sebesar 30%, berarti Anda dapat mendapatkan 30 pembeli dari 100 orang.

Semakin besar massa yang dikumpulkan, dengan persentasi konversi yang sama, akan menghasilkan lebih banyak penjualan. 30% dari 1000 adalah 300, 30% dari satu juta pengunjung adalah 300,000 dan seterusnya.

Demikian artikel dari kami mengenai 8 langkah membuat strategi pemasaran dan promosi sukses. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bagaimana hal ini dapat dilakukan di bisnis Anda, hubungi kami untuk mendapatkan sesi konsultasi gratis!


Sponsor artikel: https://www.KonsultanMarketingSurabaya.com/
Diubah oleh AdiProfitMaker


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di